On Campus English Lessons

5 tanda kamu memiliki guru Bahasa Inggris yang super

Pernah dengar nggak sih dengan istilah ‘red flag’?

Intinya, ‘red flag’ itu adalah sesuatu yang harus kamu hindari!

Tapi, ada juga ‘green flag’ lho! Kalau ‘red flag’ harus dihindari, ‘green flag’ harus didekati hehe :)

Cari guru pun harus yang memiliki banyak ‘green flag’ ya!

Guru yang memiliki banyak ‘green flag’ akan membantumu belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan ia juga akan membantumu mencapai targetmu!

Sebaliknya, guru dengan banyak ‘red flag’ akan membuatmu pusing dan bingung, dan bukannya tumbuh, bisa-bisa kamu malah mundur!

Jadi, di artikel kali ini, kami akan membahas hal apa saja yang harus kamu cari ketika mencari guru Bahasa Inggris. Ingat, walaupun seorang guru mungkin kualifikasinya kelihatannya bagus (misalnya, lulusan jurusan Bahasa Inggris), tidak selalu berarti mereka memiliki kemampuan mengajar yang baik lho! Jadi, perhatikan tanda-tanda berikut ya!

1. Mereka memiliki kemampuan komunikasi lisan yang bagus

Ini adalah skill paling penting yang harus dimiliki seorang guru. Apakah gaya bicara mereka jelas dan gampang dimengerti?

Ingat, jelas bukan berarti suara mereka keras ya! Namun..,

Apakah mereka bisa membahasakan pikiran atau ide-ide dengan jelas dan mudah dimengerti?

Bisakah mereka menjelaskan topik-topik sulit dengan gaya yang mudah dimengerti?

Kalau gurumu tidak memenuhi kriteria di atas, sebaiknya kamu ganti guru deh!

Karena kan, sebagian besar proses pembelajaran di kelas berpusat pada topik yang diperkenalkan dan dijelaskan oleh guru, jadi akan susah paham dong, kalau gurumu tidak memiliki skill komunikasi lisan yang bagus!

Kalau gurumu pintar menjelaskan, kamu akan mendapatkan banyak ‘aha’ momen dan ‘aha’ momen inilah yang akan memacu semangat belajarmu!

2. Mereka mengadaptasikan cara mengajarnya sesuai dengan style belajarmu

Semua orang memiliki cara belajar yang beda-beda, dan kebutuhan dan target yang berbeda.

Guru yang baik harus bisa mengidentifikasi style belajarmu dan menyesuaikan cara mengajarnya dengan itu.

Guru yang baik harusnya tidak menyamaratakan cara mengajarnya ke semua macam murid.

Guru yang baik mau mendengarkan input dan feedback-mu dan betul-betul memikirkan kepentingan belajarmu.

Guru yang baik harusnya membiarkan kamu mengutarakan ekspektasimu dan mau bersama-sama membuat peraturan agar proses belajar mengajar bisa berjalan semaksimal mungkin.

Jadi, kalau gurumu tidak memenuhi kebutuhanmu, tapi malah terkesan membela diri waktu kamu memiliki masukan atau kritik, dan menggunakan metode mengajar yang sama untuk semua murid, mendingan kabur deh!

3. Mereka memberimu kesempatan untuk berbicara

Alasan paling banyak mengapa orang belajar Bahasa Inggris adalah agar mereka bisa BICARA dalam Bahasa Inggris!

Jadi, tebak apa yang terjadi kalau guru mendominasi kelas dan malah ngomong terus?

Yak! Kamu jadi tidak bisa melatih kemampuan speaking mu! Jadi percuma dong kursus kalau gurunya begini!

Beberapa guru mungkin nggak suka kalau kelasnya sepi, atau muridnya lama dalam menjawab. Atau, mungkin mereka terlalu semangat membagikan ilmu.

Tapi ingat, kamu kan mendaftar kursus agar kamu bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Jadi, guru yang baik seharusnya memberimu banyak kesempatan untuk berbicara.

Idealnya, kamu sebagai murid berbicara 70% dari waktu kelas, dan gurumu 30%.

Peran gurumu adalah untuk menjelaskan materi pembelajaran dan memberi instruksi. Dan yang paling penting: memancing tanggapan dari murid-murid dan memfasilitasi murid untuk bisa lebih banyak speaking.

4. Mereka mengajarkan caranya kamu bisa menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan nyata

Belajar grammar tentu penting, tapi coba deh pikir, ada nggak skenario di kehidupan nyata di mana kamu harus hafalan 16 tenses?

Rasanya tidak ada, kecuali kamu memang ingin bekerja menjadi guru Bahasa Inggris.

Guru yang bagus akan memberitahu kamu bagaimana menerapkan materi pembelajaranmu di kehidupan nyata.

Contohnya, mungkin mereka akan memintamu menulis surat komplain ke bank atau menulis surat lamaran kerja, atau mungkin gurumu akan memberimu projek untuk membuat sebuah marketing campaign untuk suatu produk. Beliau akan mengajarimu kosakata dan tata bahasa yang kamu butuhkan untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Kamu juga akan lebih termotivasi untuk belajar apabila kamu tahu bagaimana materi pembelajaranmu bisa digunakan di kehidupan nyata.

5. Mereka tidak takut untuk ngasih tantangan untuk kamu

Guru yang baik tahu apakah suatu materi pembelajaran itu terlalu mudah atau terlalu sulit untukmu.

Guru yang baik nggak akan membiarkan kemampuanmu tetap begitu-gitu saja, tapi mereka pasti akan menyediakan materi dengan level yang pas supaya kemampuanmu berkembang.

Guru yang baik akan memberi bahan yang cukup menantang tapi dengan porsi yang pas sehingga kamu nggak kewalahan tapi malah merasa tertantang untuk belajar hal baru.

Jadi, apabila kamu merasa gurumu tidak membantumu tumbuh dan ngasih bahan yang gampang-gampang aja, mending kabur deh!

Akhir kata

Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika mencari guru Bahasa Inggris. Sekali lagi, ingat bahwa kualifikasi tidak selalu berarti guru tersebut memiliki skill mengajar yang bagus. Native speaker juga bukan selalu berarti mereka adalah pengajar yang bagus. Jadi, pastikan gurumu memenuhi kriteria di atas ya!

Ingin berbahasa Inggris dengan lancar?

Kebanyakan orang di Indonesia malu bicara Bahasa Inggris di depan publik. Mereka takut salah dan tidak percaya diri saat harus bicara dalam Bahasa Inggris.

Ini akibat dari pengajaran Bahasa Inggris yang salah!

Mereka tidak hanya kehilangan waktu dan uang, lebih parah lagi mereka mendapat dasar Bahasa yang salah yang susah diperbaiki. Akhirnya, mereka menjadi bosan dan kehilangan percaya diri.

Ini adalah kesalahan yang fatal!

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri.

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik.

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri.

Salam, 

Anthony McCormick 

IELC Managing Director