English Students Learning from Laptop

Kalau kamu ada rencana untuk meneruskan studi atau bekerja di luar negeri, biasanya salah satu persyaratan utamanya adalah memiliki sertifikasi IELTS (The International English Language Testing System). Tes ini dirancang untuk menguji kemampuanmu dalam mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Diantara semua tes standarisasi Bahasa Inggris yang ada, IELTS adalah tes yang paling populer di seluruh dunia. Penggunaannya pun sangat luas dan diakui oleh berbagai lembaga pendidikan terkenal di berbagai negara. 

Pada awalnya, tes IELTS memang terlihat sulit. Namun dengan latihan dan persiapan yang cukup kamu bisa memperoleh skor yang kamu inginkan.

  1. Biasakan mendengarkan dalam Bahasa Inggris

Tes yang akan kamu hadapi pertama adalah tes Listening dan kamu hanya punya kesempatan mendengarkan audio sekali. Audionya terdiri dari berbagai percakapan via telepon, atau diskusi kelompok dan konsultasi dengan dosen sampai dengan monolog seperti materi kuliah. Aksen pembicarannya beragam dari aksen penutur asli Amerika, Inggris, dan Australia atau bahkan aksen Jepang, Turki dan negara-negara lain. 

Maka dari itu, sangat penting untuk membiasakan diri mendengarkan Bahasa Inggris dalam berbagai aksen. Kamu bisa mendengarkan podcast berbahasa Inggris, ceramah di youtube atau saluran berita luar negeri online. 

2. Baca instruksi dengan teliti

Dalam tes membaca maupun mendengarkan, ada instruksi-instruksi tertentu yang mendetil seperti no more than one word (jangan menjawab menggunakan lebih dari satu kata) atau dalam tes berbicara terdapat batas waktu minimal dan maksimal dimana kamu bisa berbicara. Sangat penting untuk memperhatikan dan mengikuti instruksi-instruksi ini dengan seksama karena kalau tidak, kamu bisa kehilangan banyak nilai dengan sia-sia. 

3. Belajarlah mengatur waktu

Berlatihlah menggunakan waktu tes yang sebenarnya. Misalnya, untuk tes membaca, berlatihlah untuk menjawab semua pertanyaan dalam 60 menit. Dalam tes menulis, batasi waktumu sesuai batas waktu yang ditentukan. Ingat, tidak ada kelonggaran waktu dalam tes yang sesunggunya. Jadi pastikan kamu bisa menjawab semua sebelum waktu habis!

4. Kenalilah kelemahanmu

Selama berlatih, kamu juga pasti akan mengetahui, bagian keahlian mana yang merupakan kelemahanmu. Aturlah waktu latihan dengan menitikberatkan pada kelemahanmu ini. Setiap orang memiliki kelemahan yang berbeda-beda. Ada yang lemah dalam mendengarkan. Ada yang gugup saat harus berbicara. Ada juga yang tidak pandai dalam menuangkan kata-kata melalui tulisan. Dengan mengenali kelemahanmu, kamu bisa memberi porsi lebih banyak untuk latihan menutupinya. 

5. Kenali strategi paling efektif

Dalam tes ini, para kandidat berkejaran dengan waktu. Semakin cepat kamu bisa mengerjakan tes, semakin baik hasilnya. Tentu ini membutuhkan strategi yang tepat dan efektif. Pelajari hal-hal yang dapat membantumu mengerjakan seefektif mungkin. Misalnya dalam tes membaca, apakah lebih baik membaca seluruh bacaan dahulu atau pertanyaan dahulu? Gunakan strategi yang berbeda dan kenali strategi yang paling efektif yang bisa kamu gunakan. Singkatnya, cara mana yang memberimu nilai tertinggi saat mengerjakan latihan tes, berarti cara itulah yang paling cocok dan efektif untukmu. Pertahankan dan ingat-ingat selalu strategi itu! 

6. Biasakan membaca tulisan dalam Bahasa Inggris

Untuk dapat menulis dengan baik, tentu kamu harus mengenali lebih dahulu seperti apa tulisan yang baik itu. Biasakan untuk membaca berbagai literatur dalam Bahasa Inggris. Bisa berupa karangan dari majalah ilmu pengetahuan atau artikel online mengenai tehnologi, sejarah, budaya, dan sebagainya. Perluas kosa kata dan pengetahuanmu dengan membaca berita-berita terkini mengenai keadaan dunia karena topik-topik yang dibahas dalam IELTS biasanya mencakup topik-topik terbaru dan berita terhangat. 

7. Berbicaralah dalam Bahasa Inggris setiap hari

Untuk memperlancar kemampuan berbicaramu, tidak ada cara yang lebih baik daripada mempraktekkannya setiap saat. Carilah teman atau buatlah komunitas dengan teman-teman yang setujuan. Buatlah perjanjian untuk selalu menggunakan Bahasa Inggris saat berkomunikasi dalam bentuk apapun, baik telepon, video call, atau mengirim pesan melalui aplikasi-aplikasi pesan online seperti Line dan WA. Saat tidak ada teman, carilah daftar pertanyaan tes berbicara IELTS dan berlatihlan sendiri menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Buatlah komitmen untuk berlatih berbicara dengan teratur, misalanya 30 menit sehari atau 3 jam seminggu. Jangan berhenti berlatih!

Jika kamu ingin informasi lebih lanjut mengenai tips dan trik untuk mempersiapkan IELTS dengan efektif, kamu bisa hubungi IELC. IELC memiliki rekor terbaik di Indonesia dalam membantu mempersiapkan IELTS. Cobalah kontak kami, pasti ada yang bisa kami bantu. Kalau kamu penasaran dengan peringkat IELTS mu, kamu bisa mencoba mengambil tes simulasi kami yang lengkap dengan feedback session untuk tes menulis dan berbicara! Bahkan untuk sekedar konsultasi gratis, kami siap melayani.