Adults Student on Online Course 9

Halo teman-teman! 

Apabila kalian membaca artikel ini, kalian kemungkinan besar sedang belajar Bahasa Inggris bukan?

Dan, kemungkinan kalian juga memiliki beberapa kesalahpahaman mengenai apa artinya lancar dalam berbahasa Inggris. 

Jangan khawatir! Hal itu wajar dan normal dan bukan salah kalian kok! Banyak dari kita salah mengerti karena menerima ajaran yang salah, baik secara implisit mau eksplisit. 

Namun, apabila kamu menganggap mitos-mitos ini benar, dampak panjangnya adalah hal ini akan memberatkanmu dalam belajar Bahasa Inggris dan membuat belajar Bahasa Inggris jadi terasa susah, membosankan, dan lancar berbahasa Inggris menjadi seperti tidak mungkin.

Jadi, agar belajar Bahasa Inggris menjadi lebih mudah, mari kupas mitos-mitos berikut, dimulai dari… 

1. Apabila kamu lancar, kamu tidak akan pernah membuat kesalahan dalam berbahasa Inggris 

Banyak pelajar Bahasa Inggris yang percaya bahwa mereka belum lancar sampai mereka bisa berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris tanpa kesalahan sama sekali, bahwa mereka akan mencapai titik di mana mereka akan memiliki grammar dan pronunciation yang sempurna. 

Tapi nyatanya, hal ini tidaklah benar! Bahkan, native speakers pun kadang masih ada salah-salahnya juga! 

Dalam hal speaking, kemungkinan besar kamu akan punya sedikit aksen. Tentu kamu bisa berlatih supaya aksennya tidak terlalu kentara, tapi memiliki sedikit aksen bukanlah hal yang buruk atau perlu membuatmu malu! Itu kan bagian dari identitas kita. 

Jadi, membuat sedikit kesalahan grammar dan pronunciation bukan berarti kamu tidak lancar. Yang paling penting itu latihan terus. Jangan sampai hal ini membuat kamu jadi berhenti belajar! Ingat, kesalahan adalah bagaimana kita belajar! 

2. Apabila kamu lancar, kamu akan ngerti semuanya. 

Percaya deh, terkadang kamu bakal kesulitan memahami sesuatu. Hal ini wajar kok! Dan hal ini juga terjadi pada semua orang! 

Kami sering mendengar siswa-siswa kami bilang mereka merasa Bahasa Inggris mereka kurang bagus karena mereka kadang salah dengar lirik lagu atau sebenarnya apa yang didengar sudah benar, tapi mereka tidak paham artinya. 

Kami ulangi kembali, hal ini normal dan bahkan native speaker pun juga mengalaminya!

Perlu diingat juga bahwa banyak lagu yang menggunakan lirik yang puitis. Artinya, tidak ada jawaban benar atau salah tentang bagaimana kamu memaknai lagu tersebut. Jadi, jangan berkecil hati apabila kamu merasa bingung dengan arti dari lagu tersebut, mungkin memang liriknya dibuat untuk itu! Seringkali, lagu dibuat merangsang pikiran dan orang-orang punya pemahaman masing-masing untuk arti lagunya. 

Kamu juga kemungkinan akan berada di situasi di mana seberapa lancar pun kamu dalam Bahasa Inggris, kamu akan kesulitan memahami suatu percakapan karena konteks yang sangat spesifik sehingga mereka menggunakan context-specific vocabulary (misalnya, di area akademik spesifik). 

Dan terkadang, orang-orang kadang berbicara terlalu cepat! Sama saja seperti orang-orang yang berbicara terlalu cepat dalam Bahasa Indonesia, sama-sama susah kan, mengerti mereka ngomong apa? 

3. Pilihannya cuma lancar, atau nggak lancar

Lagi-lagi, ini juga salah! 

Pilihannya nggak cuma 2 itu dan kenyataannya, tidak sesimpel itu lho!

Coba deh, tanya dirimu sendiri, bagaimana KAMU mendefinisikan “kelancaran”?

Bagi kami, lancar berarti kamu bisa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris yang bisa dimengerti. Ini nggak berarti tahu semua kosa kata. Jadi, tidak semudah itu ya untuk mengukur apakah seseorang lancar.

Kalian sadar nggak sih bahwa sebenarnya ada area abu-abu yang besar antara saat kamu mulai lancar bicara bahasa Inggris dengan kamu benar-benar fasih berbahasa Inggris.

Setelah kamu menyelesaikan level intermediate, kemungkinan kamu sudah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris walaupun mungkin belum terlalu lancar. Bahkan, kamu mungkin menjumpai beberapa hari di mana kamu merasa levelmu turun. 

Beberapa kata mungkin akan kembali terdengar asing namun asal kamu rajin dan konsisten, kata-kata ini akan kembali terasa natural untuk diucapkan dan kamu akan memiliki semakin banyak ‘aha!’ moment dan membuat kemajuan lebih lanjut.

Kami percaya bahwa transisi dari apa yang terasa asing menjadi sesuatu yang natural dan tanpa perlu banyak berpikir, ini perlu dirayakan lho! Walaupun kamu mungkin masih menemukan gaps dalam kemampuanmu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, kami percaya bahwa pada fase ini, kamu sudah dibilang cukup lancar! 

Kami tekankan kembali bahwa kelancaran sebenarnya merupakan sebuah spektrum, bukan titik konkret. 

Dan terkadang, kita lupa sebuah kata. Rasanya seperti sudah di ujung lidah tapi kita nggak ingat apa nama kata tersebut. Ini terjadi ke semua orang. Jadi jangan pikir ini kemunduran yaa! 

4. Apabila kamu lancar, kamu akan lancar seumur hidup 

Idealnya sih, tapi kenyataannya tidak demikian..

Kamu perlu menggunakan Bahasa Inggris secara konsisten! Kalau tidak, kamu akan perlahan-lahan kehilangan kemampuan Bahasa Inggris mu! 

Sama saja kan, seperti mempelajari hal-hal lain?

Contohnya, apabila kamu mempelajari psikologi klinis, kamu mungkin sudah mempelajari semua teorinya, namun apabila kamu belum pernah mengaplikasikan teori-teori ini atau belum pernah mempraktekkannya, lama kelamaan kamu akan lupa dengan apa yang sudah kamu pelajari. 

Kelancaran butuh proses seumur hidup!

Percaya deh, pasti selalu ada hal baru untuk dipelajari dan kosa kata baru untuk ditambahkan!

Penting juga untuk membiasakan dirimu dengan semua aspek Bahasa Inggris. Contohnya, apabila jangan hanya berfokus pada academic English. Tentunya academic English penting, namun untuk benar-benar punya skill bahasa Inggris dan benar-benar lancar, kamu juga harus paham dengan informal dan conversational English. 

Informal English tidak hanya lebih mudah. Penggunaannya juga terasa lebih enak dan santai. Selain itu, kamu akan lebih mudah lancar bicara bahasa Inggris dalam konteks informal karena ini digunakan sehari-hari. Ditambah lagi, bahasa Inggris sehari-hari seperti ini membuat kamu bisa nyambung dengan budaya yang sedang trend di luar sana! 

5. Kamu harus belajar di luar negeri atau belajar dengan native speaker untuk menjadi lancar

Tentunya belajar di luar negeri merupakan kesempatan yang bagus dan apabila kamu mendapat kesempatan untuk studi ke luar negeri, jangan sampai dilewatkan! Tapi, jangan paksakan apabila kamu memang belum mampu belajar ke luar negeri sekarang. Kamu tidak perlu belajar ke luar negeri kok, untuk bisa lancar Berbahasa Inggris! 

Bukan berarti kamu bisa memilih sembarang kursus, yang, misalnya, paling dekat dengan rumahmu. Kamu masih harus berhati-hati dalam memilih kursus. Kami telah membuat artikel untuk membantumu menemukan tempat kursus yang tepat. Coba baca ya, agar kamu tidak sampai salah pilih! 

Pastikan juga guru Bahasa Inggrismu memenuhi kriteria ini! Hal ini akan membantu memastikan bahwa gurumu akan benar-benar bisa membantumu menjadi lancar dan percaya diri dalam Bahasa Inggris. 

Kembali ke pembahasan kita, kamu TIDAK perlu belajar ke luar negeri atau belajar dengan native speaker untuk menjadi lancar berbahasa Inggris. 

Percaya deh! Saya pernah studi di Australia selama beberapa bulan dan saya bertemu dengan banyak international students yang kemampuan Bahasa Inggrisnya masih sangat dasar. Akibatnya, mereka tidak bisa turut berdiskusi di kelas karena mereka tidak bisa mengartikulasikan pikirannya dalam Bahasa Inggris. 

Sebaliknya, saya juga pernah bertemu banyak orang Indonesia yang belum pernah ke luar negeri sama sekali tapi bicara bahasa Inggrisnya lancar banget! 

Jadi, jangan berkecil hati apabila kamu belum bisa sekolah ke luar negeri! Ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk memakai bahasa Inggris di keseharianmu, di mana saja kamu tinggal! 

Akhir kata 

Jadi, gimana nih gengs?

Apakah kamu percaya dengan salah satu dari mitos di atas?

Tidak perlu malu kalau iya! Sekali lagi, banyak yang percaya sama mitos itu karena memang begitulah yang diajarkan sejak dulu.

Menyingkirkan asumsi-asumsi ini jelaslah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk kamu maju! 

Dan tentu saja kami bisa membantumu belajar Bahasa Inggris agar kamu bisa semakin lancar ;) 

Ingin berbahasa Inggris dengan lancar?

Kebanyakan orang di Indonesia malu bicara Bahasa Inggris di depan publik. Mereka takut salah dan tidak percaya diri saat harus bicara dalam Bahasa Inggris. 

Ini akibat dari pengajaran Bahasa Inggris yang salah!

Mereka tidak hanya kehilangan waktu dan uang, lebih parah lagi mereka mendapat dasar Bahasa yang salah yang susah diperbaiki. Akhirnya, mereka menjadi bosan dan kehilangan percaya diri. 

Ini adalah kesalahan yang fatal! 

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia 

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri. 

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik. 

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri. 

Salam, 

Anthony McCormick, 

IELC Managing Director