English Student with Thumbs Up

8 Tips dan trik untuk mendapat skor tinggi di IELTS Reading

Bagaimana kabarnya nih, para pejuang IELTS?

Hari ini, kami akan membahas tentang IELTS Reading Module! 

Banyak para test-taker yang cukup takut dengan Reading Module – teks yang panjang, vocabulary yang susah dan waktu yang sangat terbatas… Cuma memikirkannya saja bisa membuatmu keringat dingin! 

Tapi, jangan khawatir! Kami akan memberimu tips dan triks yang kamu butuhkan untuk mendapat skor tinggi di IELTS Reading Module! Kamu juga bisa ikuti kursus IELTS kami untuk mendapatkan bimbingan langsung.

Sebelumnya, mari kita bahas dulu yuk, seperti apa sih, IELTS Reading Module itu?

Durasi Reading Module adalah 60 menit. Terdapat 3 teks dan 40 soal. Kamu tidak akan mendapat waktu tambahan untuk memindah jawabanmu ke lembar jawaban. 

Reading Module ini bertujuan untuk mengukur kemampuanmu dalam beberapa kompetensi membaca, seperti membaca untuk ide pokok, membaca untuk detail, skimming, memahami argumen, dan memahami opini penulis. 

Academic IELTS menggunakan teks akademik, seperti misalnya scientific articles. Sedangkan General Training IELTS menggunakan teks yang dapat kamu temui di kehidupan sehari-hari, seperti surat kabar, iklan, dan pengumuman. 

Ada beberapa tipe pertanyaan di IELTS Reading Module yang harus siap kamu hadapi, yaitu: 

  1. Multiple choice question
  2. Identifying information 
  3. Identifying a writer’s view/claim 
  4. Matching information 
  5. Matching headings
  6. Matching features 
  7. Matching sentence endings 
  8. Sentence completion 
  9. Summary, note, table, flow-chart completion 
  10. Diagram label completion
  11. Short-answer questions

Wah, banyak juga ya! Dan kamu hanya memiliki waktu 60 menit untuk membaca teks-teks panjang dan juga menjawab 60 soal! Jadi, wajar kok kalau kamu berpikir rasanya IELTS Reading Module itu sulit sekali. Kami juga akan berpikir hal yang sama apabila kami tidak memiliki persiapan yang mumpuni dan tidak tahu tips dan triks untuk mengerjakannya! 

Maka dari itu, kami ingin membantumu agar kamu lebih siap menghadapi IELTS Reading Module! 

Sekarang, yuk bahas tips dan triks yang bisa membantumu mendapat nilai tinggi di IELTS Reading Module! 

1. Belajarlah untuk mengidentifikasi kata kunci (keywords)

Setiap pertanyaan memiliki kata kunci yang bisa membantumu untuk menemukan jawaban pertanyaan tersebut di teks. 

Alternatifnya, tergantung dari tipe pertanyaan, kata kunci mungkin akan akan tersedia di pilihan jawaban. 

Kata kunci mewakili topik yang akan dicari dalam teks. Belajar untuk scan kata kunci akan membantumu menghemat waktu. 

Kata kunci sebenarnya jarang menjadi jawaban dari pertanyaannya, namun kata kunci akan membantu menunjukkan lokasi jawaban yang kamu cari. Apabila kamu mengerti kata kunci dari soal yang kamu dapat, menemukan jawabannya akan menjadi jauh lebih mudah. 

Nomor, tanggal, dan nama adalah beberapa contoh kata kunci yang paling mudah diidentifikasi. Namun, kata kunci lain juga cukup mudah ditemukan, biasanya berupa nouns (kata benda) dan verbs (kata kerja). 

Namun, sinonim juga cukup sering digunakan, jadi perhatikan ini juga ya. 

2. Belajarlah scan untuk menemukan topic sentence 

Mirip dengan poin pertama, menemukan topic sentence juga akan menjadikan menemukan jawaban jauh lebih mudah!

Tidak semua orang bisa membaca dengan cepat, apalagi dalam bahasa asing! Nggak masalah kok, normal-normal saja, itulah mengapa kita harus belajar cara untuk scan!

Scanning adalah teknik membaca yang membantumu menemukan informasi secara lebih cepat. Kamu tidak perlu lagi membaca kata per kata, hanya perlu menggerakkan mata per baris kalimat. Kamu tidak berhenti untuk membaca detail dan kamu tidak membuang waktu membaca informasi yang tidak relevan. Ini adalah cara yang bagus untuk memahami ide pokok suatu teks dan menemukan lokasi di mana jawaban mungkin ada. 

Apabila kamu ingin benar-benar memahami suatu teks, kamu harus memahami ide pokok setiap paragraf. Nah, ide pokok setiap paragraf ini terletak di topic sentence. Kamu tidak perlu membaca semua detail. Tidak masalah karena biasanya detail ini tidak diperlukan untuk menjawab pertanyaan. Topic sentence ini sudah cukup kok, untuk mengetahui gambaran paragraf tersebut. 

Oke, sekarang bagaimana sih caranya menemukan topic sentence?

Umumnya, topic sentence terletak di awal paragraf. Namun, ada beberapa kasus di mana topic sentence terletak di tengah atau akhir paragraf. Cukup mudah kok, untuk mengidentifikasi topic sentence – biasanya topic sentence agak terdengar seperti suatu pengumuman. Misalnya Electroreception comes in two variants.” Kita bisa safely assume bahwa kalimat-kalimat berikutnya akan membicarakan tentang kedua varian tersebut secara lebih mendetail. 

Scanning juga bisa membantumu menemukan kata kunci dengan jauh lebih tepat! 

3. Baca pertanyaannya dulu, baru teks 

Ketika kamu mulai membaca, kamu sebaiknya sudah memiliki beberapa pertanyaan yang mau kamu jawab. Kalau tidak, kemungkinan kamu akan membaca teks dulu, lalu membaca pertanyaan, dan akhirnya membaca teks lagi. Jadinya, kamu malah akan membaca teksnya berkali-kali dan membuang waktu. Jadi, bacalah dulu pertanyaannya dan tentukan informasi apa yang kamu butuhkan untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

4. Jangan sampai macet

IELTS Reading Module memang dimaksudkan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris di spektrum yang luas. Jadi, nggak heran apabila pertanyaan yang kamu jumpai akan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Beberapa pertanyaan memiliki level yang cukup mudah sehingga siapapun dengan kemampuan Bahasa Inggris menengah akan bisa menjawab dengan mudah, sedangkan beberapa pertanyaan lain memiliki level yang cukup sulit, sehingga hanya orang-orang dengan kemampuan Bahasa Inggris advanced yang kemungkinan bisa menjawab dengan benar. 

Kalau menemukan soal yang susah, jangan kepalang panik. Coba jawab aja, lalu move on ke nomor berikutnya. 

Kamu akan menghabiskan banyak waktu apabila kamu berpikir terlalu lama untuk menjawab soal-soal yang sulit. Kamu jadi tidak punya cukup waktu untuk menjawab soal-soal yang lebih mudah dan jadinya kamu malah kehilangan nilai deh! Jadi, bila kamu tidak tahu jawaban dari suatu pertanyaan, lewati dulu saja pertanyaan tersebut. 

Kamu jadi bisa lebih berkonsentrasi ke soal-soal yang kamu kuasai. Setelah kamu menjawab semua soal-soal lain, baru kembalilah ke soal yang susah tadi. 

5. Apabila kamu tidak tahu jawabannya, tebak saja! 

Apabila kamu tidak tahu atau tidak bisa menemukan lokasi jawaban dalam teks, tebak saja. Tapi bukan asal tebak-tebak berhadiah ya, ada skillnya. Contohnya, coba bayangkan kamu dihadapkan dengan soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Kamu sudah tahu bahwa dua dari pilihan jawaban tersebut adalah salah. Jadi, coba saja tebak dan pilih salah satu dari dua pilihan jawaban yang tersedia. Peluang jawabanmu benar 50-50. Lumayan kan?

Bahkan bila jawabanmu memang ternyata salah, nilaimu nggak akan dikurangi. Jadi, nggak ada ruginya, tebak saja! 

6. Ingat, ini bukan tes vocabulary! 

Kemungkinan besar kamu akan menemui beberapa vocabulary yang kamu tidak tahu artinya. Jangan khawatir, ini normal kok! Bahkan native speaker pun kadang juga tidak mengerti arti beberapa kosakata. Coba pikirkan, kamu sendiri juga ada kan, beberapa kosakata Bahasa Indonesia yang kamu tidak tahu artinya?

IELTS Reading Module bertujuan untuk mengetahui apakah kamu bisa memahami konteks, bukan memahami kata per kata. Jadi ini bukan tes vocabulary ya.

Bahkan apabila kamu tidak mengetahui arti suatu kata (atau dua, atau lima!) kamu bisa menebak makna garis besar dari teks yang disajikan. Ingat, rincian kecil tidak selalu penting asalkan kamu bisa memahami garis besar teksnya. 

Tentunya kami menyarankanmu untuk banyak membaca setiap hari untuk memperluas vocabulary mu. IELTS Reading Module banyak menggunakan sinonim, jadi apabila kamu tahu sinonim dari banyak kata, tentu hal ini akan sangat membantu dalam IELTS Reading Module mu. Tapi tetap jangan stress ya, apabila kamu menemukan vocabulary yang tidak familiar. It’s not the end of the world! 

7. Hati-hati dengan spelling 

Hah? Spelling? Ini kan tes membaca bukan test menulis! 

Jadi gini, salah tulis atau typo walaupun kelihatannya sepele tetap akan berpengaruh ke skor mu. Walaupun jawabanmu sebenarnya benar, apabila kamu salah tulis maka akan dianggap salah. 

Misalnya, di bagian “True, False, or Not Given” apabila kamu menulis “treu” bukan “true” ya, say bye bye ke skormu! Ingat, bahkan hanya satu typo pun bisa mempengaruhi target IELTS mu! 

Jadi, hati-hati dengan typo! Kan sayang sekali apabila kamu kehilangan nilai hanya gara-gara kesalahan minor begini! 

8. Belajarlah untuk membaca dengan cepat 

Sayangnya, tidak ada jalan pintas untuk ini! 

Mau tidak mau, kamu harus banyak membaca! 

Cobalah untuk membuat membaca menjadi suatu kebiasaan. Kamu bahkan tidak perlu selalu membaca teks akademik yang berat atau yang melulu tentang IELTS. Coba deh, baca novel atau buku non-fiksi, apa saja deh, pokoknya kamu suka! 

Sering membaca akan membantumu memperluas vocabulary dan lama-kelamaan kamu juga jadi bisa membaca dengan lebih cepat. Tentu kami menyarankan untuk juga tetap berlatih menggunakan teks yang serupa dengan IELTS Reading. Tapi agar kamu enjoy membaca dan konsisten membaca setiap hari, tidak apa-apa juga kalau kamu membaca hal-hal yang kamu suka juga! 

Akhir kata 

Di artikel kali ini, kami telah membahas 8 tips dan triks yang kamu butuhkan untuk lancar mengerjakan IELTS Reading Module. Memang IELTS Reading Module mungkin terdengar menyeramkan, namun dengan latihan yang cukup, kamu pasti bisa mengerjakannya dengan lancar. Tentu, kami selalu siap membantu :) 

Next steps 

Apakah kamu ingin mencapai target IELTS mu?

Menyiapkan diri untuk mengikuti ujian IELTS bisa menjadi pengalaman yang traumatis. Begitu banyak yang harus dipelajari dalam waktu yang sangat mepet. Jadi, kalau kamu merasa lelah membuang waktu belajar strategi yang membingungkan…

dan…

Kamu tidak mau membuang waktu dan uang ke kursus yang tak berguna dan mengajarkan strategi yang salah…

Jangan takut…

Kursus IELTS terbaik di Indonesia

Di IELC, kami mengajar IELTS dengan cara yang benar

dan…

Kami akan mengajarimu tips dan trik untuk mencapai targetmu. 

Karena itulah

Kami memiliki track record terbaik di Indonesia dalam membantu ribuan siswa-siswi kami mencapai target IELTS mereka.

dan…

Kami akan membantumu mencapai targetmu!

Guru-guru kami yang berpengalaman akan membantumu di setiap langkah sampai target IELTS mu tercapai. 

Jadi, silahkan kunjungi informasi kursus IELTS kami untuk melihat bagaimana kami bisa membantumu 

Kami sudah membantu ribuan siswa-siswi kami mencapai target mereka dan kami akan dengan senang hati membantumu mencapai target juga!

PS: Kalau kamu penasaran dengan kesiapan IELTS mu, hubungi kami untuk informasi mengenai tes simulasi kami. Kamu akan mendapat personal feedback untuk module Writing dan Speaking, termasuk konsultasi dengan konsultan IELTS ahli untuk mengetahui kekurangan-kekuranganmu sehingga kamu tahu apa yang perlu diperbaiki. 

Salam, 

Anthony McCormick 

IELC Managing Director