English Teacher Teaching Adults Student On Campus

5 strategi yang kamu perlu untuk meraih nilai tinggi di IELTS Speaking Part 2

Apakah kamu ingin tahu tip dan trik yang kamu butuhkan untuk meraih skor tinggi di Speaking Part 2?

Apakah kamu penasaran strategi apa yang digunakan peserta tes IELTS untuk bisa lancar di Speaking Part 2?

Atau mungkin kamu sedang mencari kursus IELTS? Kamu bisa langsung hubungi kami ya! Kamu akan dibimbing oleh pengajar berpengalaman yang akan membantumu mendapatkan nilai terbaik.

Sekarang, kami akan membahas tentang IELTS Speaking Part 2! Pastikan kamu sudah tahu 5 hal yang perlu kamu tahu tentang IELTS Speaking Part 1 sebelum kamu membaca artikel ini ya!

Bagaimana sih, speaking part 2 itu?

Untuk part 2, kamu akan diminta berbicara selama 1-2 menit. Topiknya ditentukan oleh examiner, jadi kamu tidak bisa memilih ya. Apalagi bilang “skip”, wah bahaya itu!

Kamu akan diberi kartu dengan poin-poin yang akan bantu kamu menentukan detail apa saja yang kamu perlu sampaikan. Sekali lagi, kartu ini hanyalah guide. Kamu tidak perlu mengikuti semuanya. Namun, poin-poin ini cukup membantu untuk mengembangkan idemu.

Kartu topikmu kurang lebih akan terlihat seperti ini

Speaking Test Part 2: Candidate Task Card

  • Describe a school that you went to when you were a child

You should say:

  • Where the school was
  • When you went there
  • What the school and the teachers were like
  • Explain whether you enjoyed your time there

You will have to talk about the topic for 1-2 minutes

You have one minute to think about what you are going to say

You can make some notes to help you if you wish

Perhatikan baik-baik instruksi yang terletak di bawah kartu.

  1. Kamu harus membicarakan topik yang diberikan selama 1-2 menit

Walaupun berdasarkan guidelines kamu diminta untuk berbicara selama 1-2 menit, lebih baik kamu berbicara setidak-tidaknya 1 menit 30 detik, atau bahkan pas 2 menit.

2 menit mungkin terdengar pendek, tapi percayalah, faktanya tidak semudah itu! Terutama karena kamu akan bermonolog, examiner tidak akan mengajukan pertanyaan seperti saat speaking part 1.

Namun, ada juga peserta yang merasa bahwa 2 menit itu terlalu pendek, terutama apabila mereka memiliki banyak hal yang ingin diucapkan.

Jadi, kamu harus bisa mengatur monologmu dengan baik ya!

  1. Kamu memiliki waktu 1 menit untuk memikirkan apa yang akan kamu bicarakan dan kamu bisa membuat catatan apabila diinginkan

Hint: Strategi yang kamu gunakan disini sangatlah krusial untuk kesuksesanmu di IELTS Speaking Part 2. Kami sangat merekomendasikan test taker untuk membuat catatan.

Saat kamu mendapat kartu topikmu, kamu juga akan mendapat pensil dan selembar kertas untuk membuat catatan.

Kamu mendapat 1 menit untuk mencari ide dan menulis poin-poin apa yang ingin kamu ucapkan.

Menit ini mungkin akan terasa seperti menit tercepat dalam hidupmu. Jadi, gunakan 1 menitnya dengan bijaksana ya!

Tuliskan ide sebanyak-banyaknya sampai waktu 1 menitmu berakhir karena walaupun 2 menit terdengar sebentar, 2 menit bisa terasa cukup lama lho! Jadi, lebih baik kamu punya banyak poin yang siap dipakai untuk monolog.

Kamu diperbolehkan menyimpan dan melihat kartu topik maupun kertasmu selama durasi monologmu. Tapi, jangan hanya membaca ya, penting agar kamu bicara secara natural dan tidak terkesan dibuat-buat. Kamu bisa menggunakan what, why, who, where, how untuk membantumu mengembangkan idemu.

Kamu mungkin akan merasa kesulitan untuk mengembangkan idemu karena topik yang diberikan random dan kamu hanya diberi waktu 1 menit untuk menyiapkan monologmu.

Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu memikirkan idemu, kalau tidak ada pengalaman pribadi yang kamu bisa ingat, bohong saja! We know, we know, lying is bad. Tapi nggak apa-apa kok hanya untuk kali ini saja, kami nggak akan bilang siapa-siapa ;)

Bagaimana, apakah kamu sudah ada bayangan tentang bagaimana speaking part 2 akan berlangsung? Sekarang, mari kita bahas tips dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk mendapat skor tinggi di part speaking ini :)

5 tips IELTS Speaking part 2

1. Perhatikan kecepatan dan volume suaramu

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan test taker adalah berbicara dengan suara yang terlalu kecil. Biasanya hal ini disebabkan karena mereka kurang percaya diri dan ini merupakan kesan yang buruk untuk examiner. Jadi, pastikan kamu berbicara dengan jelas dan lantang ya.

Kesalahan lain yang juga sering terjadi adalah test taker sering berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Ingat, kamu sedang berada di speaking test bukan rap battle. Jangan menirukan Rich Brian ya, bicaralah dengan kecepatan normal.

Berbicara terlalu cepat membuat examiner kesusahan untuk mengerti apa yang kamu katakan. Kalau kamu berbicara terlalu cepat kamu juga kemungkinan besar akan kehabisan material monolog sebelum waktu 2 menitmu habis.

Hint: Di Speaking Part 2, kamu akan bicara secara monolog, examiner tidak akan mengajukan pertanyaan jadi pastikan kamu punya cukup poin untuk berbicara seorang diri selama 2 menit.

2. Jangan bilang “um…” – gunakan filler phrases

Kami mengerti, even with all the deep breaths, terkadang kita masih lupa tadi kita mau bicara apa. Jangan khawatir, dunia belum berakhir kok. Kamu bahkan bisa ambil kesempatan dalam kesempitan!

Saat pikiranmu nge-blank, jangan hanya bilang “hmmm…” “errr..” atau “uhh…”. Sebaliknya, gunakan momen ini untuk memamerkan fakta bahwa kamu tahu banyak kata/frase penghubung. Di IELTS Speaking, ini akan menambah nilai Coherence kamu. Kamu bisa menggunakan kalimat seperti, “well… let me think, it was a long time ago but…” atau “what else can I say about that…” atau “well… another thing that comes to mind is…

Kalimat-kalimat ini terdengar natural dan bahkan bisa menambah nilai fluency juga.

3. Siapkan kalimat pembuka

Cara kamu memulai berpengaruh besar ke kelanjutannya. Nah, untuk memastikan kamu memulai monolog dengan lancar, ada baiknya untuk berlatih menggunakan beberapa kalimat pembuka. Kalimat pembuka tidak harus panjang, yang penting itu membantumu mengalir ke kalimat-kalimat berikutnya.

Contohnya, mungkin kamu mendapat topik ‘favorite teacher’. Kalimat pembuka bisa berupa “I am lucky to have had several great teachers in the past, but my favorite is Mrs. Katherine…

Ada beberapa kalimat pembuka umum yang bisa kamu sesuaikan dengan topikmu:

  • I’d like to talk about…
  • Let me tell you about…
  • I am going to tell you about…
  • My favorite thing about… is…
  • … left a big impression on me
  • This is a very interesting topic and I’d like to start by mentioning…

4. Senyum dan enjoy

Jangan lupa pamerkan senyum indahmu!

Mungkin kamu bertanya, buat apa?

Saat kamu tersenyum, kamu akan memberikan vibe yang positif dan percaya diri yang tentunya memberikan kesan yang bagus untuk examiner mu.

Hint: tahu tidak bahwa tersenyum itu akan merangsang otakmu untuk memproduksi endorfin? Endorfin is a happy chemical yang akan membuatmu rileks. Dan lebih gila lagi, endorfin masih tetap akan diproduksi bahkan ketika senyumanmu itu palsu!

Apa yang terjadi ketika kamu rileks? Benar, kamu akan berbicara lebih lancar, terdengar lebih natural, dan pronounciation mu pun juga akan menjadi lebih jelas.

5. Practice makes perfect

Yup! Tidak ada yang bisa menggantikan yang namanya LATIHAN. Tidak peduli sebanyak apa tips dan trik, kamu tetap perlu banget LATIHAN!

Google beberapa topik IELTS speaking part 2 dan set timer untuk 3 menit.

Gunakan menit pertama untuk mengembangkan ide dan gunakan 2 menit sisanya untuk monolog. Rekam suaramu dan mendengarkan kembali rekamanmu. Perhatikan dibagian mana kamu sering pause dan pikirkan bagaimana untuk mengurangi pause tersebut.

Jangan putus asa apabila pada awalnya monologmu banyak pause atau nge-blank dan berkata “uhhh..” atau “hmmm…”. Untuk itulah kamu harus berlatih! Pas kamu nge-blank, pakai filler phrases yang sudah kita bahas di atas ya!

Ada baiknya kamu mencari teman untuk berlatih (atau lebih baik lagi, seorang guru) untuk membantumu mempersiapkan diri untuk menghadapi IELTS Speaking.

Hint: Di IELC, kami bisa membantu! ;) kami memiliki IELTS Speaking Group, di mana kamu bisa berlatih Speaking dengan IELTS test takers lain.

Akhir dari IELTS Speaking Part 2

Examiner akan memberimu tanda kalau waktumu sudah habis. Setelah itu, beliau kemungkinan akan memberi 1-2 pertanyaan yang membutuhkan jawaban pendek, lalu kamu akan memulai speaking part 3.

Examiner akan menulis angka-angka di selembar kertas saat speaking test berlangsung. Angka-angka ini berfungsi untuk menunjukkan waktu dimana bagian-bagian speaking test dimulai. Angka-angka ini bukanlah skormu, jadi, jangan khawatir ya! :)

Kesimpulan

Di artikel ini, kami telah menjelaskan tentang bagaimana IELTS speaking part 2 berlangsung serta tips dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skormu di Speaking Test ini. Kami berharap kamu terbantu dengan artikel ini dan kami berharap kamu sukses ya! :)  Kamu bisa mendapat tips-tips IELTS lain disini.

Tentu saja normal apabila kamu masih merasa bingung tentang IELTS. Tapi, jangan khawatir, kami bisa membantu.

Next steps

Apakah kamu ingin mencapai target IELTS mu?

Menyiapkan diri untuk mengikuti ujian IELTS bisa menjadi pengalaman yang traumatis. Begitu banyak yang harus dipelajari dalam waktu yang sangat mepet. Jadi, kalau kamu merasa lelah membuang waktu belajar strategi yang membingungkan…

dan…

Kamu tidak mau membuang waktu dan uang ke kursus yang tak berguna dan mengajarkan strategi yang salah…

Jangan takut…

Kursus IELTS terbaik di Indonesia

Di IELC, kami mengajar IELTS dengan cara yang benar

dan…

Kami akan mengajarimu tips dan trik untuk mencapai targetmu.

Karena itulah

Kami memiliki track record terbaik di Indonesia dalam membantu ribuan siswa-siswi kami mencapai target IELTS mereka.

dan…

Kami akan membantumu mencapai targetmu!

Guru-guru kami yang berpengalaman akan membantumu di setiap langkah sampai target IELTS mu tercapai.

Jadi, silahkan kunjungi informasi kursus IELTS kami untuk melihat bagaimana kami bisa membantumu

Kami sudah membantu ribuan siswa-siswi kami mencapai target mereka dan kami akan dengan senang hati membantumu mencapai target juga!

PS: Kalau kamu penasaran dengan kesiapan IELTS mu, hubungi kami untuk informasi mengenai tes simulasi kami. Kamu akan mendapat personal feedback untuk module Writing dan Speaking, termasuk konsultasi dengan konsultan IELTS ahli untuk mengetahui kekurangan-kekuranganmu sehingga kamu tahu apa yang perlu diperbaiki.

Salam,

Anthony McCormick

IELC Managing Director

Kalau kamu merasa terbantu dengan artikel di atas, kamu mungkin akan tertarik dengan artikel berikut

5 hal yang perlu kamu tahu tentang IELTS Speaking Part 1

5 hal yang perlu kamu tahu tentang IELTS Speaking Part 3

Tips dan tricks untuk IELTS Writing Task 1

10 strategi yang kamu butuh untuk mendapat nilai tertinggi di IELTS Writing Task 2