English Students Learning from Laptop

Ingin mendaftar kuliah di luar negeri?

Atau melamar beasiswa di luar negeri?

Mungkin kamu ada keinginan untuk pindah ke negara lain?

Kalau iya, kemungkinan besar kamu harus mengikuti ujian IELTS! IELTS atau International English Language Testing System adalah salah satu tes yang dirancang untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris yang paling banyak dipakai. Testnya sendiri terdiri dari 4 module yaitu listening, reading, writing, dan speaking.

Banyak test taker yang awalnya merasa sangat terintimidasi dengan ujian IELTS. Bagaimana tidak, sungguh banyak yang harus disiapkan dalam waktu yang sering relatif mepet. IELTS juga merupakan ujian yang high stake. Bagi banyak orang, IELTS bisa make or break impian mereka!

Tapi jangan takut, IELTS tidaklah semenyeramkan yang kamu bayangkan kok! Di artikel kali ini, kami akan membahas tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skor IELTSmu! :)

1. Biasakan mendengarkan dalam Bahasa Inggris

Tes pertama yang akan kamu hadapi adalah tes Listening.

Recording hanya akan diputar sekali, jadi kamu harus mendengarkannya dengan sangat hati-hati ya!

Tes listening ini terdiri dari percakapan dalam konteks sosial, monolog dalam konteks akademik (misalnya ceramah dosen). Naratornya tidak pasti akan memiliki aksen apa. Bisa jadi British, American, Australian, atau South African.

Maka dari itu, kamu harus membiasakan diri untuk mendengarkan pembicaraan Bahasa Inggris dalam berbagai aksen. Kamu bisa mendengarkan podcast Bahasa Inggris. Sekarang, banyak sekali pilihan genre podcast yang tersedia, misalnya misteri, fantasi, sejarah, dan masih banyak lagi genre lainnya! Kamu pasti bisa menemukan sebuah podcast sesuai minatmu.

Kamu juga bisa menonton atau mendengarkan ceramah dalam Bahasa Inggris seperti TED talk atau berita berbahasa Inggris dari YouTube.

Intinya, kamu bisa mendengarkan apapun yang kamu mau asalkan dalam Bahasa Inggris! Tujuan dari latihan ini adalah untuk membuatmu familiar dengan pengucapan Bahasa Inggris. Kalau kamu ingin latihan lebih serius lagi, kamu bisa mendengarkan sambil mencatat point-point yang disampaikan oleh speaker.

2. Baca instruksi dengan teliti

Dalam tes reading maupun listening, ada instruksi-instruksi tertentu yang mendetil seperti no more than one word (jangan menjawab menggunakan lebih dari satu kata). Terdengar sepele, namun banyak test taker yang kurang teliti dalam membaca instruksi dan kehilangan point sia-sia.

Contohnya, mungkin instruksinya memintamu untuk menjawab no more than one word dan jawabannya misalnya “train”, namun, kalau kamu menulis articlenya juga (“a train”) kamu akan disalahkan juga! Jadi, hati-hati ya!

Dalam module writing, kamu juga harus hati-hati membaca soalnya ya. Pastikan kamu menjawab semua yang ditanyakan. Misalnya, kamu mungkin mendapat soal:

“Many people still think that the government should not restrict what people say in public media as it is part of freedom of speech. To what extent do you agree or disagree with this statement?”

Jadi, ada 2 hal yang harus kamu jawab:

  1. Tuliskan kedua sudut pandang (setuju dan tidak setuju)
  2. Tuliskan posisimu (apakah kamu setuju atau tidak setuju? sertakan alasannya ya!)

Jangan lupa tulis introduction dan conclusion juga ya!

3. Belajarlah mengatur waktu

Saat kamu latihan, ada baiknya kamu berlatih sesuai dengan real test condition. Jadi, set timermu sesuai waktu yang disediakan saat kamu sedang ujian IELTS, yaitu:

  1. Saat berlatih reading, set timermu selama 60 menit untuk mengerjakan 40 soal dari 3 teks
  2. Saat berlatih writing, set timermu selama 60 menit untuk menulis 2 Writing Tasks
  3. Saat berlatih speaking, set waktumu selama 4 atau 5 menit untuk speaking part 1, 2 menit untuk speaking part 2, dan 5 menit untuk speaking part 3. Untuk latihan speaking, kamu bisa meminta tolong teman, atau lebih baik lagi ikut kursus privat, agar ada seseorang yang bisa berperan sebagai examiner mu
  4. Saat berlatih listening, beri dirimu waktu 10 menit setelah recording selesai untuk memeriksa kembali dan memindah jawabanmu. Putar recordingnya sekali saja ya, karena pada saat ujian IELTS recordingnya tidak diulang!

4. Kenalilah kelemahanmu

Selama berlatih, kamu juga pasti akan mengetahui, bagian keahlian mana yang merupakan kelemahanmu. Aturlah waktu latihan dengan menitikberatkan pada kelemahanmu ini. Setiap orang memiliki kelemahan yang berbeda-beda. Ada yang lemah dalam mendengarkan. Ada yang gugup saat harus berbicara. Ada juga yang tidak pandai dalam menuangkan kata-kata melalui tulisan. Dengan mengenali kelemahanmu, kamu bisa memberi porsi lebih banyak untuk latihan menutupinya. 

5. Kenali strategi paling efektif

Dalam tes ini, para kandidat berkejaran dengan waktu. Semakin cepat kamu bisa mengerjakan tes, semakin baik hasilnya. Tentu ini membutuhkan strategi yang tepat dan efektif. Pelajari hal-hal yang dapat membantumu mengerjakan seefektif mungkin. Misalnya dalam tes membaca, apakah lebih baik membaca seluruh bacaan dahulu atau pertanyaan dahulu?

Gunakan strategi yang berbeda dan kenali strategi yang paling efektif yang bisa kamu gunakan. Singkatnya, cara mana yang memberimu nilai tertinggi saat mengerjakan latihan tes, berarti cara itulah yang paling cocok dan efektif untukmu. Pertahankan dan ingat-ingat selalu strategi itu! 

6. Biasakan membaca tulisan dalam Bahasa Inggris

Untuk dapat menulis dengan baik, tentu kamu harus mengenali lebih dahulu seperti apa tulisan yang baik itu. Biasakan untuk membaca berbagai literatur dalam Bahasa Inggris. Bisa berupa karangan dari majalah ilmu pengetahuan atau artikel online mengenai teknologi, sejarah, budaya, dan sebagainya. Perluas kosa kata dan pengetahuanmu dengan membaca berita-berita terkini mengenai keadaan dunia karena topik-topik yang dibahas dalam IELTS biasanya mencakup topik-topik terbaru dan berita terhangat. 

7. Berbicaralah dalam Bahasa Inggris setiap hari

Untuk memperlancar kemampuan berbicaramu, tidak ada cara yang lebih baik daripada mempraktekkannya setiap saat. Carilah teman atau buatlah komunitas dengan teman-teman yang setujuan. Buatlah perjanjian untuk selalu menggunakan Bahasa Inggris saat berkomunikasi dalam bentuk apapun, baik telepon, video call, atau mengirim pesan melalui aplikasi-aplikasi pesan online seperti Line dan WA.

Saat tidak ada teman, carilah daftar pertanyaan tes berbicara IELTS dan berlatihlan sendiri menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Buatlah komitmen untuk berlatih berbicara dengan teratur, misalanya 30 menit sehari atau 3 jam seminggu. Jangan berhenti berlatih!

Apakah kamu ingin mencapai target IELTS mu?

Di artikel kali ini, kami sudah membahas 7 tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapat skor maksimal di IELTS. Kami berharap artikel ini membantu dan good luck on your IELTS journey! :)

Jika kamu ingin terjamin meraih nilai tinggi di tes IELTS, silahkan cek kursus persiapan IELTS kami dengan guru yang berpengalaman yang akan memberimu tips dan tricks dan teknik yang kamu butuhkan untuk meraih nilai IELTS yang kamu inginkan!

Kursus persiapan IELTS terbaik di Indonesia

Bingung dengan banyaknya kursus IELTS di mana-mana?

Sudah lelah menghabiskan waktu dan tenaga belajar strategi yang gak ada hasilnya?

Sudah malas membuang uang dengan kursus-kursus yang tidak membawa hasil?

Cek kursus persiapan IELTS kami. IELC memiliki track rekor terbaik di Indonesia dalam membantu siswa mencapai target IELTSnya.

Kalau kamu penasaran dengan kesiapan IELTSmu, silahkan hubungi kami untuk mendapat informasi mengenai Diagnostic Test IELTS kami yang lengkap dengan feedback session untuk tes writing dan speaking, termasuk konsultasi dengan konsultan IELTS ahli untuk mengetahui kekurangan-kekuranganmu sehingga kamu tahu apa yang perlu kamu perbaiki.

Kami sudah membantu ribuan siswa kami meraih skor IELTS yang tinggi. Sekarang, giliranmu!

Salam,

Anthony McCormick,

IELC Managing Director

Apabila kamu menyukai artikel ini, kamu mungkin akan tertarik dengan artikel berikut:

Apa itu IELTS?

10 Kesalahan fatal yang dilakukan peserta tes IELTS

Tips & tricks untuk IELTS Writing Task 1