Class Adults

Apakah kamu bingung bagaimana cara cepat lancar berbicara dalam Bahasa Inggris? Ada banyak metode atau cara yang bisa dipakai. Salah satunya kumpulan metode berikut ini bisa kamu ikuti tanpa perlu lawan bicara dan tentu bisa dipraktekkan kapanpun dan dimanapun.

1. Berpikir dalam Bahasa Inggris

Sebelum berbicara, otakmu pasti memikirkan apa yang hendak dikatakan. Daripada berpikir dalam Bahasa Indonesia dan kemudian menerjemahkannya dalam Bahasa Inggris, cobalah berpkir langsung dalam Bahasa Inggris. Gunakan yang kosa kata yang ada sambil sesekali mencari di internet. Perlahan tapi pasti kamu akan terbiasa berpikir dan berbicara dalam Bahasa Inggris. 

2. Berakting sendirian

Saat sedang menonton film dengan aktor kesayangamu, cobalah menirukan dialog si aktor, lengkap dengan aksen dan tone yang dia gunakan. Lakukan dengan lantang sehingga kamu bisa mendengar suaramu sendiri, jangan malu-malu. Kalau memungkinkan, bisa juga merekam suaramu untuk didengarkan lagi nanti. Hal ini akan membuatmu percaya diri dan nyaman menggunakan Bahasa Inggris dengan aktif.

3. Lihat diri sendiri di cermin

Cobalah berbicara di depan cermin. Pilihlah sebuat topik atau monolog yang bisa dibaca selama2-3 menit. Kamu juga bisa meniru pembawa berita atau laporan cuaca. Perhatikan ekspresi dan gerak tubuhmu saat berbicara. Apabila kamu kehabisan kata, gunakan kata-kata sambung seperti: “Let me think, what can I say more about this topic.” sambil memikirkan apa yang bisa dikatakan selanjutnya.  

4. Fokus pada kelancaran bicara dulu, jangan khawatir soal tata bahasa

Perhatikan seberapa sering kamu mengambil jeda saat berbicara. Semakin sering dan panjang kamu mengambil jeda, semakin tidak terdengar percaya diri dan ragu-ragu. Maka, pasanglah timer dan tantang dirimu untuk tidak berhenti bicara selama 2-3 menit. Mungkin kamu akan banyak membuat kesalahan dalam tata bahasa. Tidak apa-apa. Kita fokus pada satu hal dahulu sebelum berpindah pada hal lain dan saat ini fokusmu adalah berbicara dengan lancar. 

5. Pelajari pengucapan kata-kata sulit 

Ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang cenderung panjang dan sulit diucapkan. Kumpulkan kata-kata ini dan berlatihlah mengucapkannya dengan bertahap. Buatlah target untuk memahami 2-3 kata per hari. Gunakan Google untuk mendengarkan bagaimana kata itu harus diucapkan baik sendirian atau dalam kalimat dan ucapkan minimal 1 kata 10 kali. Ulangi lagi setiap hari selama seminggu maka kata itu akan melekat selamanya dalam ingatanmu. 

Itulah sebagian tips-tips yang berguna untuk membantumu menjadi semakin lancar berbicara Bahasa Inggris. Yuk langsung praktekkin cara-cara di atas agar Bahasa Inggrismu semakin canggih dan kamu bisa semakin percaya diri serta tidak malu-malu lagi berbicara di depan orang lain. 

Jika ingin lebih lancar dengan lebih cepat, kamu bisa ambil kursus Bahasa Inggris Adult Conversation bersertifikat BAN di IELC. Kursusnya ada secara online dan on Campus dan kamu akan belajar bersama-sama pelajar dewasa lain yang juga mengasah keberanian dan rasa percaya diri mereka. Banyak yang berhasil dan semakin maju dalam karir dan studinya setelah mengikuti kursus ini karena di IELC kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar! 
Tunggu apa lagi? Ambillah kesempatan untuk semakin sukses dan menjadi yang terdepan! 

Harum Natali

IELC Academic Coordinator

www.ielc.co.id