
Menguasai TOEFL iBT Speaking bagian 4: Meringkas kuliah akademik
Setelah melalui tiga tugas pertama dalam bagian Speaking TOEFL iBT, saatnya menghadapi tantangan terakhir: Task 4. Pada tugas ini, kalian harus mendengarkan sebuah kuliah akademik dan kemudian merangkum poin-poin utamanya dengan kata-kata kalian sendiri. Tugas 4 menguji kemampuan kalian untuk memproses dan menyampaikan informasi kompleks dengan jelas dan akurat—kemampuan penting untuk meraih kesuksesan akademik.
Dalam blog ini, kami akan menguraikan struktur Tugas 4, memberikan tips praktis untuk merangkum konten akademik dengan efektif, dan membantu kalian merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan berbicara yang terakhir ini. Baik kalian merangkum kuliah biologi atau sejarah, kami akan membimbing kalian melalui strategi terbaik untuk menguasai Tugas 4!
Baca lebih lanjut di artikel kami sebelumnya:
Mendalami TOEFL iBT Speaking dan tips menghadapinya (bagian 1)
Mendalami TOEFL iBT Speaking (2): The Integrated Campus-Related Task
Mendalami TOEFL iBT Speaking (3): The Integrated Academic Task
Task 4: Integrated Speaking Task – Academic Lecture
Task 4 adalah bagian terakhir dari sesi Speaking TOEFL iBT dirancang untuk menguji kemampuan kalian dalam memahami dan merangkum konten akademik. Pada tugas ini, kalian akan mendengarkan kuliah tentang topik akademik, biasanya dalam bidang seperti sains, sejarah, atau studi sosial. Tugas kalian adalah merangkum poin-poin utama dari kuliah tersebut dan menjelaskannya dengan jelas.
Struktur Tugas :
1. Komponen listening:
Kalian akan mendengarkan kuliah akademik yang berdurasi sekitar 90-120 detik. Kuliah ini biasanya memaparkan konsep, teori, atau peristiwa, disertai dengan penjelasan atau contoh. Tidak ada materi bacaan yang disediakan untuk tugas ini.
2. Komponen speaking:
Setelah mendengarkan kuliah, kalian akan diberi waktu 20 detik untuk mempersiapkan respons dan 60 detik untuk berbicara. Tugas kalian adalah merangkum poin-poin utama dari kuliah tersebut, menunjukkan kemampuan kalian untuk memahami dan menjelaskan informasi dengan kata-kata sendiri.
Apa yang dinilai dalam tugas ini?
- Pemahaman: Seberapa baik kalian memahami kuliah dan ide-ide utamanya.
- Penyampaian: Kejelasan, kelancaran, dan kealamian respons lisan kalian.
- Organisasi: Seberapa baik kalian mengatur dan menyusun rangkuman kalian.
- Akurasi: Seberapa akurat kalian menjelaskan poin-poin utama dari kuliah
Example 1
You will listen to part of a lecture in a marketing class. Listen carefully, and take notes as needed.
Direction
Give yourself 20 seconds to respond to the following question. Then, you have 60 seconds to speak.
Question:
Summarize the lecture, explaining the two marketing strategies discussed by the professor and how each strategy helps companies compete in the marketplace.
Sample answer
In the lecture, the professor explains two different marketing strategies that companies use: product differentiation and market segmentation. Product differentiation is when companies highlight unique features of their product to make it stand out from competitors. For example, in the case of smartphones, companies might focus on specific features like having a better camera or longer battery life, which allows them to charge higher prices because consumers see these features as more valuable.
The second strategy is market segmentation, where companies divide the market into different groups based on characteristics like age or lifestyle. Instead of marketing to everyone, they tailor their approach to target specific groups. For instance, a sports shoe company might advertise one type of shoe to professional athletes, emphasizing performance, while promoting a different, more affordable shoe to casual runners, focusing on comfort. Both strategies help companies compete by either standing out through unique features or by appealing to specific groups of consumers.
Example 2
You will listen to part of a lecture in a biology class. Listen carefully, and take notes as needed.
Direction
Give yourself 20 seconds to respond to the following question. Then, you have 60 seconds to speak.
Question
Using points and examples from the talk, describe two adaptations that help Arctic animals survive in their environment.
Sample answer
In the lecture, the professor talks about two different adaptations that help Arctic animals survive. First, the Arctic fox has thick fur that helps it stay warm in freezing temperatures. What’s really interesting is that its fur changes color depending on the season. In winter, the fur is white to blend in with the snow, and in summer, it turns brown or gray to match the rocky environment. This helps the Arctic fox stay hidden from predators and prey all year round.
Next, the polar bear has a thick layer of blubber under its skin that insulates it from the cold. This, combined with its thick fur, helps the polar bear stay warm even in icy waters. Polar bears are also excellent swimmers, which allows them to travel long distances to hunt for seals, especially when the ice melts in the summer. These adaptations make both the Arctic fox and polar bear well-equipped to survive in such extreme conditions.
Tips Sukses dalam TOEFL iBT Speaking Bagian 4
1. Mencatat dengan efisien
Kuliah akan berisi contoh dan penjelasan. Fokuslah pada konsep utama dan detail pendukung daripada mencoba menulis semuanya. Kalian tidak perlu menulis kalimat lengkap—cukup kata kunci dan frasa saja.
Kalian bisa membagi catatan menjadi dua bagian—satu untuk setiap hal yang dibahas dosen. Misalnya, dari contoh di atas, kalian bisa membagi menjadi “pembedaan produk dan segmentasi pasar” untuk contoh pertama, dan “arctic fox and polar bear” untuk contoh kedua. Kemudian, tulis penjelasan masing-masing hal di bawah judul yang sesuai. Misalnya, kalian bisa menulis “thick fur” dan “color-changing fur” di bawah “arctic fox”.
Kami juga sangat menyarankan menggunakan singkatan. Contohnya, “temp” untuk suhu dan “PB” untuk Polar Bear.
2. Gunakan struktur yang jelas
Atur respons kalian dengan struktur yang sederhana dan efektif, seperti:
- Pengantar: Perkenalkan secara singkat topik atau konsep dari kuliah.
- Penjelasan 1: Rangkumlah contoh atau konsep pertama dengan detail pendukung.
- Penjelasan 2: Rangkumlah contoh atau konsep kedua dengan detail pendukung.
- Kesimpulan: Rangkuman singkat tentang bagaimana kedua contoh tersebut berhubungan dengan topik.
3. Gunakan kata penghubung
Kata penghubung membantu jawaban kalian terdengar lebih terstruktur dan lancar. Beberapa kata penghubung yang berguna untuk Tugas 4 termasuk:
- Memperkenalkan contoh: “For example,” “One example is,” “The first adaptation is,” “Another adaptation is”
- Menghubungkan ide: “Additionally,” “Also,” “Moreover,” “Similarly”
- Merangkum: “In conclusion,” “Overall,” “To sum up”
4. Parafrase, bukan mengulang
Daripada mengulang persis apa yang dikatakan dosen, cobalah untuk parafrase informasi tersebut. Ini menunjukkan bahwa kalian memahami materi dan dapat menjelaskannya dengan kata-kata sendiri.
5. Atur waktu dengan efektif
Gunakan waktu persiapan 20 detik dengan bijak. Selama waktu ini, tinjau catatan kalian dengan cepat dan putuskan poin-poin penting yang akan kalian sertakan dalam jawaban. Jangan terlalu memikirkan detail—fokus saja pada pengaturan pikiran kalian.
Latih juga berbicara dalam kerangka waktu 60 detik. Rekam diri kalian saat merangkum kuliah dan periksa apakah respons kalian sesuai dengan batas waktu. Pastikan jawaban kalian tidak terburu-buru atau terasa tidak lengkap.
6. Tetap tenang dan fokus pada ide utama
Jangan khawatir jika kalian melewatkan detail kecil. Penilai akan melihat kemampuan kalian untuk merangkum poin-poin utama dan menghubungkan ide-ide secara logis. Fokuslah pada penyampaian rangkuman yang percaya diri dan koheren, daripada mencoba mengingat setiap detail.
7. Berlatih listening kuliah akademik
Karena Task 4 sangat bergantung pada keterampilan mendengarkan, latihlah mendengarkan kuliah akademik atau TED Talks tentang topik seperti Biologi, Sejarah, atau Psikologi. Setelah mendengarkan, cobalah merangkum ide-ide utamanya untuk meningkatkan keterampilan kalian dalam mengidentifikasi poin penting.
Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia
Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.
Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri.
Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik.
IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:
- Kelas online anak
- Kelas online remaja
- Kelas online dewasa
- Kelas on campus anak
- Kelas on campus remaja
- Kelas on campus dewasa
- Kelas online dan on campus IELTS
- Kelas online dan on campus TOEFL PBT
- Kelas online dan on campus TOEFL iBT
Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri.
Salam,

IELC Academic Director