Teens on Campus English Lessons

5 Cara Menggunakan Bahasa Inggris di Kehidupan Sehari-hari

Halo teman-teman pelajar Bahasa inggris! 

Semoga perjalanan Belajar Bahasa Inggris kalian berlangsung lancar selama ini! :) 

Kalian mau lebih maju selangkah lagi? 

Coba deh, gunakan Bahasa Inggris ke dalam kehidupan sehari-hari kalian! Ini adalah jalan ninja apabila kamu ingin cepat lancar berbahasa Inggris! 

Apabila kamu hanya menggunakan Bahasa Inggris di dalam kelas, kamu bakal perlu waktu bertahun-tahun untuk bisa bicara Bahasa Inggris dengan natural dan percaya diri! 

Jadi hari ini kami akan bahas bagaimana cara untuk pakai Bahasa Inggris ke dalam kehidupan sehari-harimu sehingga kamu bisa cepat lancar cas-cis-cus Bahasa Inggris! 

Nggak hanya itu, kamu juga akan bisa lebih ngerti budaya barat dengan cara ini lho! 

Jadi tunggu apa lagi nih? Kencangkan sabuk pengamanmu dan mari kita mulai petualangan Belajar Bahasa Inggris kita!  ✈️

How-to-incorporate-English-into-your-daily-life

1. Bacalah buku berbahasa Inggris! 

Percaya deh, pasti ada buku yang cocok untuk siapa saja! 

Ada banyak sekali genre bacaan yang tersedia jadi kamu pasti bisa menemukan sebuah buku yang kamu suka yang sesuai dengan kemampuanmu! 

Apabila kamu masih merasa terintimidasi untuk baca Buku berbahasa Inggris, coba deh, baca buku yang kamu sudah pernah baca terjemahan Indonesianya. Misalnya, apabila kamu sudah pernah membaca buku Harry Potter dalam Bahasa Indonesia, coba baca kembali dalam Bahasa Inggris. 

Dengan cara ini, kamu bisa lebih tahu alur ceritanya dan kamu juga bisa memperluas pengetahuan vocabulary mu! 

Jangan malu juga untuk mulai dari level paling basic apabila kamu merasa perlu. Kamu bisa membaca buku anak-anak untuk membantumu meningkatkan Bahasa Inggrismu. 

Ingat, tidak pernah ada kata terlambat untuk mencoba! 

Salah satu website yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh berbagai macam buku Bahasa Inggris secara gratis adalah Project Gutenberg. Kamu bisa mengaksesnya di sini.

Nah, supaya lebih seru lagi, kamu bisa mengkombinasikan membaca dan mendengarkan audio book dalam waktu bersamaan sehingga kamu juga bisa belajar pengucapan kata atau pronunciation yang tepat dan lebih mendalami cerita di dalamnya! 

Siapa tahu setelah banyak membaca kamu bakal terinspirasi untuk menulis! Mungkin kamu bisa menjadi the next JK Rowling? 👀

2. Dengarkan podcast berbahasa Inggris!

Sekali lagi, kamu pasti bisa menemukan sesuatu yang kamu sukai!

Dulu memang podcast kayak untuk kalangan tertentu saja ya, tapi sekarang setiap topik bisa ada podcastnya lho! 

Dari podcast tentang teknologi, sampai cerita horor, dan bahkan podcast tentang mitologi Yunani dan Romawi kuno, pasti ada sesuatu yang menarik perhatianmu!

Banyak kanal berita yang juga memiliki podcast, seperti The BBC dan The Economist. Podcast ini mungkin akan membantu para pelajar Bahasa Inggris yang masih berada di level dasar karena berita biasanya menggunakan kalimat yang simpel dan to the point. 

Banyak juga podcast yang memang didedikasikan untuk membantumu belajar Bahasa Inggris, seperti VOA Learning English di mana presenter membacakan berita dengan lebih lambat dan kalimat yang lebih pendek. Kamu juga bisa mencoba mendengarkan Learn English through Listening, di sini kamu akan dengarkan bagaimana bahasa Inggris diucapkan dalam situasi sehari-hari. 

Kamu bisa mendengarkan podcast selagi kamu melakukan aktivitas keseharianmu, misalnya saat dalam perjalanan atau bahkan saat sedang masak atau bersih-bersih. 

Lakukan ini setiap hari dan pasti kemampuan listening Bahasa Inggrismu akan meningkat dengan pesat!

3. Tontonlah serial TV berbahasa Inggris!

Karena sekarang ada Netflix, menonton serial TV barat kini semakin mudah! 

Saat artikel ini ditulis, Netflix menayangkan serial televisi yang dikenal sebagai serial ‘klasik’ barat, seperti Friends dan Modern Family yang bisa kamu tonton untuk benar-benar ngerti budaya barat yang populer dan istilah-istilah serta meme yang mereka buat di Internet. 

Namun, Netflix kini juga telah memproduksi berbagai serial televisi yang juga tidak kalah seru. Kalau kamu pecinta komedi, kamu bisa tonton The Unbreakable Kimmy Schmidt, serial TV tentang seorang perempuan yang hidup di bunker selama masa remajanya dan sekarang harus menavigasi kehidupan di dunia modern. Saat dia mulai terkurung di bunker, iPhone pun masih lama keluarnya! 

Apabila kamu menyukai misteri namun juga berkisar tentang persahabatan, kamu mungkin bakal suka Stranger Things, sebuah serial di mana sebuah grup pertemanan mencoba menguak misteri dibalik kejadian-kejadian misterius yang terjadi di kota mereka. 

Atau, kalau kamu penggemar drama, kamu bisa nonton The Crown, sebuah serial yang didasarkan pada kehidupan Ratu Elizabeth II. 

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana ya caranya menonton TV bisa membantuku belajar Bahasa Inggris?

Belajar Bahasa Inggris melalui menonton TV cukup fleksibel dan kamu bisa mulai dari level manapun. 

Kamu bisa memulai dengan menonton menggunakan subtitle Indonesia ataupun menggunakan subtitle Bahasa Inggris apabila kamu merasa sudah nyaman dan percaya diri. 

Dan ketika kamu sudah siap…

Cobalah untuk menonton tanpa subtitle sama sekali! 

Dengan cara ini, kamu bisa melatih dirimu untuk membaca dan mendengarkan secara bersamaan. Mungkin awalnya akan terasa sedikit sulit, namun lama kelamaan kamu pasti akan terbiasa dan kecepatan membacamu akan semakin cepat!

4. Gabung dengan komunitas yang berkomunikasi dalam Bahasa Inggris! 

Maksud kami di sini bukan berarti komunitas yang memang bertujuan untuk belajar Bahasa Inggris walaupun itu jugalah ide yang bagus. 

Coba deh, pikirkan, apa sih hobimu?

Seberapa pun uniknya, pasti kamu bisa menemukan komunitas yang memiliki hobi yang sama denganmu di internet. 

Dari game, anime, k-pop, bahkan juga menjahit dan memahat kayu, percaya deh, kamu pasti menemukan teman sefrekuensi! 

Kamu bisa mencoba join Facebook groups, komunitas twitter, dan Discord server untuk menemukan orang-orang yang memiliki hobi yang sama denganmu. 

Walaupun misalnya kamu belum terlalu lancar berbahasa Inggris, paling tidak kamu bisa berkomunikasi tentang hal-hal yang sama-sama kalian sukai dan lama kelamaan kamu bisa menumbuhkan rasa percaya dirimu dalam berbahasa Inggris dan kamu bisa berpartisipasi lebih aktif di komunitas-komunitas ini. 

Apabila kamu join Discord server, mereka biasanya memiliki audio call channel jadi kamu juga bisa berpartisipasi secara lisan, tidak hanya melalui teks! 

5. Mulailah journaling dalam Bahasa Inggris! 

Journaling itu apa?

Simpelnya, journaling itu seperti menulis sebuah diary. 

Bagusnya, kamu bisa journaling sesimpel atau sekreatif yang kamu mau! 

Dan untuk belajar Bahasa Inggris, journaling bisa membantumu lebih teliti soal grammar, terutama dalam menggunakan tenses.  

Apakah kamu menulis menggunakan tenses yang benar? Apakah kamu mendeskripsikan kejadian di masa lalu? Situasi sekarang? Atau harapanmu untuk masa depan?

Untuk kamu yang berjiwa kreatif, kamu bisa membuat journal mu semakin cantik dengan menempelkan foto, stiker, gambar, dan menggunakan bolpoin warna-warni! 

Namun, apabila kamu lebih suka yang simpel-simpel, kamu bahkan bisa menulis journal di HP mu! Banyak aplikasi untuk journaling dan sebagian besar aplikasinya gratis! Banyak dari aplikasi tersebut yang memiliki fitur reminder atau pengingat sehingga kamu akan mendapatkan notifikasi untuk menulis journal setiap hari! 

Kamu bisa menulis tentang harimu, atau, apabila kamu ingin menulis lebih banyak, kamu bisa google “journaling prompts” dan kamu akan ketemu pertanyaan-pertanyaan yang bisa bantu kamu mulai menulis.

Akhir kata 

Dari semua tips di atas, apa kesimpulannya?

Semua tips tersebut bertujuan untuk menemukan sesuatu yang KAMU enjoy! 

Tujuannya adalah agar kamu bisa menggunakan bahasa Inggris dalam keseharianmu dengan mulus! 

Tentunya, kuncinya adalah konsistensi! 

Jadi, pilih satu (atau semua!) tips di atas dan lakukanlah secara konsisten dan kamu pasti bisa melihat peningkatan dalam kemampuan Bahasa Inggrismu dalam waktu yang relatif singkat! 

Namun, jangan salah, tips-tips ini bukanlah pengganti untuk kursus bahasa Inggris yang memadai, tapi semacam suplemen untuk membantumu lebih maju dalam perjalananmu belajar bahasa ini. 

Kursus bahasa Inggris yang memadai penting agar kamu bisa benar-benar paham dengan grammar, meningkatkan vocabulary, dan memiliki guru yang konsisten untuk berlatih conversation Bahasa Inggris. Apalagi kalau kamu sedang belajar Bahasa Inggris dengan tujuan spesifik, misalnya untuk mengambil tes kemampuan Bahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL. 

Jangan khawatir, kami bisa bantu kok ;) 

Ingin lancar berbahasa Inggris?

Kebanyakan orang di Indonesia malu bicara Bahasa Inggris di depan publik. Mereka takut salah dan tidak percaya diri saat harus bicara dalam Bahasa Inggris. 

Ini akibat dari pengajaran Bahasa Inggris yang salah!

Mereka tidak hanya kehilangan waktu dan uang, lebih parah lagi mereka mendapat dasar Bahasa yang salah yang susah diperbaiki. Akhirnya, mereka menjadi bosan dan kehilangan percaya diri. 

Ini adalah kesalahan yang fatal! 

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia 

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri. 

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik. 

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri.

Salam, 

Anthony McCormick 

IELC Managing Director