IELC-Student-pose-love

Welcome, Learners!

Pernahkah kalian berpikir tentang bagaimana memulai perjalanan dalam mempelajari bahasa adalah salah satu petualangan yang paling alami namun kompleks yang kita lakukan sebagai manusia?

Bayangkan: kita mulai dengan hanya mendengarkan suara sebelum kita dilahirkan, dan kemudian kita tumbuh untuk berbicara dan berbagi cerita. Perjalanan ini dari celoteh bayi hingga percakapan yang serius penuh dengan langkah-langkah menarik!

Di blog ini, kita akan menjelajahi tahap-tahap menarik dalam belajar berbicara, dari suara bayi pertama hingga menyusun kata-kata dan bahkan mempelajari bahasa baru sebagai orang dewasa. Setiap langkah sangat penting karena menunjukkan seberapa cerdas dan mudah beradaptasi kita sebagai manusia!

Mari kita jelajahi bagaimana kita bergerak dari suara-suara sederhana hingga berbagi pemikiran dan cerita kita, bagaimana anak-anak dapat beralih antar bahasa tanpa kehilangan irama, dan apa yang terjadi ketika orang dewasa memutuskan untuk mempelajari bahasa baru!

Jadi, ikuti bersama saat kita menjelajahi perjalanan pembelajaran dan pemerolehan bahasa bersama-sama! Eksplorasi ini lebih dari sekadar penyelidikan ilmiah; ini adalah perjalanan ke dalam inti dari apa yang membuat kita manusia – kebutuhan bawaan kita untuk terhubung, memahami, dan dipahami.

Proses penguasaan bahasa

1. Paparan bahasa pre-natal

Luar biasanya, proses pembelajaran bahasa dimulai bahkan sebelum seorang anak dilahirkan!

Pada sekitar usia kehamilan 30 minggu, bayi sudah dapat mendeteksi dan merespons gelombang suara melalui cairan amnion. Pengalaman ini seperti mendengarkan suara di bawah air, di mana kata-kata tertentu mungkin tidak terdengar jelas, namun pola irama dan intonasi umum dari ucapan dapat dirasakan.

Paparan awal ini sangat penting karena memperkenalkan bayi pada aspek irama dan intonasi dari bahasa ibu mereka, menetapkan tahap dasar untuk pembelajaran bahasa yang lebih rinci di kemudian hari.

2. Tahap bayi

Sejak awal, begitu mereka tiba di dunia, bayi tampaknya memiliki telinga istimewa untuk suara-suara orang berbicara, lebih dari suara-suara lainnya! Seperti mereka sudah disetel ke dunia bahasa!

Yang benar-benar menyentuh hati adalah bahwa mereka memiliki tempat khusus untuk suara orang yang membawanya. Seperti mereka berkata, “Hei, aku mengenalmu! Kamu sudah berbicara padaku sepanjang waktu ini!”

Mereka bahkan cenderung ke bahasa-bahasa yang digunakan di sekitar mereka sebelum mereka dilahirkan, menunjukkan kepada kita bagaimana suara-suara awal yang mereka dengar saat mereka nyaman di dalam kandungan mulai membentuk pemahaman mereka tentang bahasa sejak hari pertama!

Cara bayi memahami bahasa sangatlah menarik! Salah satu langkah penting dalam memahami bahasa adalah membedakan dan merespons berbagai suara dan kata. Salah satu metode yang digunakan peneliti untuk memahami proses ini disebut dengan hisapan amplitudo tinggi, di mana cara bayi menghisap dot bisa memberi tahu kita apakah mereka tertarik atau mengantuk ketika mereka mendengar suara. Metode yang rapi ini menunjukkan kepada kita bahwa bayi sebenarnya bisa membedakan perbedaan dalam suara seperti “ba ba ba” beralih menjadi “pa pa pa”!

3. Tahap mengoceh

Sebelum bayi dapat mengucapkan kata-kata pertama mereka yang bermakna, mereka perlu mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk mengendalikan mulut dan lidah mereka. Tahap mengoceh adalah periode penting di mana bayi bereksperimen dengan kemampuan motorik ini, belajar untuk menghasilkan berbagai macam suara.

Biasanya, ocehan terdiri dari urutan panjang dan berulang-ulang dari suku kata, seperti “ba-ba-ba” atau “da-da-da.” Tahap ini bukan hanya membuat kebisingan acak yang mewakili keterlibatan aktif bayi dengan kemampuan vokal atau gestur mereka, memungkinkan mereka untuk berlatih fonem (unit suara) dari bahasa mereka!

Menariknya, tahap mengoceh tidak eksklusif untuk bahasa lisan. Bayi yang terpapar pada bahasa isyarat juga mengalami fase yang serupa, dikenal sebagai “ocehan manual,” di mana mereka menghasilkan gerakan tangan berulang-ulang yang menyerupai tanda-tanda yang mereka amati di sekitar mereka.

Hubungan paralel antara bahasa lisan dan bahasa isyarat menegaskan universalitas tahap ocehan dalam penguasaan bahasa, khususnya kemampuan bawaan manusia untuk ekspresi linguistik, baik vokal maupun gestur!

4. Kata pertama!

Anak-anak biasanya mulai mengucapkan kata-kata pertama mereka yang nyata sekitar usia satu tahun, tetapi ini bukanlah sesuatu yang berlaku untuk semua orang! Setiap anak itu unik! Beberapa mungkin mulai mengucapkan kata-kata pertama mereka sedikit lebih cepat, beberapa sedikit lebih lambat, dan itu sepenuhnya tidak masalah! Semuanya tergantung pada tempo mereka sendiri dan lingkungan mereka!

Kata-kata pertama yang cenderung digunakan oleh anak-anak biasanya sederhana dan terdiri dari suku kata yang mudah diproduksi. Kata-kata seperti “mama,” “papa,” “baba,” dan variasi serupa umum di berbagai bahasa. Kata-kata pertama ini biasanya berkaitan dengan orang dan hal-hal yang mereka kenal dan cintai di dunia kecil mereka sendiri, menunjukkan betapa pentingnya berbicara dengan mereka dan dekat dengannya dalam langkah-langkah awal mereka dalam bahasa!

Dukungan dari orang tua dan orang dewasa lainnya benar-benar penting ketika menyangkut kata-kata pertama yang diambil oleh seorang anak! Setiap kali seorang balita berhasil mengucapkan “mama” atau “papa” dan mendapat reaksi yang penuh sukacita, itu meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk mencoba kata-kata lainnya. Ini menciptakan siklus positif, di mana setiap upaya berbicara diterima dengan kebahagiaan dan pujian, membuat kata-kata awal itu melekat dan mendorong pembicara yang baru untuk terus maju!

Munculnya kata-kata pertama menandakan loncatan besar dalam kemampuan kognitif dan linguistik. Ini menunjukkan bahwa anak telah mulai memahami sifat simbolis bahasa, di mana suara-suar tertentu dikaitkan dengan arti tertentu. Momen ini hanya awal, membuka jalan bagi ledakan kata-kata baru dan awal penyusunan kalimat yang lebih rumit saat mereka tumbuh!

5. Kemahiran bahasa pada kanak-kanak

Anak-anak lahir dengan bakat alami untuk menyerap bahasa, sebuah keterampilan yang tertanam dalam diri kita sebagai manusia! Yang menarik adalah, anak-anak tidak belajar dan menginternalisasi aturan bahasa melalui hafalan, melainkan melalui keterlibatan aktif dan intuitif dengan bahasa itu sendiri.

Ada sebuah percobaan yang melibatkan anak-anak yang bahasa ibunya adalah Bahasa Inggris, disebut uji “wug”. Dalam percobaan ini, anak-anak diperlihatkan gambar makhluk fiksi bernama “wug”. Kemudian, mereka diperlihatkan gambar lain dengan dua makhluk ini dan ditanya apa namanya. Sebagian besar anak-anak menjawab bahwa itu disebut “wugs”, menunjukkan bahwa mereka telah menerapkan aturan pembentukan jamak dengan menambahkan “s” untuk membuat kata benda tunggal menjadi jamak, meskipun mereka belum pernah mendengar kata tersebut sebelumnya.

Fakta bahwa anak-anak dapat mengambil aturan-aturan ini dan menggunakannya untuk kata-kata yang belum pernah mereka dengar sebelumnya berarti mereka tidak hanya mengulangi kembali apa yang mereka dengar. Sebaliknya, mereka mampu memahami dan menerapkan aturan tata bahasa, seperti pembentukan jamak, untuk kata-kata yang belum pernah mereka dengar sebelumnya, menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang struktur bahasa.

Temuan dari uji “wug” dan percobaan serupa menyarankan bahwa pemerolehan bahasa anak melibatkan internalisasi aturan linguistik, yang kemudian dapat mereka terapkan pada situasi baru. Ini menentang gagasan bahwa anak-anak belajar bahasa hanya melalui tiruan dan menyoroti proses kognitif yang terlibat dalam pembelajaran bahasa.

Bakat untuk menerapkan aturan umum ini adalah kunci bagi bagaimana anak-anak mengembangkan keterampilan bahasa mereka, membantu mereka dengan cepat memperluas kosakata mereka dan menjadi lebih baik dalam berkomunikasi. Ini benar-benar menyoroti bagaimana anak-anak tidak hanya pasif menyerap kata-kata; mereka secara aktif terlibat dengan bahasa di sekitar mereka, menyusun pemahaman yang canggih tentang bagaimana bahasa disusun!

6. Kemahiran berbahasa dewasa

Berbeda dengan anak-anak, orang dewasa memiliki keuntungan karena sudah mengetahui setidaknya satu bahasa, yang dapat sangat membantu ketika mempelajari yang baru. Latar belakang dalam bahasa ini bisa membuat lebih mudah untuk memahami tata bahasa dan kata-kata baru.

Namun, ini sedikit seperti pedang bermata dua. Meskipun orang dewasa dapat menggunakan keterampilan bahasa yang sudah ada untuk membantu mempelajari yang baru, mereka juga menghadapi tantangan unik yang sering dihindari oleh anak-anak, terutama mereka yang tumbuh di lingkungan bilingual. Anak-anak dapat menyerap lebih dari satu bahasa secara bersamaan dengan cukup lancar, tanpa membingungkannya. Orang dewasa, di sisi lain, mungkin menemukan potongan bahasa pertama mereka menyelinap ke dalam bahasa baru yang mereka pelajari. Hal ini dapat menyebabkan sedikit kebingungan tata bahasa atau aksen dalam bahasa baru tersebut – yang, by the way, benar-benar normal dan hanya bagian dari kurva belajar!

Bagi pembelajar dewasa, motivasi memainkan peran penting. Orang dewasa cenderung unggul dalam mempelajari bahasa baru ketika hal itu resonan dengan gairah pribadi, tujuan, dan identitas mereka. Misalnya, minat yang kuat dalam menikmati film, musik, atau buku dalam bahasa baru, atau keinginan untuk berbincang dengan penutur asli, dapat sangat meningkatkan efektivitas pembelajaran mereka.

Orang dewasa memiliki akses ke berbagai strategi kognitif yang lebih luas, seperti pemikiran analitis dan keterampilan metakognitif, yang dapat mereka terapkan pada pembelajaran bahasa. Mereka dapat mempelajari aturan tata bahasa secara eksplisit dan menggunakan berbagai teknik memorisasi, memanfaatkan kemampuan kognitif mereka yang matang. Namun, ini sering berarti bahwa pembelajaran bahasa untuk orang dewasa lebih membutuhkan usaha dan kurang intuitif daripada untuk anak-anak.

Meskipun tantangannya, menjelajahi bahasa baru sebagai orang dewasa sangatlah memuaskan dan sepenuhnya layak untuk diupayakan. Ini adalah perjalanan yang menawarkan imbalan yang kaya untuk pertumbuhan pribadi dan peluang karier. Tidak hanya dapat memoles resume dan membuka pintu di pasar kerja global, tetapi juga memupuk komunikasi yang lebih baik di tempat kerja yang beragam.

Mempelajari bahasa baru melampaui manfaat praktis; ini adalah gerbang menuju koneksi yang lebih dalam dengan berbagai budaya. Ini memperkaya pengalaman perjalanan, menawarkan wawasan baru dalam sastra dan media dunia, dan membudayakan penghargaan yang lebih dalam terhadap keberagaman budaya.

Di luar keuntungan budaya dan profesional ini, latihan mental dalam mempelajari bahasa baru memberikan manfaat kognitif yang signifikan. Ini dapat mengasah ingatan, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dan bahkan mungkin menahan penurunan kognitif terkait usia seperti demensia.

Dan jangan lupakan kemenangan pribadi. Mengatasi kompleksitas bahasa baru dan mencapai keahlian berbahasa yang fasih dapat menjadi sumber kebanggaan yang mendalam dan benar-benar meningkatkan kepercayaan diri kalian!
Psssttt…. kami dapat membantu! Hubungi kami atau WhatsApp untuk menanyakan bagaimana kami dapat membantu kalian mencapai tujuan belajar bahasa Inggris kalian!

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri. 

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik. 

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri.

Salam,

IELC Academic Director