aktivitas kelas IELC kursus bahasa inggris anak semarang

Halo Mom and Dad!

Apabila Mom and Dad membaca artikel ini, kemungkinan besar Mom and Dad sudah menyadari pentingnya lancar berbahasa Inggris dan Mom and Dad ingin mengambil langkah-langkah untuk membantu anak lancar berbahasa Inggris. 

Kami ingat mengucapkan selamat karena Mom and Dad telah berinisiatif mengambil langkah untuk memberi anak apa yang mereka butuhkan untuk sukses di zaman yang semakin kompetitif ini! 

Tapi, belajar Bahasa Inggris tidak berarti mereka tidak bisa bersenang-senang dalam waktu bersamaan lho! 

Nyatanya, banyak kok acara televisi yang bisa membantu anak belajar Bahasa Inggris! Mereka bisa belajar sambil bersenang-senang dan Mom and Dad bisa beristirahat sejenak. Sounds like a win-win right? 

Serial televisi untuk anak memiliki karakter dengan pengucapan yang sangat jelas, karakter-karakternya juga menggunakan kata-kata simpel sehingga mudah dipahami anak-anak, dan karakternya juga sering mengulangi kata dan bahkan kalimat – ini tentu sangat membantu anak mengingat kata-kata bahasa Inggris. 

Serial televisi anak juga biasanya menggambarkan interaksi sosial, sehingga anak bisa belajar penggunaan vocabulary di dunia nyata! 

Dan yang terpenting… 

Setting berwarna-warni, musik yang ceria, banyak humor, serta karakter yang lucu… 

Nah, itu resep pasti untuk: BERSENANG-SENANG! 

Oke, yuk, kita mulai dari serial televisi pertama… 

1. Sesame Street 

Usia: 3-7 

Dapat diakses di: https://www.sesamestreet.org/

Acara televisi edukasi asal Amerika ini sudah mulai tayang sejak 1969 dan masih aktif sampai sekarang! Mungkin, keawetan serial televisi yang satu ini salah satunya karena manfaatnya yang beragam – Sesame Street menggabungkan live-action, sketch comedy, animasi, dan puppetry. Bahkan, orang dewasa pun masih banyak yang suka menonton Sesame Street! 

Hal yang paling membuat Sesame Street sebagai yang terdepan dalam membantu anak belajar adalah website Sesame Street memiliki banyak konten edukasi – baik dalam bentuk video maupun games! 

Video-video di website Sesame Street cenderung pendek  dan terfokus. Contohnya, ada video yang hanya membahas huruf “C”. Tentunya, ada video-video lain juga yang berfokus pada huruf lain dalam alfabet. Ada juga video tentang angka untuk membantu kemampuan numerik anak, seperti video yang berfokus pada angka 8 ini. 

Video-video pendek seperti ini pas banget untuk pelajar usia 4-6 tahun! 

Ada juga beberapa video nursery song, seperti Twinkle-twinkle little star namun dalam style yang lebih modern sehingga anak nggak bakalan ngantuk! 

Tidak hanya itu, website Sesame Street juga memiliki banyak games yang dirancang untuk anak kecil, seperti rhyme time game, connect the dots game, dan spot the animals game serta masih banyak lagi! 

Jadi, tunggu apa lagi? Coba deh gunakan Sesame Street! Website nya benar-benar memiliki semua yang Mom and Dad butuhkan untuk menghibur sekaligus mengedukasi anak! Website Sesame Street sangat user friendly dan mudah di navigasi. Video dan games nya dibuat pendek-pendek supaya pengajarannya sederhana dan terfokus sehingga anak tidak kewalahan! 

2. Peanuts 

Usia: 4-11

Dapat diakses di https://www.peanuts.com/

Kartun yang satu ini lebih dikenal dengan nama karakternya – Charlie Brown dan Snoopy. Kartun yang satu ini juga sudah lama ada tapi tidak pernah basi untuk mengajarkan anak Bahasa Inggris dengan seru! 

Seperti Sesame Street, website Peanut juga memiliki beberapa resources yang meliputi video, coloring sheets, dan yang paling penting lesson plan! 

Yang bagus dari lesson plan Peanut adalah lesson plan nya sudah terbagi ke berbagai usia dan semuanya bisa di download dan di print! 

Menariknya lesson plan Peanut sudah dipisah-pisah berdasarkan tema dan semua tema mengajarkan pelajaran moral kepada anak-anak sesuai dengan Peanut’s core values take care of yourself, take care of each other, dan take care of the earth. 

Ada beberapa lesson plan yang dibuat dengan kolaborasi NASA di mana Charlie Brown dan teman-temannya belajar tentang luar angkasa dan gravitasi. 

3. Mickey Mouse Funhouse 

Usia: 3-8 

Dapat diakses di: YouTube 

Siapa yang belum pernah dengar Mickey Mouse? Bisa dibilang karakter kartun yang paling terkenal, maskot Disney ini hadir untuk membantu anak-anak belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan! 

Mickey Mouse Funhouse memang sengaja didesain untuk balita. Tujuannya adalah untuk mengajak anak-anak belajar Bahasa Inggris… seperti namanya…. The fun way! Tidak hanya dengan Mickey Mouse, namun juga dengan berbagai karakter Disney lain yang lucu dan menggemaskan! 

Jadi, yuk menyelam ke dunia Disney dan ikuti petualangan Mickey Mouse yang seru! 

4. Phineas and Ferb 

Usia: 7-12 

Dapat diakses di: Disney Channel, atau bisa menonton klip-klip pendek di YouTube

Kartun yang satu ini juga merupakan garapan Disney dan dibuat untuk anak-anak usia kurang lebih 7-12 tahun. Karakter utama kartun ini adalah sepasang saudara – Phineas and Ferb, yang melakukan berbagai aktivitas seru untuk mengisi liburan musim panas mereka. Namun Candace, kakak mereka, sering mengganggu rencana Phineas and Ferb. 

Tidak hanya itu, Phineas and Ferb memiliki hewan peliharaan platypus bernama Perry. Ternyata, Perry punya kehidupan ganda! Perry juga seorang (seekor?) secret agent yang bertugas untuk menggagalkan rencana-rencana jahat Dr Doofenshmirtz, a mad scientist! 

Kartun yang sangat seru ini pastinya akan menghibur anak Anda! Ada lagu original di hampir semua episode sehingga anak-anak pasti akan belajar vocabulary baru! 

Phineas and Ferb mengajarkan bahwa  dengan dedikasi, hanya langit yang bisa jadi batas untuk apa yang bisa kita capai! Benar-benar pelajaran yang bagus untuk anak-anak di manapun ya! 

5. Word party 

Usia: 2-6 

Dapat diakses di: Netflix 

Animasi Netflix yang satu ini dibuat untuk membantu balita belajar vocabulary. Dengan karakter yang imut – Bailey si gajah, Franny si cheetah, Kip si wallaby, dan Lulu si Panda, anak-anak akan dikenalkan dengan berbagai vocabulary baru! Karakter-karakter ini akan berbalik menghadap hadirin, yang mereka panggil sebagai “big kids” supaya hadirin bisa mengulang kata-kata yang dipelajari dan memahami maknanya. 

Dengan episode yang pendek, animasi yang satu ini sangat cocok untuk balita! 

Satu lagi yang keren: animasi yang satu ini punya spinoff show: Word Party Presents: Math! 

Jadi, tergantung apa yang butuh mereka pelajari, Mom and Dad bisa menyetelkan animasi original atau animasi yang matematika! 

Akhir kata 

Serial televisi bisa menjadi tambahan yang bagus untuk membuat anak semangat belajar Bahasa Inggris. Banyak sekali acara televisi edukatif di luar sana yang menarget berbagai macam usia, mulai dari balita ataupun anak usia SD. Jadi, berikan anak waktu untuk menonton acara televisi! Mom and Dad bisa rileks sejenak dan anak-anak belajar sambil bersenang-senang! Win-win solution! 

Kursus Bahasa Inggris #1 di Indonesia

Di IELC, kami mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang benar supaya kamu dapat cepat berbicara dengan percaya diri dan lancar. Inilah keahlian yang kamu butuhkan untuk untuk memaksimalkan potensi dan meraih impian di masa depan.

Di lingkungan belajar modern kami, kamu akan merasa nyaman dan bebas untuk mengekspresikan diri. 

Jangan khawatir, guru kami akan membimbingmu di setiap langkah proses pembelajaran untuk memastikan kamu mendapat hasil pembelajaran yang terbaik. 

IELC adalah Kampus Bahasa Inggris #1 di Indonesia. Kami menyediakan kursus Bahasa Inggris untuk anak, remaja, dan dewasa sebagai berikut:

Baik secara online maupun on campus, kami akan memberimu keahlian yang kamu butuhkan di masa depan. Hubungi kami hari ini dan ambil langkah pertama untuk menjadi lancar dan percaya diri.

Salam,

IELC Academic Director