English Teachers Conversing in English Private Class

Dunia sudah berubah...

dan keahlian berbahasa Inggris menjadi suatu keharusan untuk dapat bersaing di banyak bidang di abad 21. Tidak percaya? Baca terus dan buktikan sendiri.

Banyak alasan mengapa kamu harus pintar Bahasa Inggris. Mungkin kamu sudah tahu sebagian alasannya, ya untuk sekolah atau kerja. Namun, masih banyak alasan lain di luar bayanganmu!

So without further do, let’s check it out! 🙂

1. Bahasa Inggris adalah Bahasa yang paling banyak dipelajari di dunia

Walaupun jumlah penutur Bahasa Mandarin lebih banyak, namun Bahasa Inggris memiliki jangkauan yang lebih luas. Lebih banyak negara menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka. Otomatis, Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak dipelajari di dunia!

Coba tebak, ada berapa sih, negara yang menggunakan Bahasa inggris? Jawabannya… seperempat dari seluruh negara di dunia: 53 negara! Sangat banyak bukan?

Jadi, Bahasa Inggris adalah persyaratan WAJIB untuk berkomunikasi dan menjalin relasi dengan BANYAK sekali orang dari berbagai latar belakang! Kamu bisa mendapat banyak sudut padang baru dari berbagai kultur. Isn’t that exciting?

2. Bahasa Inggris adalah kunci membuka ribuan peluang baru!

Tahu nggak sih kalau ternyata banyak sekali kelas-kelas gratis yang bisa kamu akses di internet? Syaratnya? Harus bisa Bahasa Inggris dong!

Mulai dari YouTube sampai berbagai website yang memang didedikasikan untuk belajar skill baru seperti edX, Khan Academy, dan Coursera, terdapat banyak sekali hal baru yang bisa kamu pelajari. GRATIS!

Tapi, semua pelajaran itu menggunakan Bahasa Inggris, jadi, kamu harus punya dasar Bahasa Inggris yang bagus dulu ya!

Psst… kami di IELC bisa bantu lho 😉

Pastinya, skillskill yang kamu dapatkan bisa membantumu mendapat pengalaman dan bahkan pekerjaan baru!

Bahasa Inggris juga salah satu syarat UTAMA untuk mendaftar ke beasiswa-beasiswa yang pastinya will set you up for success. Mau tahu beasiswa apa saja yang menunggu kamu ambil? Cek disini ya.

3. Memperluas relasi

Di dunia ini ada sekitar 462 juta orang native English speakers. Itu belum termasuk jumlah orang yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa kedua!

That’s a lot of people!

Pastinya kamu bisa menemukan teman yang memiliki hobi yang sama denganmu. Memiliki teman dari negara lain memiliki banyak keuntungan lho!

Misalnya, siapa tahu kamu akan diundang temanmu untuk berkunjung ke negaranya. Kalian bisa berpetualang bersama-sama!

Kemungkinan lain lagi, temanmu mungkin akan mengajakmu berkerja sama dalam proyek kolaborasi. Di dunia online ini tidak ada yang tidak mungkin terwujud.

Dan tentunya temanmu bisa membantumu belajar Bahasa Inggris dong, hehe 😀

4. Tumbuhkan karirmu

Pastinya kita semua sudah tahu bahwa keterampilan Bahasa Inggris menambah nilai plus di resume kamu.

Kamu bekerja di bidang bisnis, manajemen, atau IT? Dengan Bahasa Inggris, kamu bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai penjuru dunia dan mungkin bisa mendapat klien baru!

Kamu bekerja di sektor pendidikan? Kemampuan Bahasa Inggris akan memberimu advantage dan kamu bisa bekerja di sekolah internasional atau sekolah swasta yang memiliki program khusus!

Kamu bekerja di sektor kesehatan? Tahukah kamu bahwa hampir semua jurnal medis tertulis dalam Bahasa Inggris?

Kesimpulannya, kamu pasti mendapat advantage dengan keahlian berbahasa Inggris di profesi apapun!

5. Bahasa Inggris adalah bahasa sains dan akademik

Kalau kamu berencana untuk belajar di universitas-universitas terbaik di dunia, kamu mungkin sudah tahu bahwa hampir semua mewajibkanmu untuk mengambil tes TOEFL/IELTS. Tahu tidak kenapa?

Hampir semua jurnal akademik diterbitkan dalam Bahasa Inggris dan siswa harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris untuk bisa menyerap materi pelajaran secara maksimal.

Berencana mengambil S3? Hasil penelitianmu harus ditulis dan diterbitkan dalam Bahasa Inggris!

6. Bahasa Inggris adalah bahasa internet

Waktu sudah berubah dan kini kita bisa mengakses banyak sekali informasi dengan satu sentuhan jari! Google yang serba tahu selalu setia membantumu mencari informasi yang kamu perlukan.

Tapi cobak tebak sebagian besar informasi yang terdapat di Google tertulis dalam Bahasa apa? Yak, benar sekali, dalam Bahasa Inggris!

Dari cara mengkonstruksi bangunan sampai cara menggoreng telur, semua tersedia di Google. Namun, hasil yang lebih detail dan akurat seringkali terdapat dalam Bahasa Inggris.

7. Bahasa Inggris adalah bahasa budaya populer

Film, serial TV, lagu, dan novel yang paling populer seringkali menggunakan Bahasa Inggris. Walau banyak yang sudah diterjemahkan ke Bahasa lain, namun menonton film atau serial TV atau membaca buku dalam versi terjemahan tidak sama dengan menonton atau membacanya dalam Bahasa Inggris.

Seringkali, versi terjemahan tidak bisa dengan sempurna menangkap vibe dari versi originalnya secara penuh.

Merasa kreatif? Dengan keahlian Bahasa Inggris, kamu bisa membuat song cover atau fanfiction dari film, serial TV, maupun novel favoritmu.

Dengan Bahasa Inggris, lebih banyak orang akan bisa menikmati karyamu!

8. Meningkatkan kinerja otak

Penelitian menemukan bahwa ternyata banyak sekali manfaat kognitif yang bisa didapat dari mempelajari bahasa asing. Orang-orang bilingual terbukti memiliki ingatan yang lebih kuat dibanding mereka yang hanya menggunakan 1 bahasa.

Lebih keren lagi, mempelajari Bahasa asing bisa mencegah penyakit dementia dan Alzheimer.

Kok bisa gitu? Soalnya, belajar bahasa mengaktifkan banyak bagian dari otak kita. Secara bersamaan. otak kita harus multitasking menafsirkan suara, kosa kata, grammar, membuat kalimat, dan memahami syntax.

Belajar Bahasa itu seperti membuat otak kita nge-gym!

Fun fact: Tahukah kamu bahwa belajar Bahasa adalah salah satu cara terbaik untuk menstimulasi otak kanan dan kiri?

Kesimpulan

Itulah 8 alasan untuk belajar Bahasa Inggris dan salah satu cara terbaik untuk belajar Bahasa Inggris adalah dengan bergabung dengan kursus Bahasa Inggris.

Ingin berbahasa Inggris dengan lancar?

Kebanyakan orang di Indonesia malu bicara Bahasa Inggris di depan publik. Mereka takut salah dan tidak percaya diri saat harus bicara dalam Bahasa Inggris.

Ini akibat dari pengajaran Bahasa Inggris yang salah!

Mereka tidak hanya kehilangan waktu dan uang, lebih parah lagi mereka mendapat dasar Bahasa yang salah yang susah diperbaiki. Akhirnya, mereka menjadi bosan dan kehilangan percaya diri.

Ini adalah kesalahan yang fatal!

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri.

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik.

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri.

Salam,

Anthony McCormick,

IELC Managing Director 

Apabila kamu menyukai artikel ini, kamu mungkin akan tertarik dengan artikel berikut:

8 Hal yang harus kamu tahu saat memilih kursus Bahasa Inggris

5 Tips untuk berbicara Bahasa Inggris dengan lancar dan pede

6 Keuntungan belajar Bahasa Inggris secara online