Teens on Campus English Private Lessons

Hai Learners!

Senang sekali bisa bertemu di artikel berikut yang akan membahas tentang Discussion Text. 

Yuk, barengan mengenal apa itu discussion text juga struktur dan contohnya.

Apa sih, yang dimaksud dengan Discussion Text?

Bayangkan kalian bersama teman-teman sedang mengobrol tentang suatu topik, dan masing-masing dari kalian memiliki perspektif atau pendapat yang berbeda.

Discussion text kurang lebihnya seperti percakapanmu dengan temanmu, namun dalam bentuk tulisan.

Jadi intinya, Discussion text adalah cara menyajikan berbagai sudut pandang dan argumen, sehingga pembaca dapat memahami berbagai aspek dan membuat keputusan atau pun kesimpulan  berdasarkan informasi mereka sendiri.

Biasanya, sebuah discussion text dimulai dengan pengantar topik, diikuti dengan presentasi dari perspektif yang berbeda. Setiap sudut pandang didukung oleh alasan dan bukti, dan penulis sering kali membungkusnya dengan kesimpulan yang meringkas diskusi juga memberikan pendapat pribadi.

Lalu, apa tujuan dari Discussion Text?

  • Menginformasikan: Teks diskusi bertujuan untuk memberitahu pembaca tentang topik, masalah, atau pertanyaan tertentu dengan menghadirkan perspektif, pendapat, atau argumen yang berbeda.
  • Mendorong pemikiran kritis: Dengan mengeksplorasi berbagai sudut pandang, teks diskusi mendorong pembaca untuk berpikir kritis, menganalisis perspektif yang berbeda, dan mengembangkan pendapat mereka sendiri.
  • Merangsang debat: Dengan menghadirkan ide-ide yang kontras, teks diskusi dapat memicu percakapan dan debat di antara pembaca, menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang masalah yang sedang dibahas.

Apa saja ciri-ciri discussion text?

1. Thinking Verbs

Kata kerja ini menggambarkan proses mental atau tindakan kognitif, seperti thinking, believing, understanding, considering, or assuming . Mereka dapat digunakan dalam teks diskusi untuk menyajikan pemikiran atau pendapat penulis, pakar, atau orang lain yang terlibat dalam debat.

Contoh: 

Many believe that the government should invest more in renewable energy.

Banyak yang percaya bahwa pemerintah harus berinvestasi lebih banyak dalam energi terbarukan.

2. Modal verbs 

Modal verbs (seperti can, could, may, might, will, would, shall, should, must) mengungkapkan kemungkinan, kebutuhan, atau kewajiban. Mereka dapat digunakan dalam teks diskusi untuk menunjukkan tingkat kepastian atau komitmen terhadap sudut pandang tertentu.

Contoh: 

Parents should encourage their children to read more books.

Orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk membaca lebih banyak buku.

3. Adverbs of manner

Adverbs of manner menjelaskan bagaimana suatu tindakan dilakukan, memberikan lebih banyak informasi tentang kata kerja. Mereka dapat membantu dalam teks diskusi untuk memberikan penekanan atau untuk menjelaskan suatu poin. Beberapa kata yang termasuk adverbs of manner adalah clearly, quickly, slowly, carefully, and strongly.

Contoh: 

The economy has grown rapidly in recent years, leading to an increase in job opportunities.

Perekonomian telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, yang menyebabkan peningkatan kesempatan kerja.

4. Connectives 

Connectives adalah kata atau frasa yang menghubungkan ide, kalimat, atau paragraf. Mereka membantu memandu pembaca melalui teks dan menunjukkan hubungan antara argumen yang berbeda. Beberapa kata yang termasuk connectives dan umum  digunakan dalam teks diskusi antara lain ‘however’, ‘on the other hand’, ‘in contrast’, ‘moreover’,  ‘furthermore’ and ‘nevertheless’.

Contoh: 

The new law is expected to improve public safety, however, some critics argue that it infringes on personal freedom.

Undang-undang baru diharapkan dapat meningkatkan keamanan publik, namun beberapa kritikus berpendapat bahwa undang-undang tersebut melanggar kebebasan pribadi.

5. Passive voice 

Passive voice dapat digunakan dalam discussion text untuk memberikan nada yang lebih netral atau untuk fokus pada tindakan daripada subyek yang melakukannya. Misalnya,”It is believed that…” or “It has been suggested that…” adalah konstruksi pasif yang menekankan poin yang dibuat tanpa mengacu pada orang atau kelompok tertentu.

Contoh: 

It is believed that practising mindfulness meditation can help reduce stress and improve overall well being.

Dipercayai bahwa berlatih meditasi mindfulness dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

6. Reported speech 

Reported speech, atau dikenal sebagai pidato tidak langsung adalah cara untuk menyampaikan apa yang dikatakan atau ditulis orang lain tanpa mengutipnya secara langsung. Ini dapat berguna dalam teks diskusi ketika mengacu pada pendapat atau argumen para ahli atau sumber lain.

Contoh:

According to various studies, people who exercise regularly are less likely to develop chronic health issues. 

Menurut berbagai penelitian, orang yang berolahraga secara teratur lebih kecil kemungkinannya untuk mendapat masalah kesehatan kronis.

Bagaimana struktur dari discussion text?

1. Statement of issue

Ini adalah bagian pembuka dari teks diskusi, di mana penulis memperkenalkan topik atau masalah yang akan dibahas. Pernyataan masalah memberikan gambaran singkat dan menetapkan konteks untuk perdebatan. Itu harus jelas, ringkas, dan menarik untuk menarik perhatian pembaca.

Jadi, mungkin terlihat seperti ini contohnya…

Over the past decade, the rise of social media platforms has transformed the way people communicate and interact with each other. Although social media offers numerous benefits, such as increased connectivity and access to information, concerns have emerged about its potential impact on mental health, especially among young people. This discussion will explore the advantages and drawbacks of social media usage, aiming to provide a balanced understanding of its effects on mental well-being.

(Selama dekade terakhir, munculnya platform media sosial telah mengubah cara orang berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Meskipun media sosial menawarkan banyak manfaat, seperti peningkatan konektivitas dan akses informasi, muncul kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kesehatan mental, terutama di kalangan anak muda. Diskusi ini akan mengeksplorasi kelebihan dan kekurangan penggunaan media sosial, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang seimbang tentang pengaruhnya terhadap kesehatan mental.)

2. List of supporting points 

Setelah menyajikan masalah, kalian  harus memberikan daftar poin yang mendukung satu sisi perdebatan. Poin-poin ini harus beralasan dan didukung oleh bukti, seperti fakta, contoh, atau pendapat ahli. Setiap poin pendukung harus disajikan dalam paragraf terpisah, dengan kalimat topik yang jelas dan detail yang relevan.

Berdasarkan contoh di atas, poin pendukungnya adalah…

One of the best things about social media is that it connects people all over the world. This means that people can keep in touch with friends and family even when they live far away. This virtual connection can offer emotional support and foster a sense of belonging, which can be particularly important for those who may feel isolated or disconnected in their daily lives.

Social media also serves as a powerful tool for sharing information and raising awareness about important issues, such as social justice, environmental concerns, and public health. By providing a platform for individuals and organizations to amplify their voices, social media can contribute to positive change and promote global awareness.

(Salah satu hal terbaik tentang media sosial adalah menghubungkan orang-orang di seluruh dunia. Ini berarti bahwa seseorang dapat tetap berhubungan dengan teman dan keluarga bahkan ketika mereka tinggal berjauhan. Koneksi virtual ini dapat menawarkan dukungan emosional dan menumbuhkan rasa memiliki, yang penting sekali bagi mereka yang mungkin merasa terisolasi dalam kehidupan sehari-hari.

Media sosial juga berfungsi sebagai alat yang ampuh untuk berbagi informasi dan meningkatkan kesadaran tentang isu-isu penting, seperti keadilan sosial, kepedulian lingkungan, dan kesehatan masyarakat. Dengan menyediakan platform bagi individu dan organisasi untuk memperkuat suara mereka, media sosial dapat berkontribusi pada perubahan positif dan meningkatkan kesadaran global.)

3. List of contrast points

Mengikuti poin pendukung, kalian harus menyajikan daftar poin kontras yang mewakili sisi berlawanan dari perdebatan. Seperti poin-poin pendukung, poin-poin ini harus beralasan dan didukung oleh bukti. Menyajikan titik kontras membantu.untuk memberikan pandangan yang seimbang tentang masalah dan mendorong pembaca untuk mempertimbangkan perspektif yang berbeda.

Melanjutkan dari contoh di atas, kalian dapat menulis…

Despite these benefits, excessive use of social media has been linked to increased feelings of loneliness, anxiety, and depression, particularly among adolescents and young adults. Studies suggest that constantly comparing oneself to others online may lead to feelings of inadequacy and lower self-esteem, which can negatively impact mental health.

Moreover, the prevalence of cyberbullying and online harassment on social media platforms can create toxic environments and exacerbate mental health issues. Victims of cyberbullying may experience increased stress, anxiety, and depression, and in some cases, these negative experiences can have long-lasting consequences.

(Terlepas dari manfaat ini, penggunaan media sosial yang berlebihan memiliki kaitan dengan peningkatan perasaan kesepian, kecemasan, dan depresi, terutama di kalangan remaja dan dewasa muda. Studi menunjukkan bahwa terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain secara online dapat menyebabkan perasaan tidak mampu dan rendah diri, yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental.

Selain itu, prevalensi cyberbullying dan pelecehan online di platform media sosial dapat menciptakan lingkungan yang toxic dan memperburuk masalah kesehatan mental. Korban cyberbullying mungkin mengalami peningkatan stres, kecemasan, dan depresi, dan dalam beberapa kasus, pengalaman negatif ini dapat berdampak jangka panjang.)

4. Recommendation

Setelah menyajikan poin pendukung dan kontras, kalian dapat memilih untuk menawarkan rekomendasi berdasarkan diskusi. Pada bagian ini, kalian juga mensintesiskan informasi dari diskusi dan menawarkan saran-saran praktis yang mempertimbangkan aspek positif dan negatif dari isu tersebut. Ini membantu pembaca untuk mempertimbangkan kemungkinan tindakan atau perubahan yang dapat mengatasi masalah atau memperbaiki situasi.

Yuk lanjutkan teks sebelumnya sebagai contoh…

Considering the potential benefits and drawbacks of social media use, it is recommended that individuals set boundaries and practice moderation to maintain a healthy balance in their online lives. Moreover, educational institutions and parents can play a crucial role in promoting digital literacy and responsible social media usage among young people.

(Mempertimbangkan potensi keuntungan dan kerugian dari penggunaan media sosial, disarankan agar individu menetapkan batasan dan mempraktikkan moderasi untuk menjaga keseimbangan yang sehat dalam kehidupan online mereka. Selain itu, lembaga pendidikan dan orang tua dapat memainkan peran penting dalam mempromosikan literasi digital dan penggunaan media sosial yang sehat di kalangan anak muda.)

That’s it! Sekarang, kalian telah menguasai semua hal tentang discussion text! Gampang, kan?

Lanjutkan berlatih dan membuat teks diskusi yang menarik dan menggugah pikiran untuk menginspirasi percakapan yang bermakna, ya!

Selamat berdiskusi!

Ingin lancar berbahasa Inggris?

Kebanyakan orang di Indonesia malu bicara Bahasa Inggris di depan publik. Mereka takut salah dan tidak percaya diri saat harus bicara dalam Bahasa Inggris. 

Ini akibat dari pengajaran Bahasa Inggris yang salah!

Mereka tidak hanya kehilangan waktu dan uang, lebih parah lagi mereka mendapat dasar Bahasa yang salah yang susah diperbaiki. Akhirnya, mereka menjadi bosan dan kehilangan percaya diri. 

Ini adalah kesalahan yang fatal! 

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia 

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri. 

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik. 

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri. 

Salam, 

Anthony McCormick, 

IELC Managing Director