IELTS On Campus Course Student and Teacher

Cara terbaik untuk meningkatkan conversational English

Kamu mau “nyebur” ke budaya Inggris atau Amerika?

Mau bisa berbahasa Inggris seperti native speaker?

Jika iya, kamu harus bisa menguasai conversational English!

Apa itu conversational English?

Simpelnya, conversational English adalah bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari, jadi biasanya bersifat informal. Di kehidupan sehari-hari, native speaker banyak menggunakan conversational English.

Kebanyakan English Learners ingin mencapai fluency. Namun untuk mencapainya, kamu harus menguasai Bahasa Inggris formal dan informal. Kemungkinan besar, kamu malah akan lebih sering menggunakan Bahasa Inggris informal. Bahasa Inggris formal hanya digunakan dalam pekerjaan dan akademik. Bahkan di lingkungan kampus pun kamu tidak akan terlalu formal dan kaku waktu bicara dengan professor atau teman kampus.

Jadi, apa cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan conversational English?

Di sini tempatnya! Di artikel kali ini kami akan membahas tips yang kamu butuhkan untuk meningkatkan skill conversational English mu! Kalau kamu ikuti semua tips ini, kamu akan berbicara seperti native dalam waktu singkat!

1. Cari partner untuk sama-sama ngobrol dalam bahasa Inggris, baik secara langsung ataupun via teks

Ini adalah cara tercepat untuk membantumu menguasai conversational English. Idealnya, kamu sebaiknya mencari seseorang yang bisa kamu ajak bicara secara lisan, namun teman chat juga boleh. Melalui chatting, kamu bisa terekspos ke berbagai slang yang banyak digunakan native speakers. Jangan khawatir apabila pada awalnya kamu tidak mengerti slang yang mereka gunakan. Kamu akan cepat bisa mengerti nantinya.

Kamu bisa menemukan partner ngobrol ini di berbagai forum publik atau aplikasi chatting seperti discord. Dan, kamu pasti bisa menemukan seseorang yang memiliki hobi yang sama denganmu!

2. Latih dirimu untuk berpikir dalam Bahasa Inggris

Mungkin awalnya akan terasa sulit, namun semakin sering kamu membuat dirimu berpikir dalam Bahasa Inggris, lama kelamaan akan semakin mudah dan terasa natural kok! Apabila kamu sudah terbiasa berpikir dalam Bahasa Inggris dan tidak perlu lagi menerjemahkan kata dalam Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Kalau sudah begini, bicara bahasa Inggris tidak susah!

3. Gabung dengan group Facebook atau komunitas Twitter yang kamu suka

Kamu suka bermain game?

Atau mungkin kamu suka film atau komik Marvel dan DC?

K-pop?

Kalau iya, coba carilah group Facebook atau komunitas Twitter yang memiliki hobi dan ketertarikan yang sama denganmu! Dijamin kamu pasti bisa menemukan komunitas yang sesuai dengan hobimu! Dan kami juga bisa jamin kalau di komunitas ini mereka tidak berbicara dengan Bahasa Inggris formal hehehe…

Komunitas seperti ini biasanya juga memiliki jadwal nobar (nonton bareng) di mana kamu bisa menonton film bersama secara virtual lalu membicarakan film yang baru saja kamu tonton! Sebuah cara yang bagus dan menyenangkan untuk belajar conversational English bukan?

Kamu bisa mengeksplor hobimu sembari belajar Bahasa Inggris!

4. Tonton English Speaking Youtuber!

Ada banyak Youtuber yang membagikan banyak hal menarik. Tonton aja manapun yang kamu sukai!

Lalu, kamu bisa mencoba menirukan YouTuber yang kamu tonton selagi mereka berbicara dan cari tahu arti dari slang yang kamu dengar. Kamu bisa menggunakan teknik LLRC untuk mendapat lebih banyak manfaat.Jadi tidak hanya belajar kosa kata dan slang baru tapi juga belajar pronunciation.

L → Listen: mulai dengan mendengarkan kalimat.

R → Repeat: pause audio dan tirukan kalimatnya.

R → Record: rekam dirimu saat kamu mengucapkan kalimat tersebut.

C → Compare: bandingkan rekaman suaramu dengan pengucapan YouTuber yang kamu tonton. Jangan lupa catat hal-hal yang perlu kamu perbaiki ya.

Sekali kamu bisa tiru dengan benar, ulangi beberapa kali agar kamu terbiasa menggunakan pronunciation yang benar. Kalau kamu rajin melakukan ini, pasti kamu cepat lancar berbahasa Inggris!

5. Gabung dengan kursus conversation

Bergabung dengan kursus conversation juga merupakan cara yang bagus untuk menguasai conversational English secara cepat. Semakin sering kamu mendengarkan bahasa percakapan, semakin cepat kamu ngerti dan bisa terapkan di situasi yang tepat. Kamu juga bisa berlatih dengan guru dan teman sekelasmu. Kursus yang bagus juga akan memberimu feedback personal dan memberitahumu bagaimana kamu bisa berkembang karena mereka akan kasih tahu lebih banyak aspek yang melatari penggunaan bahasa tersebut.

Pssst… kami bisa membantumu meningkatkan skill conversational English mu lho! Yuk, join IELC ;)

Akhir kata

Di artikel kali ini, kami telah membagikan cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan conversational English mu. Kami merekomendasikan untuk melakukan semua tips di atas secara bersamaan untuk hasil yang lebih cepat. Kami harap kamu merasa terbantu dengan artikel ini!

Next steps

Ingin bisa bicara berbahasa Inggris dengan lancar?

Kebanyakan orang di Indonesia malu bicara Bahasa Inggris di depan publik. Mereka takut salah dan tidak percaya diri saat harus bicara dalam Bahasa Inggris.

Ini akibat dari pengajaran Bahasa Inggris yang salah!

Mereka tidak hanya kehilangan waktu dan uang, lebih parah lagi mereka mendapat dasar Bahasa yang salah yang susah diperbaiki. Akhirnya, mereka menjadi bosan dan kehilangan percaya diri.

Ini adalah kesalahan yang fatal!

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri.

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik.

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri.

Salam,

Anthony McCormick,

IELC Managing Director