IELC IELTS Student Passed Test

Apakah kamu perlu mengambil tes IELTS?

Apakah kamu masih bingung tentang pelaksanaan tes IELTS?

Di IELC, kami sudah membantu ribuan siswa mencapai target IELTS mereka melalui kursus IELTS kami dan di artikel ini kami telah mengumpulkan 10 pertanyaan yang paling sering diajukan IELTS test takers. Semoga kami bisa membantu kamu mengetahui lebih jelas tentang IELTS ya ☺

1. IELTS itu apa sih?

Let’s start with the most basic question, tapi banyak yang nggak tahu lho! IELTS adalah kependekan dari International English Language Testing System yang bertujuan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris penutur Bahasa asing.

2. Apa itu Academic IELTS dan General Training IELTS?

Academic IELTS digunakan untuk keperluan akademik seperti syarat pendaftaran universitas dan syarat pendaftaran beasiswa. Sekarang ini, IELTS bukan hanya diminta oleh universitas luar negeri, namun universitas dalam negeri juga sudah banyak yang mencantumkan IELTS untuk syarat pendaftaran masuk.

General Training IELTS digunakan untuk keperluan kerja dan persyaratan pindah ke beberapa negara yang berbahasa Inggris yaitu Australia, Kanada, Inggris Raya, dan Selandia Baru. General Training IELTS juga kadang digunakan untuk keperluan akademik walaupun cukup jarang. General Training IELTS hanya bisa digunakan untuk jenjang pendidikan non-degree/lower level, seperti SMP-SMA.

3. Apa persamaan dan perbedaan Academic IELTS dan General Training IELTS?

  • Academic IELTS dan General Training IELTS memiliki modul Listening dan Speaking yang sama
  • Academic IELTS dan General Training IELTS Reading memiliki jumlah dan tipe pertanyaan yang sama namun teks yang digunakan berbeda. Academic IELTS menggunakan scientific text sedangkan General Training IELTS menggunakan extract dari koran, majalah, iklan, dan-lain-lain.
  • Perbedaan paling mencolok antara Academic IELTS dan General Training IELTS terdapat di writing task 1. Dalam Academic IELTS, kamu harus menulis report berdasarkan informasi visual, seperti chart, grafik, tabel maupun map/peta. Pada General Training IELTS, kamu harus menulis surat (bisa berupa surat formal, semi-formal, maupun informal) seperti surat komplain ke bank atau maskapai penerbangan, surat lamaran kerja, surat undangan, dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuanmu dalam komunikasi tertulis di hal-hal praktis sehari-hari.
  • Academic IELTS dan General Training IELTS memiliki pertanyaan yang serupa untuk writing task 2.

4. Pelaksanaan tes IELTS itu bagaimana?

Tes IELTS dilakukan di tempat-tempat tertentu yang telah ditunjuk IDP. IDP adalah satu organisasi yang memiliki otoritas untuk mengadakan tes IELTS. IDP juga dapat membantumu memilih dan mendaftar ke universitas di luar negeri. Fun fact, IELC is an official testing venue! ;)

Tes IELTS terdiri dari 4 bagian dengan urutan berikut:

  1. Listening terdiri dari 4 bagian dengan 40 soal. Berlangsung selama kurang lebih 30 menit.
  2. Reading terdiri dari 3 bagian dengan 40 soal. Berlangsung selama 60 menit.
  3. Writing terdiri dari 2 tugas. Berlangsung selama 60 menit.
  4. Speaking tidak selalu diadakan di hari yang sama dengan listening, reading, dan writing namun akan diadakan tidak lebih dari 7 hari sebelum atau sesudah listening, reading, dan writing. Tes speaking terdiri dari 3 bagian dan berlangsung selama 11-14 menit.

5. Apakah ada jeda atau istirahat saat mengerjakan IELTS?

Tidak ada istirahat selama tes berjalan. Kamu akan mendapat sedikit jeda saat menunggu giliran untuk speaking test apabila speaking test-mu dilakukan dalam hari yang sama. Namun, saat menunggu kamu masih tidak diperkenankan untuk makan atau menggunakan HP. Jadi, jangan lupa untuk makan dan minum dulu ya sebelum melakukan tes IELTS! ☺

6. Lebih baik menggunakan American English atau British English?

Kamu bisa menggunakan keduanya, namun, kamu harus konsisten. Apabila menggunakan American English, gunakan ejaan American English di semua module begitupun kebalikannya. Dalam speaking tes, tidak masalah apabila kamu memiliki aksen asalkan pronunciation-mu masih jelas.

7. Berapa kali recording akan diputar untuk listening test?

Recording hanya akan diputar sekali! Jadi, kamu harus mendengarkan dengan sungguh-sungguh ya! Namun jangan khawatir, kamu akan diberi waktu untuk membaca soal sebelum recording dimulai. Kamu juga dipersilahkan untuk menulis catatan di lembar soal. Kamu juga akan diberi waktu untuk memindah jawabanmu ke lembar jawaban setelah recording selesai.

8. Apakah aku akan kehilangan point untuk jawaban salah?

Kamu tidak akan kehilangan point atau nilai untuk jawaban salah di listening dan reading module jadi lebih baik mencoba menjawab asal daripada dikosongi. Siapa tahu jawaban asalmu ternyata benar!

9. Bagaimana sistem penilaian tes IELTS?

Kamu akan dinilai dalam skala 0-9 dalam semua modul. Nilai dari modul listening, reading, writing dan speaking kemudian akan dirata-rata untuk menentukan nilai overall-mu.

Tidak ada nilai .25 atau .75 dalam penilaian IELTS. Contohnya, apabila nilai rata-ratamu adalah 6.25 maka nilaimu akan dibulatkan menjadi 6.5 dan apabila nilai rata-ratamu adalah 6.75 maka nilaimu akan dibulatkan menjadi 7.0.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai arti band IELTS, cek artikel kami yang berikutnya ya.

10. Bagaimana aku bisa mencapai target skor IELTS ku?

Menyiapkan diri untuk IELTS tidaklah mudah. Kamu harus mengembangkan keterampilan berbahasa Inggrismu di semua aspek meliputi listening, reading, writing, dan speaking. Untuk writing dan speaking, kamu dituntut untuk bisa menggunakan active vocabulary dan grammar yang baik.

Sayangnya, kebanyakan materi Bahasa Inggris di sekolah tidak cukup memadai untuk menyiapkanmu mengambil IELTS. Maka kebanyakan test taker yang serius mengambil kursus IELTS untuk mencapai targetnya.  

Apakah kamu ingin mencapai target IELTS mu?

Di artikel kali ini, kami sudah membagikan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan test taker tentang IELTS Kami berharap artikel ini membantu.

Jika kamu ingin terjamin meraih nilai tinggi di tes IELTS, silahkan cek kursus persiapan IELTS kami dengan guru yang berpengalaman yang akan memberimu lebih banyak lagi tips, triks, dan strategi yang kamu butuhkan untuk meraih skor IELTS yang kamu inginkan.

Kursus IELTS terbaik di Indonesia

Bingung dengan banyaknya kursus IELTS dimana-mana?

Sudah lelah menghabiskan waktu dan tenaga belajar strategi yang nggak ada hasilnya?

Sudah malas membuang uang untuk kursus yang tidak membawa hasil?

Cek kursus persiapan IELTS kami. IELC memiliki track record terbaik di Indonesia dalam membantu siswa mencapai target IELTSnya.

Kalau kamu penasaran dengan kesiapan IELTSmu, silahkan hubungi kami untuk mendapat informasi mengenai diagnostic test kami yang lengkap dengan feedback untuk tes writing dan speaking, termasuk konsultasi dengan konsultan IELTS ahli untuk mengetahui kekurangan-kekuranganmu sehingga kamu tahu apa yang perlu diperbaiki.

Kami sudah membantu ribuan siswa-siswi kami mencapai target mereka dan kami akan dengan senang hati membantumu mencapai targetmu juga!

Salam,

Anthony McCormick

IELC Managing Director

Apabila kamu menyukai artikel ini, kamu mungkin akan tertarik dengan artikel berikut:

IELTS vs TOEFL: Mana yang harus kamu pilih?

10 Kesalahan fatal yang dilakukan peserta tes IELTS

7 Tips untuk meraih sukses di tes IELTS