Online interaction 3

Sejak pandemi Covid-19, banyak siswa-siswi dari seluruh penjuru Indonesia mengambil kursus online di IELC, dan salah satu pertanyaan yang terus muncul dari calon-calon siswa kami adalah: “Yang mana yang lebih baik…. belajar Bahasa Inggris online atau face to face?”

Apakah kamu bertanya-tanya mengenai hal yang sama?

Teruslah membaca karena artikel ini akan akan membahas mengenai keuntungan belajar Bahasa Inggris online.

1. Hemat waktu dan energi

Belajar Bahasa Inggris online dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun! Tidak perlu bersusah payah menembus kemacetan dan terik matahari atau hujan deras untuk menuju ke tempat kursus. Lumayan kan, bisa menghemat waktu di jalan 1-2 jam, apalagi kalau kamu termasuk golongan “manusia super sibuk”.

Waktu dan energi bisa digunakan untuk hal lain yang lebih produktif, mempersiapkan materi pelajaran, mengerjakan latihan atau membaca ulang materi sebelumnya. Kamu jadi bisa belajar lebih efektif!

2. Bisa Berinteraksi Dimanapun

Pelajaran online dapat dilakukan dimanapun. Belajar online sambil bersantai di rumah? Bisa banget! Pakai laptop dan belajar sambil ngopi cantik di café? Sweet! Les online pakai smartphone? Why not?

Kalau kamu tipe yang aktif dan banyak bepergian, tidak punya waktu luang untuk ke tempat kursus, ini justru kesempatan yang bagus! Cukup siapkan laptop, tablet atau smartphonemu, dan kamu siap belajar!

3. Mempelajari Keahlian Abad 21st

Suka atau tidak, era baru sudah di depan mata dan keahlian paling berguna di era ini adalah keahlian berkomunikasi menggunakan teknologi digital. Baik menggunakan, Zoom, Google Meet, dan berbagai platform lainnya, dunia saat ini dan masa depan akan semakin bergantung pada interaksi online. Walau sedang masa krisis, sebetulnya banyak kesempatan baru muncul.

Pandemi ini justru menumbuhkan kesempatan baru untuk belajar online sekaligus berinteraksi dengan siswa-siswi dari seluruh dunia. Kerja keras kita dalam mempelajari dan membiasakan diri dengan kondisi baru ini, “memaksa” kita menguasai 2 keahlian paling penting di abad 21: Bahasa Inggris dan teknologi digital.

4. Meningkatkan Keahlian Berkomunikasi

Belajar Bahasa Inggris online membuat kita beradaptasi dengan cara belajar yang baru. Belajar online sangat berbeda dengan belajar face-to-face. Saat berkomunikasi face to face, kita menggunakan bahasa tubuh untuk menekankan maksud kita, seperti tatapan mata atau menolehkan wajah ke arah orang yang kita ajak berbicara.

Saat berinteraksi online, kita memandang wajah semua orang secara bersamaan di layar datar. Hal ini memaksa kita untuk menggunakan teknik komunikasi yang lebih spesifik saat ingin memperjelas apa yang kita maksud pada orang tertentu, mungkin dengan memanggil nama tertentu atau mengacu pada topik tertentu dengan lebih mendetil.

Ini secara tidak langsung membuat kita berimprovisasi dengan cara berkomunikasi yang lebih efisien. Dengan kata lain, meningkatkan level keahlian komunikasi kita!

5. Menambah Rasa Percaya Diri

Belajar Bahasa Inggris online, secara tidak sadar membantu kita merasa nyaman dalam lingkungan belajar apapun. Berinteraksi dengan guru dan siswa lain dalam situasi belajar yang asing akan memperluas kemampuan belajar kita. Saat berbicara face-to-face, kita belajar untuk berbicara secara bergiliran.

Saat berbicara dalam online platform, keahlian berbicara secara bergiliran menjadi semakin penting karena lebih sulit untuk mendengarkan saat beberapa orang berbicara bersamaan. Akibatnya kita menjadi semakin menguasai teknik berkomunikasi dalam berbagai kondisi lingkungan. Ini akan meningkatkan level percaya diri kita!

6. Maju Terus Pantang Mundur!

Jarak tidak lagi halangan. Pandemi Covid 19 membuat kita sadar bahwa bahkan saat dalam kondisi lockdown, kita bisa terus berhubungan dengan orang lain secara online. Begitu pandemi menyerang, dalam sekejap semua orang memiliki aplikasi Zoom, Google Meet, atau Skype dan mulai berkolaborasi dan berinteraksi dengan semua orang dari seluruh dunia. Di sinilah terlihat betapa pentingnya koneksi.

Jarak bukanlah penghambat pengembangan diri kita. Kita terus belajar dan beradaptasi. Kalau kita berhenti belajar, kita tidak hanya diam di tempat tapi lebih buruk lagi, kita akan tertinggal di belakang karena yang lain terus bergerak maju.

Langkah berikutmu

Belajar Bahasa adalah proses yang berkesinambungan jadi sangatlah penting untuk terus melatih keahlian yang sudah kamu pelajari dengan konsisten. Belajar Bahasa Inggris online membuatmu terus maju dan berada di depan.

Kalau kamu ingin mengambil langkah berikut dan belajar Bahasa Inggris online, kami punya kursus yang tepat untukmu. Apapun tujuan belajarmu, team kami akan membantumu mencapainya dengan kursus Bahasa Inggris terbaik di Indonesia:  

Kursus Online untuk anak

Kursus Online untuk remaja

Kursus Online untuk dewasa

Kursus persiapan IELTS Online dan On Campus

Kursus persiapan TOEFL Online dan On Campus

Kursus persiapan TOEFL iBT Online dan On Campus

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang tepat…

Tujuan utama kami adalah membantu kamu berbicara dalam Bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri secepat mungkin…

Segera kontak kami dan ambil langkah pertamamu untuk sukses dalam berbahasa Inggris.

Salam,

Anthony McCormick

IELC Managing Director