TOEFL iBT

13 tips & tricks untuk meraih nilai tinggi di TOEFL Listening

Apakah kamu ingin meraih skor tinggi di TOEFL PBT atau TOEFL ITP?

Kalau iya, kamu harus lancar di semua test section, termasuk di bagian Listening

Sebenarnya, Listening itu bagian yang paling mudah lho, kamu nggak perlu pusing masalah grammar dan sebagainya. Jadi, maksimalkan skormu di bagian Listening ini ya! 

Tapi kenyataannya, banyak test taker yang kehilangan skor berharga di bagian Listening karena mereka tidak tahu strategi yang tepat. Jangan sampai ini terjadi kepadamu ya! 

Jadi, di artikel kali ini kami akan membagikan tips, triks, dan strategi yang perlu kamu ketahui untuk mendapat skor maksimal di bagian listening dari TOEFL ini 🙂 

Overview Listening Section TOEFL

Bagian Listening dari TOEFL ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam memahami spoken English. 

Bagian ini terdiri dari 50 pertanyaan yang dibagi menjadi 3 kategori dan berlangsung selama 30-40 menit dan kamu memiliki kurang lebih 12 detik untuk menjawab satu soal, jadi pastikan kamu manage waktumu dengan baik ya! 

Part A terdiri dari dialog pendek antara dua orang dan satu dialog hanya digunakan untuk satu soal. 

Part B terdiri dari dialog yang lebih panjang antara dua orang atau lebih dan satu dialog digunakan untuk beberapa soal. 

Part C terdiri dari monolog atau dialog panjang seperti ceramah dosen, dan satu recording digunakan untuk beberapa soal.

Perlu diingat bahwa soal-soal yang diberikan tidak tertulis di lembar tes mu. Yang ditulis hanyalah pilihan jawaban (pilihan ganda) dan soalnya akan dibacakan di recording. Jadi, dengarkan recordingnya dengan baik ya! 

Nah, sekarang kamu sudah punya gambaran kan, bagaimana TOEFL Listening ini berlangsung? Oke deh, yuk, langsung bahas tips, triks, dan strategi yang kamu butuhkan untuk mendapat skor optimal di TOEFL Listening

Strategi untuk Listening Part A 

1. Fokus pada speaker kedua

Part A terdiri dari dialog pendek dan seringkali jawaban dari pertanyaan yang diajukan terdapat di speaker kedua. Jadi, kamu bisa mencoba mengulang dalam hati apa yang dikatakan speaker kedua untuk mengingat dan menjawab pertanyaan. 

Perhatikan contoh soal berikut:

Dari dialog ini, speaker kedualah yang mengucapkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Jawabannya adalah B. 

2. Perhatikan pilihan jawaban yang berupa sinonim

Selagi kamu fokus dengan speaker kedua, cobalah juga untuk menemukan kata kunci dari dialog. Apabila kamu menemukan sinonim dari kata kunci tersebut di pilihan jawaban, kemungkinan besar pilihan jawaban itulah yang merupakan jawaban yang tepat. 

Perhatikan contoh soal berikut:

 

Kata had to, fill out, dan application memiliki arti yang sama dengan was necessary, complete, dan form sehingga jawaban yang tepat adalah D. 

3. Hindari kata-kata yang terdengar mirip

Kemungkinan besar kamu akan menemui pertanyaan-pertanyaan jebakan dimana pilihan jawaban yang diberikan terdengar mirip dengan kata yang diucapkan di recording namun memiliki arti yang sangat berbeda. Jangan sampai kamu termakan jebakan ini ya! 

Perhatikan contoh soal berikut 

Kata kunci dari dialog ini adalah lacked. Kata locked (pilihan jawaban A), looked (pilihan jawaban B) dan leaked (pilihan jawaban C) terdengar cukup mirip dengan lacked tapi semuanya memiliki arti yang sangat berbeda dan merupakan jawaban jebakan. Jawaban yang benar adalah D.

4. Pelajari cara membuat kesimpulan dari konteks

Beberapa pertanyaan akan memintamu untuk membuat kesimpulan dari dialog yang diberikan. Perhatikan contoh soal berikut. 

Kamu bisa lihat dari hint yang diberikan (water, sand, dan suntan lotion) bahwa kemungkinan besar percakapan ini terjadi di pantai sehingga jawaban yang tepat adalah B. 

5. Familiarkan dirimu dengan kalimat yang memiliki lebih dari satu nomina

Beberapa pertanyaan di Part A terkadang memiliki beberapa nomina atau nouns. Sebagian test takers merasa kebingungan dengan soal tipe ini. Perhatikan contoh soal berikut. 

Pembicara kedua menyebutkan dua nama orang yaitu John dan Sarah. Disebutkan bahwa Sarah replaced John sehingga dapat disimpulkan bahwa Sarah lah yang berada di band, bukan John sehingga jawaban yang tepat adalah D.

6. Pelajari expression of agreement

Ada banyak ungkapan persetujuan selain I agree. Sebelum kamu melakukan tes TOEFL, sebaiknya kamu pelajari dulu ungkapan-ungkapan persetujuan dalam Bahasa Inggris. Perhatikan contoh soal berikut.

Dalam konteks ini, aren’t they? Merupakan ekspresi persetujuan, bukan pertanyaan, sehingga jawaban yang tepat adalah D. 

Berikut adalah contoh ungkapan persetujuan dalam Bahasa Inggris:

  • That’s for sure! 
  • I couldn’t agree with you more!
  • Absolutely!
  • Exactly! 
  • No doubt about it!
  • You’re absolutely right!  

7. Pelajari peribahasa dalam Bahasa Inggris

Pelajari beberapa peribahasa atau yang dalam Bahasa Inggris disebut idiom. Perhatikan contoh soal berikut 

Peribahasa burning the candle at both end sebenarnya tidak ada hubungannya dengan membakar atau burning dan lilin atau candle sehingga opsi jawaban A, B, dan D adalah salah. Burning the candle at both end berarti melakukan sesuatu yang melebihi kapasitasmu karena biasanya lilin hanya dibakar di salah satu ujung, bukan kedua ujung, sehingga jawaban yang tepat adalah C.

Selamat sudah mencapai sejauh ini! Sekarang, mari kita bahas Part B! 

Strategi untuk TOEFL Listening Part B 

Listening Part B di TOEFL PBT atau TOEFL ITP terdiri dari dialog yang lebih panjang dibandingkan Listening Part A. 

Perhatikan sample dialog berikut agar kamu memiliki gambaran seperti apakah recording yang akan diputar dan kita bisa bahas strategi seperti apa yang dibutuhkan. 

8. Temukan topik pembicaraan

Saat kamu mendengarkan recording, cobalah juga untuk menentukan topik dari dialog yang disajikan. Seringkali topiknya bisa ditemukan di bagian awal percakapan, umumnya di baris kedua, atau ketika pembicara kedua pertama kali berbicara, seperti pada contoh dialog di atas, di mana topik pembicarannya adalah opening an account. 

9. Temukan who, what, where

Menemukan who, what, where akan membantumu untuk mendengarkan secara lebih aktif dan lebih tanggap saat mendengarkan soal. Dari contoh dialog di atas, dapat disimpulkan bahwa 

Who: a client and a bank teller 

What: opening a bank account 

Where: a bank 

10. Jawablah pertanyaan selagi kamu mendengarkan soalnya

Perlu diingat bahwa recording hanya akan diputar sekali dan kamu dilarang untuk menulis catatan ketika mendengarkan recording jadi sebaiknya jawablah langsung pertanyaan yang diajukan. 

Sekarang, mari kita lanjutkan ke Part C!

Strategi untuk TOEFL Listening Part 3 

Untuk bagian Listening Part C terdapat 3 recording yang berupa dialog atau monolog atau ceramah lebih panjang, biasanya tentang kehidupan sehari-hari, sekolah, berita, atau versi pendek ceramah dosen. 

Perhatikan contoh monolog berikut 

Ingat bahwa kamu tidak diperbolehkan mencatat apapun, jadi dengarkan dengan seksama ya! 

Sekarang, mari kita bahas strategi yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan soial-soal di Part C ini! 

11. Dengarkan baik-baik kalimat pertama dari recording

Kalau kamu merasa kewalahan dan bingung mengingat semua informasi yang terdapat di recording, paling tidak dengarkanlah bagian awal dari recording dengan sangat seksama. Seringkali kamu akan menemukan pertanyaan tentang ide pokok dari recording yang diberikan dan biasanya ide pokok ini terletak di awal. Dari contoh diatas, ide pokoknya adalah dogs’ sense of smell yang terletak di bagian awal recording. 

12. Cobalah prediksi jawaban

Seringkali test taker beranggapan bahwa bahwa bagian Listening itu hanya bertujuan untuk menguji kemampuan Listening

Padahal sebenarnya bagian Listening itu juga secara tidak langsung menguji kemampuan Reading mu lho! 

Kamu harus bisa membaca pilihan jawaban dengan cepat dan menemukan kata kunci. Kata kunci ini akan membantumu mendengarkan secara lebih aktif dan kamu akan menjadi lebih alert dalam mendengarkan informasi yang sesuai dengan kata kunci. 

Seringkali, pilihan jawabannya memiliki hint atau petunjuk yang akan membantumu membuat prediksi yang masuk akal. 

13. Kalau kamu tidak tahu jawabannya, tebak saja

Skormu tidak akan dikurangi apabila jawabanmu salah jadi tak ada salahnya menebak kalau kamu memang benar-benar tidak tahu jawabannya. Setiap satu soal yang kamu jawab dengan metode tebak, entah hitung kancing atau apa, peluang benarnya 1 banding 4 lho! Not bad kan?

Next steps 

Apakah kamu ingin mencapai target TOEFL mu?

Menyiapkan diri untuk mengikuti ujian TOEFL bisa menjadi pengalaman yang traumatis. Begitu banyak yang harus dipelajari dalam waktu yang sangat mepet. Jadi, kalau kamu merasa telah membuang waktu belajar strategi yang membingungkan… 

dan…

Kamu tidak mau membuang waktu dan uang ke kursus yang tak berguna dan mengajarkan strategi yang salah…

Jangan takut… 

Kursus TOEFL terbaik di Indonesia 

Di IELC kami mengajarkan TOEFL dengan cara yang benar 

dan… 

Kami akan mengajarimu tips dan trik untuk mencapai target mu 

Karena itulah 

Kami memiliki track record terbaik di Indonesia dalam membantu siswa-siswi kami meraih target TOEFL mereka 

dan..

Kami akan membantumu mencapai targetmu! 

Guru-guru kami yang berpengalaman akan membantumu di setiap langkah sampai target TOEFL mu tercapai. 

Jadi, silahkan kunjungi informasi kursus TOEFL kami untuk melihat bagaimana kami bisa membantumu. 

Kami sudah membantu ribuan siswa-siswi kami mencapai target mereka dan kami akan dengan senang hati membantumu juga! 

Salam, 

Anthony McCormick 

IELC Managing Director