English Student with Thumbs Up

Hai Learners!

Yuk, kita ngobrol bareng perihal hal yang paling signifikan kesulitannya ketika kita mulai belajar bahasa Inggris. Kira-kira apa ya..

Yep, ketika kita harus berbicara dalam bahasa Inggris di depan publik!

Kecemasannya nyata ya gaes…

Memang sih bagi banyak orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris, rasa takut berbicara bahasa Inggris di depan umum dapat menjadi rintangan yang signifikan untuk diatasi. Ketakutan membuat kesalahan atau dihakimi dapat menyebabkan kecemasan dan menghambat komunikasi yang efektif.

Tapiii, dengan strategi dan latihan yang tepat, rasa takut ini dapat diatasi lho dan kalian bisa mendapatkan kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Pada artikel ini, akan dibahas lima tips keren untuk kalian bisa mengatasi rasa takut berbicara bahasa Inggris di depan publik dan meningkatkan keterampilan bahasa kalian. Apa sajakah itu?

Ayo disimak!

1. Identifikasi dan kenali ketakutan juga kecemasan kalian

Langkah pertama dalam mengatasi rasa takut adalah mengidentifikasi dan mengakuinya. Renungkan mengapa kalian merasa cemas berbicara bahasa Inggris di depan umum. 

Apakah itu rasa takut membuat kesalahan, disalahpahami, atau menghadapi rasa malu? Setelah kalian bisa memahami akar penyebab ketakutan kalian tersebut, barulah kalian dapat mulai mengatasinya secara langsung.

Ingatlah bahwa membuat kesalahan saat mempelajari bahasa baru adalah hal yang wajar, dan tidak ada orang yang sempurna. Rangkullah proses pembelajaran dan lihat kesalahan sebagai batu loncatan untuk perbaikan.

Mistakes aren’t mistakes, they’re lessons!

2. Berlatih berbicara Bahasa Inggris dalam situasi low pressure

Salah satu cara efektif untuk membangun kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris adalah dengan berlatih dalam situasi yang low pressure. Mulailah dengan berbicara dengan teman atau anggota keluarga yang mendukung dan pengertian. Terlibat dalam percakapan santai, diskusikan topik yang menarik, dan secara bertahap perluas kompleksitas diskusi kalian. Ini akan membantu kalian menjadi lebih fasih juga lebih nyaman untuk mengekspresikan diri dalam bahasa Inggris.

Selain itu, pertimbangkan untuk bergabung dengan program pertukaran bahasa atau grup diskusi agar kalian memiliki komunitas untuk berlatih dengan sesama pelajar yang memiliki tujuan yang sama.

3. Rekam diri sendiri saat berbicara dalam Bahasa Inggris dan analisa performa kalian!

Merekam diri sendiri saat berbicara bahasa Inggris dapat menjadi alat penilaian diri yang berharga. Gunakan smartphone atau alat perekam lainnya untuk merekam perkataan kalian, lalu dengarkan secara kritis.

Perhatikan pengucapan, grammar, dan kejelasan kalimat-kalimat kalian secara keseluruhan. Dengan menganalisis performa diri sendiri secara objektif, kalian dapat mengidentifikasi area yang memerlukan peningkatan dan melacak kemajuan kalian dari waktu ke waktu.

Selain itu, mendengarkan rekaman suara sendiri dapat membantu kalian untuk mendapatkan suara yang “normal” ketika berbicara dalam bahasa Inggris. Seiring berjalannya waktu, hal ini akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman atau malu yang mungkin kalian rasakan saat berbicara Bahasa Inggris di depan umum!

Jangan lupa rayakan setiap pencapaian meski kecil dan hargai area di mana kalian telah menunjukkan pertumbuhan! Proses ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan memotivasi kalian untuk terus berlatih.

4. Fokus pada kemajuan, bukan kesempurnaan

Penting untuk mengubah pola pikir dari mengejar kesempurnaan menjadi menghargai kemajuan. Pahami bahwa belajar bahasa adalah sebuah perjalanan, dan butuh waktu untuk menjadi mahir.

Alih-alih terobsesi dengan setiap kesalahan yang dibuat, fokuslah pada kemajuan yang sudah kalian lakukan. Sesekali memuji diri sendiri bukan hal yang buruk, lho! Ingat, setiap langkah maju membawa kalian lebih dekat ke tujuan, yakni berbicara bahasa Inggris dengan percaya diri di depan umum. 

Rayakan kemenanganmu, tidak peduli seberapa kecil tampaknya. Apakah kalian menggunakan kata kosakata baru dengan benar? Apakah kalian berhasil mengucapkan kalimat tanpa terbata-bata? Semua ini adalah kemenangan yang layak diakui dan dirayakan. Seiring berjalannya waktu, kemenangan-kemenangan kecil ini akan menumpuk, dan tanpa disadari terlihat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara Bahasa Inggris kalian!

Be patient with yourself and embrace the learning process!

5. Bergabunglah dengan klub pertukaran bahasa atau kursus Bahasa Inggris

Terlibat dalam lingkungan belajar yang terstruktur dapat menyediakan platform yang mendukung untuk berlatih berbicara bahasa Inggris dengan orang lain yang juga sedang mempelajarinya.

Bergabunglah dengan klub pertukaran bahasa atau daftar kursus bahasa Inggris agar kalian dapat berinteraksi dengan individu yang berpikiran sama dan meningkatkan keterampilan bahasa kalian bersama-sama.

Komunitas akan menyediakan ruang yang aman dan mendorong untuk berbicara bahasa Inggris tanpa takut dihakimi. Melalui interaksi rutin, kalian akan semakin percaya diri, menerima umpan balik yang konstruktif, dan belajar dari pengalaman orang lain.

Di sisi lain, mendaftar ke kursus Bahasa Inggris, baik secara tatap muka maupun daring, dapat memberikan pendekatan terstruktur dan sistematis dalam belajar Bahasa Inggris. Dengan adanya guru berpengalaman yang akan membimbing kalian, kurikulum yang dirancang dengan baik untuk diikuti, dan tugas-tugas rutin untuk berlatih, kalian dapat secara bertahap meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggrismu.

Selain itu, menjadi bagian dari sebuah kursus Bahasa Inggris seringkali berarti memiliki kelas-kelas rutin, tugas-tugas, dan penilaian, yang dapat menjadi motivasi untuk belajar secara teratur. Struktur kursus membuatmu bertanggung jawab, mendorong usaha yang konsisten. Saat belajar sendiri, mempertahankan motivasi dan disiplin dapat lebih menantang.

Semangaat!!

Summary

Mengatasi rasa takut berbicara bahasa Inggris di depan umum adalah proses bertahap yang membutuhkan usaha dan latihan yang konsisten. Dengan mengikuti lima tips di atas, kalian dapat membangun kepercayaan diri dan kelancaran berbicara bahasa Inggris.

Ingat, berbicara bahasa baru adalah perjalanan yang berkelanjutan, jadi berbaik hatilah pada diri sendiri, rangkul kesalahan sebagai kesempatan belajar, dan rayakan kemajuan kalian  di sepanjang jalan.

Enjoy the journey!

Ingin lancar berbahasa Inggris?

Kebanyakan orang di Indonesia malu bicara Bahasa Inggris di depan publik. Mereka takut salah dan tidak percaya diri saat harus bicara dalam Bahasa Inggris.

Ini akibat dari pengajaran Bahasa Inggris yang salah!

Mereka tidak hanya kehilangan waktu dan uang, lebih parah lagi mereka mendapat dasar Bahasa yang salah yang susah diperbaiki. Akhirnya, mereka menjadi bosan dan kehilangan percaya diri.

Ini adalah kesalahan yang fatal!

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri.

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik.

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri.