Class teens 2

10 beasiswa dan program pertukaran pelajar untuk siswa SMP & SMA Indonesia!

Apakah kamu sedang mencari beasiswa ke luar negeri?

Atau mungkin kamu ingin mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri?

Sedihnya, bersekolah ke luar negeri cukup mahal dan sering menjadi kendala utama untuk bersekolah ke luar negeri.

Good news! Sekarang makin banyak lho, kesempatan untuk belajar di luar negeri bagi para siswa berprestasi!

Di artikel ini, kami akan membahas 10 program beasiswa dan pertukaran pelajar yang bisa kamu ikuti untuk menggapai impianmu belajar di luar negeri dengan banyak diskon dan bahkan gratis! Yuk, cek apa saja sih ke-10 program tersebut!

1. Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program

Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program merupakan program pertukaran pelajar yang diutamakan untuk pelajar dari negara-negara mayoritas muslim. Program ini diprakarsai tahun 2002 oleh pemerintah Amerika Serikat pasca serangan 9/11 dan bertujuan agar publik Amerika bisa tahu secara langsung bahwa pelaku serangan 9/11 bukanlah representatif warga negara dari negara-negara mayoritas muslim. Walaupun program sasaran utama program ini adalah negara-negara mayoritas muslim, pelajar dari agama apapun boleh mendaftar.

Dengan program ini, kamu bisa belajar di Amerika selama satu tahun ajaran dan tinggal bersama keluarga angkat. Kamu akan belajar mengenai kepemimpinan dan budaya Amerika, sekaligus memperkenalkan budayamu ke teman-teman sekolahmu. Program ini didanai penuh oleh pemerintah Amerika Serikat, mulai dari tiket pesawat, biaya sekolah, biaya akomodasi, asuransi kesehatan, dan kamu bahkan mendapat uang saku! Pendeknya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun!

Tertarik mendaftar? Chek di https://www.yesprograms.org/ dan https://afsindonesia.org/yes-program/

2. Beasiswa Study in Hefei

Study in Hefei adalah program dari Kota Hefei, China, untuk menarik lebih banyak pelajar asing ke Hefei.

Ada 3 tipe beasiswa yang ditawarkan:

  • Tipe A untuk mahasiswa dengan beasiswa sebesar 40.000 Yuan/tahun selama maksimal 4 tahun.
  • Tipe B untuk pelajar SMA dengan beasiswa sebesar 30.000 Yuan/tahun selama maksimal 3 tahun, dan
  • Tipe C, untuk intern dari kota-kota yang memiliki partnership dengan Hefei dengan beasiswa sebesar 20.000 Yuan/semester selama maksimal 1 tahun.

Untuk mendapatkan beasiswa tipe B, syaratnya harus bisa berbahasa Inggris dengan fasih dan minimal menguasai Bahasa Mandarin tingkat dasar. Bila diterima, kamu akan tinggal bersama keluarga angkat selama masa studi.

Mau coba? Chek di https://scholarship-positions.com/study-in-hefei-government-scholarship-for-international-students-in-china/2019/08/21/

3. Beasiswa Edmonds College

Beasiswa ini diberikan oleh Edmonds College, sebuah community college berlokasi di Kota Seattle, Negara Bagian Washington, Amerika Serikat. Di Edmonds College, kamu bisa mendapat diploma SMA Amerika Serikat sambil mengambil beberapa kelas level S1 sehingga kamu bisa mempercepat waktu kuliahmu selama 1-2 tahun. Lumayan kan?

Tak hanya itu, lulusan Edmonds College juga mendapat conditional offer dari berbagai universitas rekanan Edmonds College yang tersebar di seluruh Amerika. Lebih mantap lagi, pelajar internasional bisa mendapat beasiswa sebagian (partial scholarship) jika nilai di institusi pendidikanmu sebelum mendaftar di Edmond College setara dengan GPA 3.3 dari skala 4.0.

Sayangnya, beasiswa ini hanya mencakup biaya sekolah dan tidak mendanai biaya hidup, akomodasi, asuransi kesehatan, dan lain-lain.

Cocok untukmu? Coba daftar di https://www.edmonds.edu/International/programs/highschool-to-university.html

4. Beasiswa Global Connect Programme

Beasiswa Global Connect Programme diberikan oleh Sekolah Internasional Regents yang berlokasi di Bangkok, Thailand. Ada beberapa variasi bantuan dana berdasarkan pencapaian akademik dan kondisi finansial orang tua siswa.

Beasiswa Global Connect Programme terbagi 2:

  • Beasiswa 2 tahun untuk pelajar SMA kelas 11 dan mendapat sertifikat International Baccalaureate (IB), dan
  • Beasiswa 4 tahun untuk pelajar SMP kelas 9 dan mendapat International General Certificate of Secondary Education (IGCSE) plus beasiswa lanjutan untuk mendapat sertifikat IB apabila pencapaian akademik siswa sangat baik.

Untuk mendaftar, kamu harus mendapat surat rekomendasi dari kepala sekolahmu dan mengerjakan tes matematika, Bahasa Inggris dan online assessment. Apabila lulus, kamu akan menjalani tes wawancara.

Bersekolah di Regents memberimu pendidikan berstandar internasional dan lulusan Regents banyak yang melanjutkan studinya di banyak universitas terkemuka di dunia seperti Oxford, Cambridge, Cornell, Stanford, dan lain-lain.

Beasiswa dari Regents hanya mendanai biaya sekolah dan asrama dan tidak termasuk biaya lainnya.

Apakah ini yang kamu inginkan? Yuk, check di   https://3d8bdf63-9389-43ed-9822-6f2d3d9579b7.filesusr.com/ugd/d0d765_c6e2f1b728f345ffab65e9d43f187fdd.pdf

5. Beasiswa Musik dari Sekolah Internasional Regents

Pemberi beasiswa ini juga dari Regents. Tak hanya bidang akademik, Regents juga membanggakan pencapaian siswa-siswinya di bidang seni, musik, dan olahraga. Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu harus mengirim videomu saat sedang memainkan instrumen musik atau datang langsung ke kampus Regents di Bangkok untuk audisi.

Apabila diterima, kamu akan berkesempatan untuk meningkatkan bakat musikmu melalui Kerjasama Regents dengan Sekolah Musik Yamaha.

Kalau kamu genius musik, silahkan cek di https://regents.ac.th/admission/scholarships/

6. Beasiswa Madam Tsang-Chor Hang

Beasiswa Madam Tsang-Chor Hang ini diberikan oleh Sekolah Internasional Yew Chung, berlokasi di Beijing, China. Beasiswa penuh akan diberikan kepada pelamar yang memiliki capaian akademik diatas rata-rata, memiliki keterampilan kepemimpinan, berpikir kritis, dan juga berguna bagi lingkungan sekolah dan komunitas.

Beasiswa ini dikhususkan untuk pelajar SMP dan SMA selama maksimal empat tahun, namun semua penerima beasiwa akan di review setiap tahun. Bersekolah di Sekolah Internasional Yew Chung akan memberimu akses ke pendidikan berkurikulum internasional dan lingkungan sekolah yang vibran di mana budaya barat dan timur eksis bersamaan.

Ingin sekolah sambil jalan-jalan ke Forbidden City? Cek https://www.ycis-bj.com/en/secondary/scholarships

7. Beasiswa Internasional Sekolah Yew Chung untuk Bidang Khusus

Ini salah satu beasiswa dari Sekolah Internasional Yew Chung khusus untuk pelajar dengan bakat dan prestasi di bidang-bidang berikut:

  • Visual arts
  • Performing arts
  • Community service
  • Bahasa dan sastra
  • Sains dan matematika, dan
  • Olahraga

Untuk mendaftar, kamu harus mengumpulkan portofolio yang menunjukkan bakat dan prestasimu di salah satu bidang di atas. Beasiswa ini ditujukan untuk siswa SMP dan SMA dengan maksimum durasi 4 tahun. Kamu bisa mendapat potongan biaya sekolah sebesar 10-100% tergantung dari prestasimu di bidang tersebut.

Jangan sia-siakan bakatmu. Cobalah di  https://www.ycis-bj.com/en/secondary/scholarships

8. Beasiswa ASEAN untuk Indonesia

Ini adalah beasiswa dari kementerian pendidikan Singapura untuk pelajar Indonesia dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik, capaian akademik di atas rata-rata dan aktif di kegiatan ekstrakurikuler. Beasiswa ini dibagi menjadi 2 program:

  • Secondary 1, untuk pelajar kelas 6 atau 7 dengan durasi 6 tahun, dan
  • Secondary 3, untuk pelajar kelas 8 atau 9 dengan durasi 4 tahun.

Kedua beasiswa ini memberimu kesempatan untuk mendapat sertifikat Singapore-Cambridge GCE A-Level qualification yang diakui oleh berbagai universitas di seluruh dunia. Beasiswa ini mendanai biaya sekolah, akomodasi, tiket pesawat dari dan ke Singapura, serta asuransi kesehatan.

Akses untuk kesempatan emas ini bisa dilihat di https://www.moe.gov.sg/financial-matters/awards-scholarships/asean-scholarships/indonesia

9. Program Asia Kakehashi

Program ini relatif baru. Dimulai pada tahun 2018 oleh Kementerian pendidikan, budaya, olahraga, sains dan teknologi Jepang. Program ini mengundang pelajar dari 20 negara Asia untuk tinggal dan bersekolah di SMA di Jepang selama 1 semester. Program ini khusus untuk pelajar berusia 15-18 tahun yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Preferensi akan diberikan untuk pelamar yang memiliki kemampuan berbahasa Jepang. Apabila diterima, kamu akan tinggal bersama keluarga angkat atau di asrama dan bersekolah di SMA di Jepang selama 1 semester. Kamu diharapkan dapat belajar budaya Jepang juga menceritakan budaya Indonesia ke teman-teman sekolahmu. Program ini dibiayai full oleh pemerintah! Kamu tak perlu mengeluarkan uang sepersenpun!

Kalau kamu tertarik budaya Jepang, bisa coba cek https://afsindonesia.org/asia-kakehashi-program-in-japan/

10. Beasiswa United World Colleges

United World College adalah network beberapa sekolah yang kini memiliki 18 lokasi di 18 negara dan memiliki komite di lebih dari 150 negara termasuk Indonesia. Komite ini bertugas menjaring pelajar yang dipandang dapat memanfaatkan beasiswa dari United World College dengan sebaik-baiknya.

United World College didirikan berdasarkan pandangan bahwa pendidikan merupakan alat yang berharga untuk menumbuhkan empati, kasih sayang, dan aksi-aksi sosial.

Seleksi pelamar beasiswa dilakukan berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik serta community service. Nominal beasiswa bervariasi mulai dari sebagian sampai beasiswa penuh tergantung kemampuan finansial pelamar.

Pelamar dari Indonesia harus berada di kelas 10 apabila pelamar bersekolah di sekolah kurikulum internasional atau kelas 11 atau 12 apabila pelamar berasal dari sekolah dengan kurikulum Indonesia.

Banyak lulusan United World College yang menjadi figure yang berpengaruh di berbagai bidang, seperti politik, bisnis, seni, akademik, bahkan juga ada royalty yang dulunya bersekolah di United World College, salah satunya Willem Alexander yang kini merupakan Raja Negara Belanda.

Ingin ikut berperan mengubah dunia menjadi lebih baik? Kunjungi https://www.uwc.org/selectioncriteria dan https://www.uwcindonesia.org/

Kesimpulan

Di artikel kali ini, kami sudah mengulas 10 program pertukaran pelajar atau beasiswa yang bisa diikuti SMA. Semoga informasi ini dapat membantumu menggapai impianmu untuk sekolah di luar negeri.

Next Steps…

Apakah kamu ingin mendapat beasiswa untuk sekolah di luar negeri?

Sebagian besar beasiswa ke luar negeri mengharuskan pendaftar untuk menguasai Bahasa Inggris. Sayangnya, banyak pelajar Indonesia yang gagal mendapatkan beasiswa karena kurang menguasai Bahasa Inggris.

Apabila kamu ingin sukses mendapatkan beasiwa, IELC dapat membantumu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu.

Kami menawarkan kursus Bahasa Inggris Online untuk Remaja (SMP + SMA) terbaik di Indonesia.

Kami juga telah membantu puluhan pelajar mendapatkan beasiswa untuk belajar di luar negeri dan kami akan sangat senang untuk membantumu juga.

Hubungi kami sekarang dan mulailah melangkah menuju kesuksesan dan menggapai beasiswa impianmu.

Salam,

Anthony McCormick,

IELC Managing Director.