IELC English Teacher on Campus

8 hal yang perlu kamu tahu saat memilih kursus Bahasa Inggris

Dengan banyaknya kursus Bahasa Inggris yang bertebaran di mana-mana, memang membingungkan untuk memilih kursus yang tepat.

Kamu pasti mencari kursus Bahasa Inggris yang dapat dipercaya.

Sayangnya, memilih kursus yang tepat tidak semudah membalik telapak tangan.

Kebanyakan materi gratisan yang tersedia online mempunyai kualitas rendah. Tidak hanya membuang waktumu tapi juga merusak Bahasa Inggrismu.

Hati-hati dengan kursus Bahasa Inggris tak bermutu yang tidak membawa hasil.

Bahkan, banyak kursus Bahasa Inggris mengajar Bahasa Inggris dengan salah. 

  • Mereka menyediakan guru yang tidak kompeten.
  • Mereka menggunakan materi yang tidak bermutu.
  • Mereka terlalu fokus pada ketrampilan pasif seperti tata bahasa.
  • Mereka tidak tahu cara mengaktifkan keahlian aktif seperti speaking dan writing.
  • Mereka menggunakan metode yang salah dan membingungkan. 

Kursus-kursus ini membuang waktu dan uangmu dan lebih parah lagi, merusak kemampuan Bahasa Inggrismu. 

Orang yang belajar Bahasa Inggris dengan cara salah akan menjadi bosan. Mereka belajar dasar bahasa yang salah yang tidak dapat diperbaiki sehingga mereka gagal memperoleh keahlian yang mereka butuhkan di masa depan. Akhirnya, mereka kehilangan rasa percaya diri dan menyerah.

Ini sangat disayangkan!

Maka dalam artikel ini, kami membahas 8 hal yang perlu kamu perhatikan agar tidak kecewa saat memilih kursus Bahasa Inggris. Simak baik-baik ya!

1. Kualifikasi dan pengalaman pengajar

Kualitas guru adalah poin yang SANGAT penting di kursus manapun! Guru yang buruk akan membuatmu tambah bingung. Mereka tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengajar Bahasa Inggris dengan efektif.

Hasilnya, murid-murid menjadi kehilangan motivasi dan rasa percaya diri. Faktanya, alasan nomor satu mengapa banyak siswa berhenti mengambil kursus adalah karena mereka tidak cocok dengan metode mengajar guru.

Maka, wajar mengapa kualifikasi dan pengalaman guru itu penting pake banget!

Guru Bahasa perlu menguasai keterampila khusus. Tidak semua yang mahir berbahasa Inggris bisa mengajar Bahasa Inggris. Bahkan, native speaker pun tak akan bisa mengajar Bahasa Inggris secara efektif apabila mereka tidak memiliki keterampilan mengajar.

Bayangkan jika kamu, penutur asli yang lancar berbahasa Indonesia, mengajar Bahasa Indonesia ke orang asing. Tanpa keahlian khusus, hasilnya pasti berantakan!

Guru Bahasa harus menguasai tata bahasa (grammar), linguistik, dan metode-metode komunikasi, seperti komunikasi lisan, tertulis, dan bahkan bahasa tubuh!

Jadi, pastikan guru di tempat kursus yang kamu incar punya pengalaman mengajar yang cukup dan memiliki kualifikasi mengajar yang berkualitas dan diakui secara internasional, misalnya Teaching English for Speakers of Other Languages (TESOL).

2. Testimoni siswa

Sama seperti membeli barang online, cara lain untuk kualitas sebuah kursus adalah melalui testimoni pelanggan alias siswa.

Dari testimoni siswalah kamu bisa mendapat informasi yang mungkin tidak tersedia di website atau media sosial milik kursus. Salah satu wadah testimoni siswa yang terpercaya adalah melalui google review. Cukup ketik nama kursus di google search, detail kursus tersebut akan muncul berikut review-nya.

Google review berdasarkan penilaian menggunakan 1-5 bintang dimana 1 bintang adalah terburuk dan 5 bintang adalah terbaik. Semakin banyak review, semakin akurat pula datanya.

3. Fasilitas dan suasana pembelajaran

Riset menunjukkan bahwa suasana pembelajaran yang positif berdampak signifikan terhadap hasil pembelajaran.

Proses pembelajaran terbaik terjadi melalui interaksi dan kolaborasi, sehingga, penting untuk kursus untuk mendesain kelas sebagai student-centred classroom untuk mendukung dinamika pembelajaran yang positif.

Kelas juga harus didesain dengan pencahayaan natural untuk kenyamanan siswa. Faktor kenyamanan ini penting agar siswa dapat menyerap materi pembelajaran dengan maksimal.

Suasana kelas juga harus diperhatikan di kelas berbasis online. Suasana pembelajaran yang positif dapat dibangundengan menggunakan teknologi terbaru dan materi interaktif.

Kami sudah membandingkan Microsoft Teams, Google Meets, dan Zoom dan hasilnya Zoom adalah platform yang paling tepat untuk pembelajaran online karena memiliki user interface terbaik dan mudah digunakan, gambar paling jelas, dan koneksi internet paling cepat dan stabil.

Guru juga harus memiliki pencahayaan dan background yang bagus diluar kemampuan untuk mengajar secara interaktif walaupun tidak bertatap muka langsung dengan siswa.

Guru memiliki peran penting untuk menciptakan suasana pembelajaran yang positif.

Pernah memiliki guru yang membosankan yang membuat ngantuk di sekolah?

Tapi pasti pernah juga bertemu dengan guru yang seru dan menginspirasi. Guru seperti inilah yang bisa menciptakan suasana belajar yang positif dan dapat membantu siswa memaksimalkan potensi mereka.

4. Customer service yang baik

Siapa yang biasanya kamu temui saat ingin mendaftar kursus?

Yup! Staff customer service. Customer service ini bisa menjadi indikasi tentang proses pembelajaramu lho. Staff customer service yang baik pasti ramah, responsif, dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berbagai program yang ditawarkan.

After all, tugas utama mereka adalah untuk mencarikan program yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila interaksi pertamamu dengan staff customer service berjalan lancar, besar kemungkinan mereka dapat membantumu every step of the way!

5. Materi atau bahan ajar yang berkualitas

Materi atau bahan ajar adalah salah satu komponen penting yang menentukan apakah hasil proses pembelajaranmu positif atau negatif.

Materi dapat berupa buku cetak, buku latihan, audio-visual content, dan technology-integrated materials. Materi yang berkualitas dapat membantu siswa memahami materi yang diajarkan dengan mudah.

Namun sebaliknya, material yang berkualitas rendah dapat membuat siswa bingung. Pastikan bahan ajar dan material yang digunakan kursus yang kamu incar diterbitkan oleh penerbit terkemuka seperti Cambridge University Press, Oxford University Press, Macmillan Education, Pearson, dan Longman.

Jangan memilih kursus yang hanya menggunakan lembaran kertas fotokopian di setiap sesi karena ini menunjukkan materi yang tidak terintegrasi dan kurikulum yang tidak jelas.

6. Metode pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan di sebuah lembaga kursus juga berperan besar untuk kesuksesan hasil belajar siswa.

Pastikan kursus yang kamu incar memiliki metode pembelajaran yang komunikatif dan interaktif.

Tujuan belajar bahasa adalah menguasai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa tersebut, jadi, pastikan metode pembelajaran yang digunakan bisa meningkatkan kepercayaan dirimu saat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Sebenarnya, banyak siswa yang sudah memiliki kemampuan berbahasa Inggris pasif yang bagus karena mereka banyak belajar tata bahasa di sekolah. Banyak pula siswa dengan listening skill yang bagus karena mereka terbiasa menonton film dan mendengarkan lagu dalam Bahasa Inggris.

Umumnya, siswa kesulitan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris karena mereka jarang diajarkan keahlian komunikasi di sekolah. Kursus yang bagus pasti menggunakan metode pembelajaran yang komunikatif untuk membantumu meningkatkan keahlian berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

7. Website

Saat mencari kursus Bahasa Inggris online, kemungkinan besar hal pertama yang kamu temukan adalah websitenya. Website ini bisa menjadi indikasi budaya di lembaga kursus tersebut. Berikut adalah beberapa aspek dalam sebuah website yang patut kamu cermati:

Foto asli:

Hati-hati apabila website menggunakan stock photo (foto dari internet). Bagaimana kamu bisa tahu mengenai guru, staff, dan lingkungan belajar apabila kursus tidak menampilkan foto asli? Lembaga kursus yang menggunakan foto asli biasanya lebih dapat dipercaya dan lebihpunya reputasi daripada kursus yang menggunakan stock photo.

Desain:

Apakah desain websitenya menarik? Hanya dari desainnya, kelihatan apakah kursus tersebut memiliki fokus pada kualitas dan attention to detail. Kursus dengan website dengan desain menarik dan interaktif kemungkinan besar akan memiliki guru dan staff yang interaktif pula.

Informasi yang jelas:

Apakah mudah mencari informasi dalam website dan apakah informasinya jelas? Website yang berantakan dan membingungkan adalah sebuah red flag yang sebaiknya dihindari. Biasanya, website yang berantakan mencerminkan kondisi internal perusahaan yang berantakan pula.

About us:

Cek halaman about us atau “Tentang Kami” untuk mengetahui sejarah dan pendiri kursus. Apakah pendiri kursus memiliki latar pendidikan Bahasa Inggris yang baik? Atas dasar apa kursus tersebut didirikan?

Garansi uang kembali:

Apabila sebuah kursus menawarkan garansi uang kembali, ini tandanya kursus tersebut sangat percaya diri dengan kualitas pembelajaran yang ditawarkan. So, this is a good sign!

8. Media sosial

Sama seperti website, media sosial dapat memberimu gambaran tentang kultur suatu lembaga kursus. Kamu bisa melihat apakah kursus tersebut memiliki atmosfiryang fun, engaged, interaktif, atau serius.

Kamu juga bisa mengamati apakah kursus tersebut lebih fokus terhadap kualitas proses belajar mengajar atau iklan. Social media bisa menjadi tolak ukur pelayanan yang akan kamu dapatkan apabila mengambil kursus tersebut.

Apakah media sosial kursus yang kamu incar autentik? Kini, banyak lembaga kursus yang menggunakan marketing agent untuk membuat postingan-postingan di media sosial mereka.

Pililhlah kursus dengan media sosial yang autentik karena biasanya kursus dengan media sosial autentik lebih personable dan dapat dipercaya.

Ringkasan

Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih kursus Bahasa Inggris!

Pastikan kamu sudah melakukan riset sebelum memilih kursus. Jangan lupa kunjungi website dan media sosial kursus serta cek google reviewnya.

Kamu juga dapat minta rekomendasi kursus dari teman atau keluarga (juga informasi daftar kursus yang harus dihindari!)

Memilih kursus yang tepat akan membantumu menghemat uang dan tenaga dan pastinya kamu juga akan menggapai target Bahasa Inggrismu.

Next Steps

Apakah kamu ingin mengikuti kursus Bahasa Inggris terbaik di Indonesia?

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan benar.

Guru-guru kami yang berpengalaman akan membantumu di setiap langkah pembelajaran dan menggali potensimu. Say goodbye ke metode pembelajaran yang membingungkan.

Dengan fasilitas pembelajaran kami yang modern, kami menawarkan kursus Bahasa Inggris terbaik di Indonesia untuk anak, remaja dan dewasa:

Baik secara Online maupun On Campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan untuk sukses.

Hubungi kami hari ini untuk mendapat konsultasi GRATIS dan mengambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri. 

Salam,

Anthony McCormick

IELC Managing Director