English Students Learning From Laptop

Harus mengambil Tes TOEFL tapi bingung cara mencapai target nilai? 

Bukan Cuma kamu kok!

Hampir semua orang yang harus mengambil tes TOEFL merasakan hal yang sama. 
Berikut adalah tips-tips meningkatkan potensimu sebelum dan SAAT mengambil tes.

1. Tiga kata kunci: latihan, latihan dan LATIHAN lagi! 

Sayangnya, TIDAK ada jalan pintas. Semakin banya berlatih, semakin tinggi nilai yang bisa kamu capai. Tapi kamu harus pintar dalam mengatur waktu, uang, energi dan MATERI yang kamu miliki. 

  • JANGAN terlalu cepat mengambil tes. Kalau bisa ditunda, mengapa tidak? Menambah waktu persiapan tidak ada ruginya sampai kamu bisa 90% siap. Tapi jangan terlena. Kamu harus punya komitmen untuk memanfaatkan waktu yang berharga untuk mempersiapkan diri semaksimal dan seintensif mungkin. 
  • Buat Rencana belajar dan LAKUKAN setiap langkahnya. Maksimalkan latihan tes dan yang bisa kamu dapatkan dan buatlah rencana. Setidaknya, berlatihlah 2 kali seminggu sampai hari H. Gunakan sisa waktu untuk menambah kosa kata dan keahlian tata Bahasa Inggrismu. 
  • Lakukan SIMULASI Tes. Lakukan simulasi beberapa kali. Atur waktu seakan-akan hari ini adalah hari tes. Bangun di pagi hari dan bersiap-siap, lalu kerjakan tes sesuai waktu yang sesungguhnya dengan serius. Bayangkan hari tes dan segala persiapan yang dibutuhkan serta tekanan yang menyertai. Jangan gunakan bantuan apapun (kamus, smartphone). Gunakan timer untuk mengatur waktu mulai dan selesai tes. Kalau kamu merasa gugup, bagus! Lebih baik gugup sekarang dari pada saat tes sesungguhnya. Kamu juga perlu belajar mengatasi rasa gugup tersebut. Begitu kamu bisa mengatasi segala tekanan dan kegugupanmu, berarti kesempatanmu untuk bisa melakukan tes dengan maksimal akan semakin besar.

2. Kenali semua jenis soal

Biasakan diri mengenali berbagai bentuk soal dan instruksi, juga batas waktu pengerjaan setiap bagian tes. Kalau kamu sudah terbiasa dengan segala jenis instruksi dan soal, kamu sudah tidak perlu membacanya lagi. Ini akan menghemat waktu dan tenaga, dan kamu akan dapat mengerjakan tes dengan sangat cepat. Bonus waktu yang kamu dapatkan dapat memberi peluang untuk mengerjakan bagian Reading dan Structure dengan lebih akurat. 

Pastikan untuk mengikuti instruksi untuk setiap bagian dengan benar. Melakukan tes tanpa mengikuti instruksi yang benar dapat sangat merugikan. 

3. Jadikan waktu sebagai temanmu  

Kalau kamu tahu cara menggunakan waktu dengan efektif, waktu akan menjadi teman penolongmu. Maka manajemen waktu sangatlah penting. Sebelum mulai, tentukan berapa banyak waktu yang bisa kamu gunakan untuk menjawab setiap pertanyaan. Jangan melebihi batas waktu yang sudah kamu tetapkan. Dan jangan membuang-buang waktu untuk pertanyaan-pertanyaan yang terlalu sulit. 
Misalnya, dalam 5 menit kamu bisa memilih untuk menjawab 3 pertanyaan yang mudah atau 1 pertanyaan yang sulit, kamu tentu tahu mana yang harus dipilih karena semua pertanyaan mempunyai bobot yang sama. Gunakan waktumu untuk mendapat poin sebanyak-banyaknya!   

4. Fokus pada Grammar dan Vocabulary

Jangan lupa, tes ini untuk mengukur level kemampuan Bahasa Inggrismu. Dengan kata lain: jumlah kosa kata dan level kemampuan tata bahasamu! Kamu perlu membuktikan bahwa level Bahasa Inggrismu mencukupi untuk lulus tes. Jadi, bagaimana caranya? 

  • Tambah kosa kata setiap hari. Cara menghapal kosa kata adalah tidak hanya menuliskan kata dan artinya dalam satu kumpulan catatan, tapi GUNAKAN kata tersebut dalam kalimat. Intinya, kamu harus mengingat kata tersebut dalam suatu konteks. Kamu harus mengaktifkan kata yang kamu pelajari sehingga menjadi bagian dari kosa kata yang
  • Gunakan kamus online atau offline untuk mengetahui arti kata dan contoh penggunaannya dalam kalimat.

5. Mulailah mencatat!

Berlatihlah mencatat dengan cepat saat sedang melakukan tes Reading dan Listening. Belajarlah mengenali kata kunci dengan cepat. Garis bawahi kata-kata kunci yang mengarahkan pada jawaban yang benar. Ini adalah cara tercepat menemukan jawaban soal-soal Listening dan Reading. 

JANGAN mencatat setiap kata. Buang-buang waktu dan juga tidak efektif. Misalnya, jangan menuliskan seluruh kalimat utuh. Ambil kata-kata tertentu saja seperti kata benda, kata kerja dan keterangan. Nama dan angka juga hal-hal penting yang harus masuk dalam catatan. Gunakan simbol dan singkatan yang mudah dipahami. Seperti :$ (uang,dollar), & (dan), Ex, (contoh), X (salah), dst.  

6. Reading dan Listening

Berlatih keahlian Reading dengan membaca berita, atau jurnal dan artikel online serta berlatih mendengarkan podcast atau kuliah dapat membantu kamu menguasai kedua keahlian ini. Kenali juga tanda-tanda yang menunjukkan  di mana informasi dalam suatu tulisan atau monolog terdapat. Misalnya, kata-kata seperti ,“another point that I’d like to make…” atau “this takes us to… ” atau bahkan pertanyaan seperti“why is this so important?” Biasanya terdapat informasi/data penting di sekitar tanda-tanda tersebut. 

7. Kenalilah batasmu

Semua orang punya batas yang berbeda-beda dalam menghadapi tes. Rasa tertekan bisa berguna karena dapat membuatmu fokus pada tujuan dan sekaligus memberi motivasi. 
Tapi terlalu banyak tekanan juga tidak baik untuk performa kamu. Bagaimana kamu bisa menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris maksimal kamu dengan percaya diri kalau kamu sangat gugup dan merasa terlalu tertekan? Kamu justru beresiko membuat banyak kesalahan dan melewatkan informasi-informasi penting untuk menjawab pertanyaan. 

Jadi, apapun yang terjadi tetaplah TENANG dan PERCAYA DIRI. 

Yakinkan diri kamu sudah cukup banyak berlatih dan sudah terbiasa dengan tes yang kamu hadapi. Pada hari tes, berangkatlah dengan percaya diri. Ingatlah kamu kuat, kamu pintar, kamu siap. Ingatlah waktu yang sudah kamu gunakan untuk berlatih. Inilah saatnyan untuk menunjukkan hasilnya. Menunjukkan bahwa kamu bisa. 

Dengan semua tips ini, bersiaplah untuk membuat rencana belajar. Tulis lalu letakkan di tempat di mana  kamu bisa melihatnya dengan mudah setiap hari. Ingat, keahlian berbahasa tidak dapat dipelajari secara instan, tetapi dengan strategi yang tepat kamu bisa meningkatkannya! 

Oh, ya, satu hal lagi… 

Kalau kamu masih ingin merasa lebih siap lagi dalam menghadapi tes TOEFL, silahkan kunjungi IELC untuk membekali diri baik secara online atau on campus.  Kami bisa mempersiapkan kamu menghadapi tes TOEFL dengan cara yang benar, cara yang membuat kamu menjadi percaya diri dan lancar tanpa membuang-buang waktu dan uangmu. 

Jadi, sampai jumpa di IELC!