class kids

8 kursus Bahasa Inggris terbaik untuk anak di Indonesia

Apakah mom and dad sedang mencari kursus Bahasa Inggris yang berkualitas untuk buah hati?

Memilih kursus Bahasa Inggris kini bisa terasa cukup membingungkan karena banyaknya opsi yang tersedia.

Hal ini ditambah keputusan-keputusan lain yang harus diambil sebagai orang tua seperti sekolah mana yang terbaik untuk anak, apakah sebaiknya anak diikutkan dengan kursus atau ekstrakurikuler di luar sekolah, kalau iya, kursus apa, juga bagaimana menyeimbangkan waktu belajar dan bermain anak… tak heran menjadi orang tua di zaman modern ini mengharuskan kita menjadi super parents!

Jadi di artikel kali ini, kami ingin membantu mom and dad mencarikan kursus Bahasa Inggris yang terbaik untuk buah hati. Kami sudah mengkompilasi 8 kursus Bahasa Inggris untuk anak terbaik di Indonesia dan kami berharap artikel ini dapat membantu!

Kapan sebaiknya anak mulai belajar Bahasa Inggris?

Untuk pembelajaran Bahasa, lebih awal mulai justru lebih baik. Belajar Bahasa Inggris adalah proses panjang jadi lebih cepat mulai, lebih cepat fluent. Namun, apabila mom and dad belum mendaftarkan anak di kursus Bahasa Inggris, tidak masalah. Sekaranglah saat yang tepat untuk anak belajar Bahasa Inggris secara tepat di kursus yang berkualitas.

Pentingnya belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah salah satu skill yang paling dibutuhkan untuk sukses di abad 21 ini. Bisa lancar dan percaya diri berbahasa Inggris akan memberi anak kesempatan berkarir yang lebih luas dan bahkan mungkin bisa membantu mereka mendapat beasiswa ke luar negeri di universitas-universitas terbaik di dunia.

Singkatnya, memberikan kemampuan Bahasa Inggris terhadap anak pasti membantu mereka menggali potensinya dan meraih impiannya.

So, let’s get started…

1. IELC (Interactive English Language Centre)

Didirikan pada tahun 2006, IELC kini telah dikenal sebagai salah satu Kursus Bahasa Inggris terbaik untuk anak baik untuk pembelajaran secara on campus maupun online. IELC memiliki guru-guru yang berpengalaman dan interaktif, material pembelajaran berkualitas yang bersumber dari penerbit-penerbit ternama di bidang akademik, seperti Cambridge University Press, Oxford University Press, Pearson, dan Longman dan juga suasana pembelajaran yang dinamis.

Salah satu hal yang paling membedakan IELC dari kursus lain adalah metode pembelajaran IELC yang komunikatif. IELC memiliki visi untuk membuat siswa tidak hanya lancar Bahasa Inggris secara tertulis, tapi juga percaya diri berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Orang tua bisa mendaftarkan buah hati di kelas group maupun private. Di kelas group, anak bisa bertemu teman baru dan meningkatkan rasa percaya diri berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan teman-teman sekelasnya. Di kelas private, anak akan mendapat one-on-one attention dari guru dan bisa memilih materi bahan ajar atau fokus khusus dengan lebih fleksibel.

Dengan lebih dari 300 review bintang 5 di Google, reputasi IELC sebagai kursus Bahasa Inggris yang berkualitas sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadi, baik kelas online maupun on campus, anak pasti mendapat suasana pembelajaran yang seru dan welcoming sehingga mereka bisa nyaman dan percaya diri berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Untuk informasi lebih lanjut, mom and dad bisa buka link berikut

https://ielc.co.id/online-english-courses-kids/

Biaya kursus: $$$$

2. EF (English First)

EF tentu sudah banyak yang tahu. EF menyediakan kelas untuk semua umur, termasuk untuk anak-anak. Tak heran mengapa EF cukup populer, EF menggunakan berbagai macam aktivitas seru untuk kelas anak-anak menggunakan berbagai macam games.

EF menggunakan textbook yang berwarna-warni juga integrasi multimedia resource membuat proses pembelajaran seru dan menyenangkan. EF juga memiliki program unik yang membedakannya dari kursus-kursus lain yaitu homestay program dimana anak mulai usia 10 tahun bisa tinggal bersama keluarga angkat di luar negeri selama 2-24 minggu.

Selama homestay program, siswa tidak memiliki pilihan lain selain selalu menggunakan Bahasa Inggris karena keluarga angkatnya tidak mengerti Bahasa Indonesia, sehingga, kemampuan Bahasa Inggris anak pasti cepat mengalami peningkatan.

Singapore, Sydney, Toronto, London, dan New York adalah destinasi homestay program yang paling populer untuk murid Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, mom and dad bisa buka link berikut

https://www.ef.co.id/

Biaya kursus: $$$$$

3. KELT (Key English Language Training)

Kursus Bahasa Inggris yang berbasis di Surabaya ini merupakan salah satu Kursus Bahasa Inggris tertua dan terbesar, didirikan pada tahun 1985. KELT memiliki beberapa level untuk anak, dimulai dari rainbow program untuk balita dengan fokus untuk pengenalan suara melalui lagu dan cerita pendek, dilanjutkan ke yellow program, dibuat untuk siswa-siswi TK A dengan fokus untuk belajar menulis huruf dan membangun kosa kata, dan green program untuk siswa-siswi TK B dengan fokus untuk belajar membaca dan menulis.

Siswa-siswi SD diajarkan grammar dan 4 aspek pembelajaran Bahasa (speaking, writing, reading, listening) dan juga dikenalkan ke topik-topik yang lebih kompleks seperti sejarah dan astronomi.

Untuk informasi lebih lanjut, mom and dad bisa buka link berikut

https://www.k-elt.com/

Biaya kursus: $$$$

4. IALF

IALF adalah salah satu institusi untuk belajar Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia (untuk penutur asing) pertama di Indonesia. Dengan tiga lokasi di Jakarta, Gading Serpong dan Bali, IALF juga menawarkan pelatihan guru dan IALF juga merupakan official IELTS testing venue.

IALF Bali memiliki Young Learners Centre (YLC) yang didesain untuk mensupport anak TK, SD, dan SMP dan dilengkapi dengan perpustakaan lengkap dengan komputer yang memiliki games tentang belajar Bahasa Inggris. YLC ini merupakan tempat yang menyenangkan bagi siswa untuk hangout sebelum dan sesudah kelas!

Untuk informasi lebih lanjut, mom and dad bisa buka link berikut

https://www.ialf.edu/

Biaya kursus: $$$$$

5. I Can Read

Seperti namanya, I Can Read ini berfokus dalam membantu anak untuk bisa dan suka membaca. I Can Read sendiri merupakan lembaga kursus Bahasa Inggris yang memang hanya menerima siswa anak-anak.

I Can Read memiliki 3 program yaitu I Can Read Discover, I Can Read, dan I Can Read Plus. Program pertama dibuat untuk balita dan dirancang agar balita dapat lancar berbicara dan juga membangun kosa kata melalui menyanyi, bermain game, dan storytelling.

Program I Can Read memiliki durasi 12 bulan dan berfokus untuk membuat anak lebih lancar membaca secara mandiri dan meningkatkan kemampuan pemahaman baca, spelling, dan grammar.

I Can Read Plus dibagi menjadi 2, yaitu pre-primary untuk membantu menyiapkan anak masuk SD, dan English 1-6 untuk membantu anak dengan tugas dan ujian sekolah.

Untuk informasi lebih lanjut, mom and dad bisa buka link berikut

http://www.icanread.asia/indonesia

Biaya kursus: $$$$$

6. Golden English

Kursus Bahasa Inggris yang berbasis di Jakarta ini menawarkan program kursus untuk anak usia sekolah dasar dengan fokus untuk meningkatkan rasa percaya diri anak, meningkatkan kosa kata, dan mengenalkan anak-anak ke simple phrases. Kurikulum Golden English dirancang agar sesuai dengan kurikulum sekolah nasional untuk membantu anak unggul di sekolah.

Golden English menggunakan study resource berbasis multimedia agar siswa tidak merasa bosan dengan pelajaran. Orang tua bisa memilih untuk mendaftarkan anak di kelas reguler dengan satu kelas berjumlah sampai dengan 12 siswa, atau kelas private.

Untuk informasi lebih lanjut, mom and dad bisa buka link berikut

https://golden-course.com/

Biaya kursus: $$$

7. Kumon

Kumon adalah salah satu penyedia kursus yang sudah cukup terkenal, menawarkan kursus matematika dan Bahasa Inggris. Walaupun Kumon paling sering dikenal sebagai tempat kursus yang banyak dituju seusai pulang sekolah, Kumon sendiri sebenarnya menyediakan kelas untuk anak mulai dari usia 4 tahun.

Anak-anak akan diajarkan alfabet, lalu kata-kata dan kalimat hingga akhirnya paragraf. Untuk level yang lebih tinggi, Kumon menawarkan materi baca yang lebih menantang seperti surat kabar dan novel pendek. Kumon percaya bahwa anak-anak sebaiknya belajar dengan level yang “just right”. Artinya, terkadang siswa Kumon mungkin akan belajar materi dengan level yang lebih tinggi dari materi sekolah. Misalnya, mungkin anak yang di sekolahnya masih kelas 4 SD akan belajar materi kelas 5 SD di Kumon.

Kumon memiliki fokus untuk meningkatkan reading comprehension dan kemampuan berpikir kritis bagi para siswa kursus Bahasa Inggrisnya. Kumon memiliki cabang di berbagai kota besar di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, mom and dad bisa buka link berikut

https://id.kumonglobal.com/

Biaya kursus: $$$

8. LBB LIA

LBB LIA memiliki 2 program untuk anak-anak yaitu program Gelato dan GEYL. Program Gelato dirancang untuk anak usia 4-6 tahun dan berfokus untuk membuat anak nyaman dan percaya diri menggunakan Bahasa Inggris. Gelato program memiliki berbagai aktivitas menyenangkan seperti menyanyi, menari, tebak gambar, dan kegiatan lain yang banyak berupa kegiatan fisik.

Program GEYL ditujukan untuk anak-anak usia 7-12 tahun dan terus berfokus pada total physical response (TPR) digabung dengan storytelling, bermain peran, dan menulis. Material GEYL dirancang untuk meningkatkan tingkat literasi anak dan membuat anak gemar membaca.

Untuk informasi lebih lanjut, mom and dad bisa buka link berikut

Biaya kursus: $$$

https://lblia.com/

Akhir kata

Memilih kursus memang tidaklah mudah. Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan. Cobalah kunjungi website kursus yang mom and dad minati dan hubungi customer service untuk meminta keterangan lebih lanjut. Seringkali website yang bagus dan respon customer service yang baik adalah indikasi dari pengalaman pembelajaran yang juga memuaskan. Bandingkanlah juga material yang digunakan, fasilitas kursus dan testimoni siswa.

Kami harap artikel ini bisa membantu mom and dad memilih kursus yang terbaik untuk buah hati. Ingat, lebih baik mulai belajar sekarang agar tidak kesusahan di kemudian hari!