English Student Kids Reading Book in On Campus Library

5 Tips Belajar Bahasa Inggris di Rumah dengan Anak

5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris dengan Anak di rumah

Seperti yang kita ketahui, Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang wajib dikuasai mengingat akan pentingnya bahasa ini dalam dunia akademis maupun bidang kehidupan lainnya. Membiasakan anak belajar Bahasa Inggris sedari masih kecil akan jauh lebih baik dibandingkan ketika anak sudah dewasa karena pada usia dini, otak anak berkembang lebih dari pada waktu lain dalam hidup dan memiliki dampak jangka panjang pada kemampuan anak untuk belajar maupun berhasil di sekolah dan kehidupan.

Orangtua tentunya perlu berperan aktif dalam mengajarkan anak berbahasa Inggris. Gak perlu bingung gimana caranya, berikut adalah lima tips efektif mengajarkan anak Bahasa Inggris sedari kecil di rumah.

1. Rutin berbahasa Inggris

Salah satu kunci kesuksesan mencapai sesuatu adalah dengan melakukan sesuatu yang ingin dicapai secara rutin dan persisten. Oleh karena itu, cara terbaik agar anak bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri adalah berlatih setiap hari dengan mengatur waktu kapan mengajarkan anak Bahasa Inggris. Anak-anak kebanyakan memiliki sifat mudah bosan sehingga sesi belajar Bahasa Inggris sebaiknya diatur dalam rentang yang pendek misalnya 15 hingga 20 menit. Sesi singkat dan teratur lebih baik daripada sesi belajar yang panjang namun tidak teratur.

Selain itu, jadikan setiap sesi belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak adalah hal yang sangat perlu diperhatikan. Tidak harus selalu berpegang teguh pada rutinitas, ada kalanya orang tua juga bersikap fleksibel dan memberi waktu hari istirahat mengajarkan anak berbahasa Inggris dengan melihat kondisi suasana hati dan fisik anak.

2. Jadikan belajar Bahasa Inggris menjadi kegiatan menyenangkan 

Menjadikan anak-anak senang ketika mempelajari sesuatu bukanlah hal yang mudah. Untuk menyiasati hal tersebut maka melibatkan mereka dalam permainan adalah cara terbaik untuk mengajar mereka Bahasa Inggris agar anak tertarik dan senang melakukannya. Permainan yang bisa dilakukan misalnya dengan bermain scrabble, game yang ada di smartphone, serta game-game lain yang berbahasa Inggris dan sesuai dengan usia anak.

Dr Martha Burns, seorang ahli saraf dan ahli terkemuka tentang bagaimana anak-anak belajar, menyatakan bahwa semakin tertarik anak dalam suatu kegiatan maka semakin banyak dopamin (hormon yang membuat perasaan bahagia) dilepaskan dan semakin baik anak akan mengingatnya.

3. Jangan terpaku pada tata bahasa (grammar)

Kesalahan tata bahasa (grammar) adalah hal lumrah yang banyak dilakukan oleh banyak orang bahkan seorang nativeapalagi anak yang baru belajar. Sebagai orangtua, kamu tidak perlu terus-menerus memperbaiki kesalahan tersebut dan membiarkan kesalahan kecil yang dilakukan anak agar anak berani berbicara, mengekspresikan diri mereka serta tidak kehilangan minat belajar bahasa Inggris. Orangtua tentunya perlu memperbaiki kesalahan tersebut namun jangan terlalu fokus untuk menunjukkan kesalahan dan bersikap sabar.

4. Gunakan situasi sehari-hari sebagai peluang belajar hal baru

Memanfaatkan situasi sehari-hari dengan mendeskripsikannya dalam Bahasa Inggris akan membuat belajar bahasa menjadi lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan anak terbiasa berbicara topik apapun dengan latihan berbicara di setiap situasi dan kondisi sehari-hari.

Orangtua harus selalu mendorong anak berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan memperkenalkan pada benda-benda di sekitar mereka sejak awal misalnya ketika sedang mengajak anak masak bersama maka orangtua dapat menjelaskan kepada anak tentang fungsi dari peralatan dapur di sekitarnya dengan kalimat pendek agar mudah diingat. Hal ini akan mempercepat anak menjadi lancara dan tidak malu-malu lagi untuk berbicara. 

5. Gunakan topik atau minat yang disukai anak

Anak-anak pasti memiliki topik yang diminati atau hal-hal tertentu yang disukai, misalnya senang bernyanyi, mendengarkan lagu, atau membaca buku. Oleh karenanya, orangtua perlu mengeksplor minat anak sehingga mengetahui permainan, lagu, atau kegiatan apa yang akan memotivasi mereka untuk belajar.

Contohnya jika anak memiliki minat pada membaca buku maka membiasakan anak membacakan buku cerita bergambar berwarna cerah adalah cara yang efektif untuk mengajar bahasa Inggris karena akan mengembangkan keterampilan mendengarkan dan membaca. 

Memang gampang-gampang sulit menerapkannya, namun dengan membiasakannya anak berbahasa Inggris sedari kecil pasti kelak sang anak akan jago berbahasa Inggris ketika dewasa. Gak ada salahnya kok buat dicoba. 

Di IELC, kami juga menerapkan tips belajar ini dengan menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak berekspresi dengan guru maupun rekan sebayanya sehingga belajar Bahasa Inggris dapat terasa nyaman dan familiar, tidak menakutkan dan kaku. Anak jadi cepat lancar berbicara dan percaya diri. 
Silahkan kontak kami jika menginginkan lebih banyak informasi mengenai bagaimana membantu anak Anda menuju kesuksesan.