Staff IELC

Apa kabar teman-teman! 

Kami yakin kalian semua pasti sudah tahu pentingnya skill Bahasa Inggris di resume. 

Dan mungkin kalian juga sudah paham ya pentingnya lancar berbahasa Inggris untuk survive dalam karir.

Tapi pernah nggak sih kalian berpikir, memang apa saja sih manfaat spesifik lancar Bahasa Inggris dalam dunia kerja?

Kalau iya, kalian sudah berada di tempat yang tepat! Kali ini, kami akan membagikan apa saja manfaat Bahasa Inggris dalam dunia kerja, mulai dari yang pertama… 

1. Lancar berbahasa Inggris itu keharusan di zaman sekarang 

Di era globalisasi ini, semakin banyak perusahaan yang meluaskan diri ke pasar global, sehingga kini semakin banyak perusahaan multinasional yang berdiri. Bukan hanya itu, banyak juga start-up yang berdiri di beberapa tahun belakangan ini. 

Perusahaan-perusahaan ini ingin memiliki customer di negara asalnya namun juga negara lain, sehingga mereka membuka cabang di banyak negara. Artinya English-speaking customer service representatives, marketing coordinator, project manager, dan banyak posisi lainnya saat ini sangatlah dibutuhkan.

Lebih dari sebelum-sebelumnya, sekarang keterampilan berbahasa Inggris lebih banyak dicari. 

2. Meningkatkan kesempatan karir

Coba deh, pikirkan, pekerjaan apa yang nggak akan mendapat manfaat apabila kamu bisa berbahasa inggris dengan lancar?

Marketing? Ini sih, nggak perlu ditanya lagi! Apabila kamu lancar berbahasa Inggris, kamu bisa membuat campaigns yang lebih catchy dan kreatif dan bahkan bisa juga mulai menargetkan customer asing! 

Sales? Kamu bakal bisa berinteraksi dengan leads dari berbagai negara!

Bidang medis dan kesehatan? Hampir semua jurnal medis ilmiah diterbitkan dalam Bahasa Inggris dan kamu harus bisa paling tidak Bahasa Inggris menengah untuk bisa mengikuti kemajuannya! 

Bidang pendidikan? Apabila kamu lancar berbahasa Inggris kamu akan lebih dilirik sekolah-sekolah dan kamu juga bisa berkesempatan mengajar di sekolah privat maupun sekolah internasional. Kamu juga bisa menjadi online tutor mengajar siswa dari mancanegara dengan bayaran yang cukup menggiurkan asalkan kamu bisa menjelaskan mata pelajaran tertentu dalam Bahasa Inggris dengan baik. 

Hospitality and tourism? Ini juga nggak perlu ditanya! Kamu bisa meningkatkan  kelancaran berbicara bahasa Inggris dengan bekerja di area yang banyak dikunjungi turis international. Kemampuan Bahasa Inggrismu pasti akan sangat membantu dan bisa jadi akan membuatmu menerima gaji (dan tips!) yang lebih besar! Kamu juga akan bisa menaiki jenjang karir dan berada di posisi manajer di perusahaan-perusahaan internasional, seperti chain hotel atau resorts. 

international development? Baik di sektor pemerintah, organisasi internasional seperti UNICEF dan UNHCR, maupun lembaga swadaya masyarakat, kemampuan Bahasa Inggris sangatlah dibutuhkan! 

Apabila kamu lancar berbahasa Inggris, kamu juga bisa bekerja sebagai freelancer dan mendapat pelanggan dari berbagai negara. Beberapa website yang bisa membantumu memasarkan jasamu antara lain adalah Upwork dan Fiverr

3. Menambah relasi 

Semua transaksi bisnis bergantung pada komunikasi yang efektif. Apabila kamu bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri, kamu akan lebih siap untuk bertemu dengan orang-orang baru. 

Kemampuan berbahasa Inggris dengan lancar benar-benar bantu kamu mengambil kesempatan karir yang lebih baik. Juga, mendatangkan keuntungan bisnis untuk kamu dan perusahaanmu.

Sebagai pebisnis atau profesional, berbicara dalam Bahasa Inggris ke English speaking klien dan relasi akan membuat mereka merasa terapresiasi dan juga menambah nilai plus untukmu dan perusahaan tempatmu bekerja karena akan dipandang lebih profesional. Hal ini akan membuat transaksi bisnis berjalan lebih mulus. 

Dengan lebih banyak relasi, akan ada lebih banyak kesempatan yang terbuka untukmu dan perusahaanmu! 

4. Menambah skill interpersonal dan intrapersonal 

Memiliki keterampilan yang baik di bidang-bidang di bawah ini akan otomatis membuat value kamu sebagai pekerja melesat naik:

  • Komunikasi: bisa berbicara lebih dari satu bahasa menambah kesadaranmu tentang bagaimana cara menyampaikan sesuatu secara jelas
  • Multitasking: kemampuan menggunakan 2 bahasa bergantian dengan lancar menambah kemampuanmu untuk melakukan beberapa tugas secara bersamaan ketika bekerja 
  • Problem-solving: bisa berpikir dan berbicara dalam lebih dari satu bahasa meningkatkan kemampuanmu untuk memikirkan cara memecahkan suatu masalah dari berbagai sudut pandang 
  • Kreativitas: Jika kamu bisa bedakan struktur bahasa yang beda-beda dan ada bermacam cara untuk menyampaikan konsep yang sama, kemungkinan besar kamu juga akan diperlengkapi dengan baik untuk berpikir kreatif dalam banyak aspek lainnya. 
  • Cultural awareness: mempelajari bahasa baru membuka jendela ke budaya negara lain, memungkinkan kamu untuk mengakomodasi perbedaan budaya 

5. Menjadi pemimpin yang lebih baik 

Apakah kamu ingin menjadi yang terbaik di bidangmu? Apakah kamu ingin boss mu menyadari talentamu dan memberimu promosi yang kamu dambakan?

Salah satu cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah dengan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu! 

Ketika kamu mempelajari bahasa asing, kamu bukanlah hanya mempelajari kosakata, tata bahasa, dan cultural knowledge baru, namun kamu juga menambah skill problem-solving mu dan kemampuanmu untuk berkomunikasi melampaui batas budaya dan bahasa. Kamu menghargai keberagaman dan bisa berkomunikasi dengan efektif untuk mendapatkan jalan keluar terbaik.

Dalam hal menjadi pemimpin, hal-hal di atas nilainya tinggi banget!

Akhir kata 

Kemampuan Bahasa Inggris pasti akan menjadi nilai tambah ketika hiring manager melihat resumemu. Kemampuan Bahasa Inggrismu akan membuatmu mampu untuk berinteraksi dengan klien dan supplier dari negara lain dengan mudah, mengenali masalah yang bisa ditimbulkan karena perbedaan budaya dan dengan demikian mempermudah proses negosiasi kontrak dengan negara tujuan ekspansi bisnis. Jadi, tidak diragukan lagi, kemampuan Bahasa Inggris memiliki banyak sekali manfaat untuk karirmu! 

Ingin berbahasa Inggris dengan lancar?

Kebanyakan orang di Indonesia malu bicara Bahasa Inggris di depan publik. Mereka takut salah dan tidak percaya diri saat harus bicara dalam Bahasa Inggris. 

Ini akibat dari pengajaran Bahasa Inggris yang salah!

Mereka tidak hanya kehilangan waktu dan uang, lebih parah lagi mereka mendapat dasar Bahasa yang salah yang susah diperbaiki. Akhirnya, mereka menjadi bosan dan kehilangan percaya diri. 

Ini adalah kesalahan yang fatal! 

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia 

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri. 

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik. 

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri. 

Salam, 

Anthony McCormick, 

IELC Managing Director