English Teacher and Kids on Online Course 5

Tips dan trik untuk mendapat skor tinggi di IELTS Listening

Apakah kamu harus mengambil test IELTS?

Masih bingung dengan Module Listening?

Jangan khawatir, di artikel ini, kami akan membahas strategi yang bisa kamu pakai untuk mendapat skor tinggi di module listening! Kamu juga bisa ikuti kursus IELTS kami untuk mendapatkan bimbingan langsung.

So, without further ado, let’s start

IELTS listening itu seperti apa sih?

Module IELTS listening terdiri dari 40 pertanyaan dan recording-nya terdiri dari 4 bagian:

  1. Pembicaraan antara 2 orang dalam interaksi sosial  
  2. Monolog dalam konteks umum
  3. Pembicaraan antara 2-4 orang dalam konteks akademis atau training
  4. Monolog dalam konteks akademik

Recording hanya akan dimainkan satu kali, jadi, tulislah jawaban selagi recording dimainkan. Kamu diperbolehkan untuk menuliskan jawaban di lembar soal dan kamu akan diberi waktu 10 menit untuk memindah jawabanmu dari lembar soal ke lembar jawaban. Kamu juga akan mendapat waktu untuk membaca soal sebelum recording dimulai.

Ada 10 tipe pertanyaan di Module Listening yaitu:

  1. Matching                                                         6. Sentence completion
  2. Multiple choice                                               7. Summary completion
  3. Note completion                                             8. Short answer questions
  4. Form completion                                             9. Map & plan labelling
  5. Table completion                                            10. Diagram and flow chart completion

Bagaimana, apakah kamu sudah ada gambaran tentang IELTS Listening Module? Sekarang, mari kita bahas tips dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk mendapat skor tinggi di module listening ini ☺

5 steps to IELTS Listening

Get your free IELTS e-book

Learn the 10 things you need to know to achieve your IELTS target!
First Name(Required)
This field is for validation purposes and should be left unchanged.

1. Baca instruksinya dengan hati-hati

Ini merupakan hal yang paling penting. Jawabanmu tidak akan dianggap benar apabila tidak sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Ketika kamu diminta untuk membaca pertanyaan untuk soal nomor 1-4, perhatikan dengan hati-hati instruksinya. Mungkin kamu diminta untuk menjawab dengan tidak lebih dari 3 kata, maka, jangan tulis 4 kata atau lebih ya!

Di bagian lain, kamu mungkin akan dihadapkan dengan soal pilihan ganda dengan 5 opsi, A,B,C,D,E, dan mungkin kamu akan diminta untuk memilih 2 opsi, jadi, jangan sampai hanya pilih satu!

Kesimpulannya, HARUS baca instruksi dengan hati-hati ya!

2. Baca pertanyaan dengan hati-hati

Ya, baca instruksinya dengan teliti. Percayalah ada banyak yang mengabaikan ini dan membuat kesalahan fatal. Jawabanmu hanya akan dianggap benar apabila jawabanmu sesuai dengan instruksi yang diberikan jadi pastikan kamu benar-benar membaca instruksinya ya!

Ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan:

  • Akan ada limit jumlah kata yang boleh ditulis dalam setiap set pertanyaan. Pastikan saat kamu melanjutkan ke set pertanyaan yang lain, kamu membaca limit katanya ya, karena mungkin limit katanya berbeda dengan set pertanyaan sebelumnya.
  • Ketahui bagaimana kata-kata dihitung:
  • Tanggal atau tahun (contoh: “1989”) dihitung sebagai satu nomor.
  • Bilangan besar (contoh: “1,500,725”) dihitung sebagai satu kata.
  • Kata hyphenated (contoh: “part-time”) dihitung sebagai satu kata.
  • Compound noun (contoh “bus driver”) dihitung sebagai dua kata.

3. Jangan kehilangan fokus

Seperti yang telah kami bilang, recording-nya hanya akan diputar sekali jadi pastikan kamu mendengarkan dengan hati-hati ya!

Salah satu cara untuk melatih konsentrasi adalah dengan cara berlatih active listening. Coba bayangkan ketika kamu mendengarkan musik. Terkadang kamu mungkin melamun dan tidak menangkap liriknya. Hal itu dinamakan passive listening. Active listening berarti kamu harus bisa mendengarkan sambil melakukan hal lain, seperti saat ujian IELTS dimana kamu harus bisa mendengarkan, membaca, menulis, dan memprediksi secara bersamaan. Tujuan active listening adalah menangkap informasi.

Salah satu cara untuk berlatih active listening adalah dengan mendengarkan pidato atau ceramah dan mencatat poin-poin yang disampaikan secara bersamaan. Kamu bisa memutar pidato dari TED talk di YouTube untuk latihan. Kalau merasa pembicaranya terlalu cepat, kamu bisa memperlambat audio speed-nya 0.5 kali lalu pelan-pelan kembali ke kecepatan normal seraya kamu berlatih. Tujuan dari latihan ini adalah untuk melatih fokus dan skill multitasking. Good luck!

4. Jawab SEMUA pertanyaan

Di module listening IELTS, nilaimu tidak akan dikurangi untuk jawaban salah, jadi, kalau kamu tidak tahu jawaban dari suatu pertanyaan, tebak saja! Siapa tahu benar! Pokoknya, jangan sampai ada jawaban yang kosong. Tidak ada ruginya apabila jawabanmu salah dan kalau benar, skormu bisa bertambah!

5. Jangan mogok di satu pertanyaan

Kamu mungkin akan menemui pertanyaan yang sulit atau mungkin ada bagian dari audio yang kedengaran kurang jelas atau terlalu cepat. Mungkin ada soal yang mengharuskan mu mengisi nomor telepon dan audionya terlalu cepat, atau soal tentang peta yang membingungkan.

Jangan takut, normal kok, kalau ada soal yang kelewatan. Hampir semua test taker, bahkan yang paling pintar Bahasa Inggris sekalipun, akan kelewatan paling tidak 1-2 soal. Namun, kalau kamu mogok di soal ini, kamu kemungkinan besar akan tertinggal untuk soal selanjutnya juga karena audionya akan terus berjalan.

Jadi, lewati dulu soal yang sulit atau tertinggal dan kembalilah nanti setelah audio selesai.

6. Pelajari cara memprediksi

Kamu akan diberi waktu untuk membaca soal sebelum recording dimulai. Bacalah soal yang diberikan dan prediksilah kira-kira jawaban seperti apa yang diminta. Catat pertanyaan mana yang membutuhkan jawaban berupa:

  1. Angka?
  2. Nama orang?
  3. Nama tempat?
  4. Tanggal?
  5. Sinonim?

7. Pelajari cara mencari kata kunci

Kata kunci akan membantumu memprediksi dan menemukan jawaban. Terkadang kamu mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk membaca seluruh soal, jadi kata kunci ini berguna untuk memberimu petunjuk untuk jawabannya. Kata kunci bisa berupa:

  1. Nama
  2. Angka
  3. Adjektif
  4. Articles and quantifiers
  5. Kata unik

8. Pelajari sinonim

Meningkatkan pengetahuan sinonim dan parafrasamu akan membantumu di semua module IELTS, termasuk listening. Speaker-nya mungkin akan menggunakan sinonim atau parafrasa untuk memastikan kamu benar-benar mengerti konteks, bukan hanya menangkap kata-kata.

9. Waspadai distraksi

Waspada dengan distraksi: untuk pertanyaan pilihan ganda (?) kemungkinan besar kamu akan mendengar semua kata yang terdapat di pilihan jawaban. Jadi, kamu harus mendengarkan dengan sangat hati-hati untuk memastikan kamu mendapatkan jawaban yang tepat. Di bagian lain, speaker mungkin mengoreksi dirinya sendiri, contohnya:

Man: “Ok, I just have to fill this form for you. So, what date do you want to book this for?”

Woman: “The 16th of October-Oh no, sorry, that’s my departure date. I arrive on the 17th, so book it for then please”

Kamu mungkin telah menuliskan “16th of October” di lembar soalmu namun jawaban yang benar adalah “17th of October”.

10. Latihan, latihan, latihan!

Yup! Tidak ada tips and trik sejitu apapun yang bisa mengalahkan LATIHAN!

Kamu sebaiknya berlatih menggunakan kondisi tes yang asli, yaitu, recordingnya hanya diputar sekali.

Jangan berkecil hati apabila dalam beberapa latihan pertamamu kamu tidak mencapai target skormu. Untuk itulah kamu harus berlatih!

Seusai setiap sesi latihan, identifikasi tipe pertanyaan mana yang kamu sering merasa kesusahan dan apakah ada pola dalam kesalahanmu. Misalnya, apakah kamu sering salah karena timing, grammar, atau spelling?

Kesimpulan

Di artikel kali ini, kami sudah membahas tips dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skor listeningmu. Kami berharap kamu terbantu dengan artikel ini dan semoga sukses di ujian IELTS mu ya ☺ Kamu bisa mendapatkan tips dan triks IELTS lainnya disini.

Tentu saja normal apabila kamu masih merasa bingung tentang IELTS. Namun jangan khawatir, kami siap membantu.

Apakah kamu ingin mencapai target IELTS mu?

Menyiapkan diri untuk mengikuti ujian IELTS bisa menjadi pengalaman yang traumatis. Begitu banyak yang harus dipelajari dalam waktu yang sangat mepet. Jadi, kalau kamu merasa lelah membuang waktu belajar strategi yang membingungkan…

Dan

Kamu tidak mau membuang waktu dan uang ke kursus yang tak berguna dan mengajarkan strategi yang salah…

Jangan takut…

Kursus IELTS terbaik di Indonesia

Di IELC, kami mengajar IELTS dengan cara yang benar.

Dan 

Kami akan mengajarimu tips dan trik untuk mencapai targetmu.

Karena itulah

Kami memiliki track record terbaik di Indonesia dalam membantu ribuan siswa-siswi kami mencapai target IELTS mereka.

Dan

Kami akan membantumu mencapai targetmu!

Guru-guru kami yang berpengalaman akan membantumu di setiap langkah sampai target IELTS mu tercapai. 

Jadi, silahkan kunjungi informasi kursus IELTS kami untuk melihat bagaimana kami bisa membantumu.

Kami sudah membantu ribuan siswa-siswi kami mencapai target mereka dan kami akan dengan senang hati membantumu mencapai targetmu juga!

Salam, 

Anthony McCormick 

IELC Managing Director