English Student with Thumbs Up

10 Tips & Tricks IELTS Writing Task 2 untuk Mendapatkan Nilai Tinggi

Apakah kamu ingin mendapat skor tinggi di IELTS Writing Task 2?

Mungkin kamu ingin mendapat skor 6, 7, bahkan 8 di Writing Task 2?

Banyak test-takers berpendapat bahwa IELTS Writing Task 2 adalah salah satu modul terseram dari segala module IELTS.

Kamu harus memikirkan ide dan merencanakan struktur essaymu. Kamu harus menggunakan vocabulary yang sesuai dengan topik essay dan tentu saja menggunakan grammar yang sempurna…

Selain itu, Kamu juga dituntut untuk menggunakan style akademik… semua ini dalam waktu 40 menit!!

Kadang, mendaki Gunung Everest rasanya akan lebih mudah daripada mengerjakan IELTS Writing Task 2

Tapi kamu tidak perlu khawatir, kursus IELTS kami siap membantumu.

Bahkan, di artikel ini, kami juga akan membantu kamu menavigasi gunung tertinggi IELTS dengan membekalimu dengan tips, trik dan strategi yang kamu butuhkan untuk sukses di IELTS writing task 2.Jadi, siapkan hiking boot dan jaket tahan air karena sudah tiba saatnya untuk mendaki Gunung Everest IELTS!

1. Baca pertanyaan dan pahami topik dan informasi cakupan essay

Tahap pertama dalam mendaki Gunung Everest IELTS adalah di base camp. Di sinilah kamu harus menyiapkan diri untuk perjalanan mendatang. Kamu harus membaca pertanyaan, pahami topik, cakupan essay dan apa pertanyaannya.

Hint: Banyak test-taker yang gagal mendapat target skornya karena mereka tidak membaca pertanyaan dengan teliti

Perlu diingat bahwa di IELTS writing task 2 biasanya terdapat 1-3 pertanyaan, sebagaimana bisa dilihat di tabel berikut:

Pertanyaan Berapa bagian?Apa yang ditanyakan?
To what extent do you agree or disagree with this statement?1Sampai sejauh mana kamu setuju atau tidak setuju dan alasannya
Discuss both views and give your own opinion!2Bahas view #1 dan view #2 dan presentasikan alasanmu
Do the disadvantages of x outweigh the advantages?2Presentasikan apakah menurutmu resiko x melebihi manfaatnya dan jelaskan alasannya
Why is this so? What effect does it have on the individual and society?3Jelaskan alasannya dan diskusikan efeknya pada individual dan masyarakat

Berikut adalah contoh dari 3-part question:

“Nowadays, the way many people interact with each other has changed because of technology. In what ways has technology affected the types of relationships people make? Has this become a positive or negative development?”

Topik dan cakupannya memiliki 3 bagian:

Part A: Nowadays, the way many people interact with each other has changed because of technology (ini adalah perkenalan dari topik dan kamu harus menyampaikannya dengan kata-katamu sendiri untuk introductionmu)

Part B: In what ways has technology affected the types of relationship people make? (Kamu harus menjelaskan bagaimana efek teknologi terhadap hubungan dengan orang lain dengan contoh yang relevan)

Part C: Has this become a positive or negative development? (Deklarasikan posisimu, apakah menurutmu efeknya positif? Negatif? Ada dampak positif dan negatif? Jangan lupa jelaskan alasanmu ya ☺ !

Berikut adalah contoh dari 3-part question:

“Many people still think that the government should not restrict what people say in public media as it is part of freedom of speech. To what extent do you agree to this statement?”

Topik ini memiliki 2 bagian:

Part A: Many people still think that the government should not restrict what people say in public media as it is part of freedom of speech. (ini adalah perkenalan dari topik dan kamu harus menyatakannya dengan kata-katamu sendiri pada introductionmu)

Part B: To what extent do you agree to this statement? (Tuliskan kedua sudut pandang i.e., agree and disagree dan jelaskan pendapatmu. Sertakan alasannya ya ☺

2. Brainstorm ideas dan rancang garis besar essay

Here we go… ini adalah tahap paling sulit dalam pendakian Gunung IELTS. Kamu harus melewati lintasan es yang licin dan terjal… kalau kamu tidak hari-hati, kamu bisa tergelincir dan terjatuh ke gua es. Banyak orang gagal di sini dan banyak yang menyerah.

Test-taker BENCI brainstorming dan memikirkan ide.

Hint: mengabaikan tahapan ini dan langsung menulis adalah kesalahan fatal. Seringkali test-taker yang melakukan kesalahan ini hasil essaynya berantakan dan examiner benci membaca essay seperti ini.

Outline atau garis besar akan membuat ide-idemu tersusun dengan baik dan ini bisa membuatmu menghemat waktu. Saat membuat outline, kamu harus benar-benar tahu apa yang mau kamu tulis. Idealnya, kamu harus menulis 4-5 paragraf dengan formula ini:

  • Introduction (tuliskan topik dan posisimu)
  • Body paragprah 1 (ide pokok 1+penjelasan)
  • Body paragprah 2 (ide pokok 2+penjelasan)
  • Body paragraph 3 (ide pokok 3+penjelasan) ini opsional
  • Conclusion

Ingat: sebuah rencana tinggal rencana kalau tidak dijalankan. Plan kamu harus diikuti saat kamu mulai menulis paragrafmu.

3. The introduction

Tahap selanjutnya adalah camp 1, yaitu Valley of Silence. Di tempat inilah longsor salju sering terjadi dan kamu bisa terbawa longsor jadi pastikan kamu memiliki pijakan yang kokoh.

Ada dua hal yang perlu kamu lakukan di bagian introduction:

  • Perkenalkan topik essaymu (ingat, kamu harus gunakan kata-kata sendiri untuk kalimat introduction ya)
  • Jawab pertanyaannya (ini adalah pernyataan tesismu. Apabila kamu melewatkan step, itu artinya kamu tidak merespon ke tugas yang diajukan dan skormu akan dikurangi)

Bagian introduction menentukan cakupan seluruh essay jadi pastikan introductionmu jelas ya!

4. Body

Selanjutnya kita mencapai camp 3 yaitu Lhotse wall. Tempat ini adalah dimana kamu paling banyak menghabiskan energimu. Pendakiannya berat dan temperaturnya sangat dingin! Namun kamu sudah sangat dekat dengan puncak gunung dan pemandangannya sungguh indah! Ayo, kencangkan sabukmu dan mari terus mendaki…

Sekarang, kamu sudah memiliki rencana yang pasti dan alat-alat yang dibutuhkan. Selama kamu berpaut pada rencana itu, selama menulis kamu hanya perlu memikirkan hal-hal teknis, seperti: grammar, punctuation, spelling, dan word choice.

Berikut panduannya:

  • Setiap paragraf hendaknya dimulai dengan ide pokok.

Contoh: “To begin with, technology has changed the way people communicate…” (lalu lanjutkan dengan menjelaskan alasanmu dan berikan contoh)

  • Gunakan linking words atau kata sambung untuk memandu pembaca jalan pikiran pembaca (dalam hal ini penguji)

Contoh: to begin with, on the other hand, to conclude, moreover

  • Jelaskan setiap point dan bila memungkinkan, selalu berikan contoh yang relevan untuk mendukung argumenmu

5. Conclusion

Ini adalah death zone yang paling ditakuti. Kamu semakin dekat dengan puncak namun udara juga semakin menipis. Walau puncak gunung sudah di depan mata, kamu harus berhati-hati karena ancaman kehabisan oksigen sangatlah nyata…

Ada 3 hal yang harus kamu lakukan di conclusion:

  • Awali dengan frase transisi seperti: “in conclusion” “to summarize” atau “to conclude” (namun jangan gunakan “all in all” karena itu informal)
  • Ulangi thesis statement atau kalimat terakhir di paragraf introduction dengan kata-kata lain
  • Tambahkan pernyataan yang menyatakan harapan atau saranmu atau kekhawatiranmu, bila ada. Namun, tuliskan hal yang simpel ya! Jangan tulis hal-hal yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

JANGAN LUPA…

6. Gunakan Bahasa Inggris akademik dan formal

Tujuan module writing IELTS adalah untuk mengukur kemampuan menulismu secara akademik. Jadi, gaya bahasamu haruslah formal. Untuk menunjukkannya, kamu bisa:

  • Hindari contraction; tulislah “do not” atau “will not” bukan “don’t” atau “won’t”
  • Hindari ‘spoken’ language seperti “I wanna” atau “Im gonna”
  • Hindari penulisan subjektif. Jangan gunakan contoh yang terlalu bersifat pribadi

7. Essential vocabulary untuk writing task 2

Ada banyak linking words yang bisa kamu gunakan untuk menggabung kalimat-kalimatmu, contohnya:

  • Addition: moreover, furthermore, in addition to, additionally, on top of that
  • Comparison: however, in contrast, by comparison, whereas, on the other hand
  • Condition: provided that, as long as
  • Result: as a result, consequently, accordingly, therefore, for that reason
  • Conclusion: hence, thus, therefore, to conclude, to summarize, overall

8. Essential grammar untuk writing task 2

Penting untuk menggunakan struktur kalimat yang variatif untuk menunjukkan bahwa kamu sangat paham dengan grammar Bahasa Inggris. Salah satu caranya adalah dengan tidak menggunakan simple sentences seperti:

“In schools, students learn to analyse literature. They learn to calculate using trigonometry. And they learn how photosynthesis works. However, often students are inexperienced after graduation. They are also helpless when they encounter the real world.”

Namun, gunakan complex sentences seperti:

In schools, students learn to analyse literature, calculate using trigonometry and understand how photosynthesis works, but often students are inexperienced and helpless after graduation when encountering the real world.

9. IELTS writing lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa IELTS writing task 2 sebaiknya memiliki 250 kata. Ini adalah batas minimal jadi JANGAN menulis kurang dari 250 kata. Namun, jangan menulis diatas 300 karena pengujimu mungkin akan berhenti membaca karena terlalu panjang.

Kamu harus bisa menulis essay yang jelas dan terstruktur dalam kurang dari 300 kata. Tidak perlu super rumit. Kalau kamu menulis terlalu banyak atau terlalu sedikit, artinya perencanaan atau outlinemu ada yang salah.

10.  Final checklist

Untuk memastikan kamu sudah memenuhi semua requirement dan memastikan bahwa hasil yang terbaik, ada baiknya untuk membuat mental checklist (atau bahkan checklist fisik di lembar soalmu).

Beberapa hal yang bisa kamu masukkan di checklistmu antara lain:

  • Apakah aku sudah menjawab semua pertanyaan yang diajukan?
  • Apakah aku sudah menulis paling tidak 250 kata?
  • Apakah ide-ideku mengalir dengan jelas dan masuk akal? Bisakah examiner mengerti?
  • Apakah aku sudah mendukung pendapatku dengan contoh yang relevan?
  • Apakah aku sudah menulis introduction dan conclusion? Apakah introduction dan conclusionku sudah jelas?
  • Apakah tanda baca yang kugunakan sudah benar?

Kesimpulan

Selamat! Kamu sudah sampai di puncak gunung IELTS writing task 2!

Kami baru saja membagi informasi tentang bagaimana cara mencapai puncak Gunung Everest IELTS dengan sukses.

Untuk tips dan triks writing task one, kamu bisa membacanya disini

Apabila menurutmu artikel ini membantu atau kamu tahu seseorang yang membutuhkan artikel ini, kami akan sangat mengapresiasi apabila kamu bisa membagikan artikel ini dengan mereka.

Dan apabila kamu punya pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar ya! Kami akan menjawab secepat mungkin! ☺

Ingin mencapai target IELTSmu?

Kami sudah membagikan 5 tips dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk meraih skor tinggi di IELTS Speaking Part 1 mu. Kami berharap artikel ini membantu.

Jika kamu ingin terjamin meraih nilai tinggi di tes IELTS, silahkan cek kursus persiapan IELTS kami dengan guru yang berpengalaman yang akan memberimu lebih banyak lagi tips dan triks dan teknik yang kamu butuhkan untuk meraih nilai IELTS yang kamu inginkan!

Kursus persiapan IELTS terbaik di Indonesia

Bingung dengan banyaknya kursus IELTS di mana-mana?

Sudah lelah menghabiskan waktu dan tenaga belajar strategi yang nggak ada hasilnya?

Sudah malas membuang uang untuk kursus-kursus yang tidak membawa hasil?

Cek kursus persiapan IELTS kami. IELC memiliki track record terbaik di Indonesia dalam membantu siswa mencapai target IELTSnya.

Kalau kamu penasaran dengan kesiapan IELTSmu, silahkan hubungi kami untuk menanyakan diagnostic test kami yang lengkap dengan feedback session untuk tes writing dan speaking, termasuk konsultasi dengan konsultan IELTS ahli untuk mengetahui kekurangan-kekuranganmu sehingga kamu tahu apa yang perlu diperbaiki.

Kami sudah membantu ribuan siswa kami mencapai target mereka. Sekarang giliranmu!

Apabila kamu terbantu dengan artikel di atas, kamu mungkin tertarik dengan artikel berikut